Peralatan Mobil
Peralatan Mobil Bekas

Setelah Beli Mobil Bekas, Minimal Beli Perlengkapan Ini Ya

27 Feb 2019 | 16:01 WIB

Memilh mobil bekas dengan kualitas terbaik, wajib hukumnya Sahabat Garasi. Tapi diingatkan nih, jika ingin berpergian tetap selalu membawa perlengkapan yang lengkap ya. Namun jika dana tidak mencukupi, disarankan tetap membawa beberapa perlengkapan darurat.


Nah, ada beberapa perlengkapan yang disarankan untuk terus dibawa saat berkendara, karena jika terjadi sesuatu di jalanan maka dengan mudah akan terselesaikan. Dan pastinya akan lebih merasa aman saat berkendara.

Setelah Beli Mobil Bekas, Minimal Beli Perlengkapan Ini Ya


Perlengkapan darurat pertama yang harus dibawa adalah 

1. Dongkrak

Ban mobil Sahabat bocor di tengah jalan? Betapa terkejutnya jika mengetahui dongkrak yang seharusnya ada di dalam mobil ternyata tidak ada. Mungkin Sahabat pernah menggunakannya di rumah dan lupa menyimpannya kembali. Makanya, dongkrak harus selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Dongkrak tak hanya berfungsi untuk mengganti ban saja, tapi juga sangat bermanfaat untuk melakukan perbaikan darurat terutama untuk komponen yang terdapat di bagian kolong mobil. Dongkrak juga bisa digunakan untuk membantu mengembalikan ban mobil yang terperosok ke parit, kembali ke jalan.


2. Kunci Roda dan Tool Set

Dongkrak ada, tapi kunci roda tidak ada, ya sia-sia saja. Kunci roda masing-masing mobil bisa saja berbeda. Itu sebabnya, sama seperti dongkrak, pastikan kunci roda mobil Sahabat selalu disimpan di dalam mobil setelah digunakan. Simpan juga tool set berupa obeng dan kunci soket dalam beberapa ukuran. Peralatan ini bermanfaat untuk mengencangkan baut maupun komponen mobil lainnya. Tak hanya orang yang suka ‘ngoprek’ mobil sendiri yang wajib punya peralatan ini. Karena mengencangkan baut aki atau mengencangkan clamp selang radiator, adalah pekerjaan sederhana yