Bensin mobil boros
Macet bikin bensin mobil boros

Bensin Mobil Boros Karena Macet, Begini Atasinya

11 Okt 2019 | 13:45 WIB

Macet yang membuat bensin mobil boros sudah jadi masalah umum di kota-kota besar di dunia, apalagi kalau jumlah kendaraan yang beredar tak seimbang dengan ruas jalan yang ada, ditambah pengendara yang tidak disiplin dan mematuhi aturan lalu lintas makin saja bikin bensin mobil boros karena macet.

Secara keseluruhan yang membuat bensin mobil boros, rata-rata para pengguna kendaraan menghabiskan 32 jam di jalanan setiap tahunnya yang membuat bensin mobil boros. Dari riset yang dilakukan oleh periset Inrix Global Scorecard mengutip Autoguide.com, beberapa waktu lalu berhasil dikumpulkan sepuluh kota di dunia yang jalanannya punya intensitas macet yang cukup parah sehingga menjadi penyebab bensin mobil boros dan juga bisa membuat tarikan mobil berat.

Bensin Mobil Boros Karena Macet, Begini Atasinya

Hasil diperoleh dengan menganalisis rata-rata jam yang dihabiskan dalam kemacetan untuk 1.064 kota di 38 negara, serta persentase waktu yang dihabiskan oleh driver untuk menikmati kepadatan lalu lintas yang otomatis juga menjadikan bensin mobil boros.

Beruntung, Jakarta sebagai salah satu kota tersibuk di Indonesia tak masuk di dalam 10 besar, tapi ada di posisi ke-19 yang juga membuat bensin mobil boros karena macet. Sementara Bangkok, Ibu Kota dari Thailand yang masih berada di wilayah ASEAN ada di urutan ke-11.

Berikut 10 besar kota termacet di dunia yang berpotensi membuat bensin mobil boros diurutkan dari posisi kesepuluh.

10. Miami, Florida.

Kota yang terkenal dengan kehidupan malamnya yang sangat sibuk, menjadi juru kunci sepuluh besar kota termacet di dunia, di mana pada pengendara 64,8 jam per tahun dalam kemacetan dan sudah pasti membuat bensin mobil boros.

9. Paris, Perancis.

Dalam satu tahun pengendaranya mengabiskan 65,3 jam per tahun di dalam kemacetan juga termasuk membuat bensin mobil boros.

8. Atlanta, Georgia.

Pengemudi di kota ini harus kehilangan 70,8 jam waktu mereka per tahun untuk menghadapi padatnya lalu lintas dan bensin mobil boros.

7. London, Inggris.

Di kota ini rata-rata pengemudi menghabiskan 73,4 jam per tahun dan juga masih membuat bensin mobil boros.

6. Sao Paulo, Brasil.

Kota yang kaya turis ini, pengemudi kendaraannya harus rela berlama-lama di jalan rata-rata 77,2 jam per tahun dan juga membuat bensin mobil boros.

5. Bogota, Kolombia.

Untuk sebuah kota tanpa sistem kereta bawah tanah yang berkembang dengan baik, kemacetan disebut-sebut tak terhindarkan. Rata-rata sekitar 79,8 jam per tahun dihabiskan dalam kemacetan dan konsumsi bensin mobil boros. Pemerintah Bogota sendiri merencanakan kereta bawah tanah bisa tersedia di 2022.

4. San Francisco, California.

Kota di salah satu negara bagian Amerika Serikat itu punya intensits kemacetan 89,4 jam per tahun dengan konsumsi bensin mobil boros.

3. New York, Amerika Serikat.

Populasi saat ini sekitar 8,6 juta orang dengan populasi pejalan kaki terus-menerus berselisih dengan jumlah pengemudi, tidak mengherankan jika muncul angka 89,4 jam dibuang karena macet di jalan per tahun yang juga membuat konsumsi bensin mobil boros.

2. Moskow, Rusia.

Pengemudi di kota terpadat di Rusia menghabiskan waktu selama 91,4 jam per tahun dan sangat membuat bensin mobil boros. Bukan hanya macet tapi juga kondisi di jalanan kota ini cukup tidak nyaman, bisa dilihat di rekaman dash-cam, yang banyak tersebar di youtube.

1. Los Angeles, AS.

Kota ini menjadi juaranya macet dengan rata-rata pengemudi menghabiskan 104,1 jam per tahun dalam kemacetan dan menjadikan konsumsi bensin mobil boros, dan jumlah tersebut sepertinya tidak akan melambat dalam waktu dekat.

Melihat data diatas, meski tak masuk dalam 10 besar kota termacet di dunia tetapi yang sudah kita rasakan kemacetan Jakarta sungguh banyak menguras kesabaran dan yang pasti uang. Bagaimana tidak, sebagai pengendara khusunya mobil kita pasti merasakan bensin mobil boros karena harus melewati jalanan yang macet.

Sebagai pengendara, sering terkena macet berarti kerja mesin mobil lebih keras dan bensin mobil boros sudah menjadi konsekuensi yang memang harus diterima. Meski kerja mesin berat dan membuat bensin mobil boros, bukan berarti kamu harus pasrah. Kamu bisa melakukan beberapa hal untuk membuat mobilmu awet.

Namun sebelum membahas tentang cara membuat mobil awet karena sering kena macet, ada baiknya kamu mengetahui terlebih dulu 5 komponen mobil yang bekerja keras saat macet dan bisa membuat bensin mobil boros.

5 Komponen yang bekerja keras saat macet membuat bensin mobil boros

Meski mobil lebih banyak berhenti saat di kemacetan, bukan berarti beberapa komponennya akan mendapat beban kerja yang lebih ringan. Kenyataannya justru malah sebaliknya dan pasti berdampak bensin mobil boros. Memang tidak semua komponen mobil akan bekerja lebih berat saat berada di dalam kemacetan dan menjadi faktor dari bensin mobil boros. Akan tetapi setidaknya ada lima komponen yang bekerja dengan lebih keras pada lalu lintas yang macet sehingga memicu bensin mobil boros.

Bensin Mobil Boros Karena Macet, Begini Atasinya

Oleh karena itu, perlu untuk diketahui apa saja lima komponen pada mobil yang mendapat beban kerja yang berat saat berada di lalu lintas yang macet dan membuat bensin mobil boros supaya jika Sahabat mengalami hal ini, maka kamu jadi tahu apa saja hal yang harus dilakukan atau hindari.

1.Motor kipas elektrik

Komponen pertama yang akan bekerja keras saat menghadapi kemacetan adalah motor kipas elektrik. Piranti ini merupakan komponen yang bekerja paling berat saat lalu lintas sedang berada dalam situasi yang macet. Proses pelepasan panas di mesin menjadi tanggung jawab terbesarnya. Suhu udara di sekeliling yang panas di ruang mesin itulah yang menuntut kipas mesin bekerja ekstra keras dan faktor inilah yang bisa membuat bensin mobil boros.

Ketika mobil berjalan kipas terbantu oleh tiupan udara segar dari depan ketika mobil melaju, kini kipas bekerja sendiri dalam memberi tiupan udara ke sistem dingin dan mesin. Dalam kondisi seperti ini, kipas elektrik bekerja lebih sering akibat suhu mesin yang cepat sekali meningkat.

Apalagi bila mobil kamu masih menggunakan kipas yang digerakkan oleh putaran mesin via V-belt, pastikan putaran mesin idle tidak terlampau rendah. Bila perlu, gunakan kipas elektrik tambahan di bagian depan radiator dan kondensor AC.

2. Sistem pendingin mesin

Kedua adalah sistem pendingin mesin. Salah satu yang perlu diperhatikan pada komponen ini adalah kebersihan dan kelurusan kisi-kisi kondensor AC dan radiator, serta karet atau busa penyekat di antaranya. Terlihat sepele, tapi peran bagian ini cukup vital dalam proses pendinginan, lantaran dapat mengarahkan udara agar melewati kisi-kisi tersebut.

3. Ac

Selanjutnya adalah AC. Sudah pasti kamu akan terus menerus menghidupkan AC selama terjebak di kemacetan. Ini membuat sistem AC bekerja di bawah tekanan tinggi dan sudah pasti membuat bensin mobil boros.

Jika kondisi cuaca panas terik, thermoswitch akan terus memerintahkan kompresor bekerja karena suhu kabin yang belum mencapai titik dingin yang diinginkan. Blower AC yang terus menerus bekerja juga membuat kotoran yang terhisap dan bersarang di evaporator semakin banyak. Efeknya, dinginnya AC jadi tidak maksimal.

4. Kopling

Kemudian ada kopling. Tidak hanya pada transmisi manual, kopling di transmisi matik pun bekerja ekstra-keras di kemacetan, bahkan lebih berat ketimbang pada transmisi manual. Kondisi lalu lintas stop and go membuat selip di kopling begitu tinggi.

Efeknya, suhu kopling meningkat dan beban untuk menyalurkan tenaga ke roda semakin besar dengan suhu yang jauh lebih tinggi dari kondisi normal dan juga membuat bensin mobil boros.

5. Stop and go

Terakhir adalah rem. Kondisi lalu lintas stop and go juga membuat kinerja rem semakin meningkat, khususnya pada mobil bertransmisi matik. Cara kerja transmisi yang membuat mobil terus bergerak maju tanpa digas membuat rem harus selalu diinjak untuk membuat kendaraan tetap diam dan sudah pasti konsumsi bensin mobil boros.

Sering kena macet, kamu bisa lakukan ini biar mobil awet

Macet hingga membuat bensin mobil boros merupakan hal biasa bagi warga yang tinggal di kota-kota besar seperti Jakarta. Meski demikian, tidak sedikit yang masih menggunakan kendaraan pribadi untuk beraktivitas. Selain perjalanan yang terganggu karena membutuhkan waktu lebih lama untuk mencapai tempat tujuan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan pemilik mobil saat terjebak macet selain konsumsi bensin mobil boros.

Bensin Mobil Boros Karena Macet, Begini Atasinya

General Manager After Sales PT Toyota Astra Motor, Dadi Hendriyadi mengatakan, pemilik kendaraan harus selalu memperhatikan tuas gigi transmisi, agar mobil tidak cepat rusak.

"Saat terjebak macet, untuk mobil matik maupun manual, baiknya pindah ke N (Netral) dan pakai rem tangan, untuk mencegah mobil berjalan sendiri," katanya, melansir dari laman VIVA.co.id.

Khusus mobil dengan transmisi manual, Dadi menegaskan, pengendara harus menghindari menggunakan setengah kopling saat terjebak macet di tanjakan.

Hal itu semat-mata untuk menghindari overheat atau panas berlebihan pada mesin mobil dan juga gerungan mesin yang sudah pasti membuat mesin mobil boros.

"Hindari setengah kopling untuk mobil manual, sebagai upaya mencegah overheat kopling dan selip. Perhatikan temperatur mesin dan genting mesin jika ada indikasi temperatur di atas normal," ujarnya.

Nah Sahabat, itulah informasi yang bisa diberikan untuk membuat awet kendaraanmu yang sering melewati jalur macet yang membuat bensin mobil boros. 

Semoga dengan informasi di atas, Sahabat bisa lebih mengerti lagi cara membuat mobil awet meski sering berkendara di jalanan macet. Dan juga bisa mengurangi bensin mobil boros. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 02:52 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilBarubekasjualbelimacettransmisikoplingMatikmanualjalananibukota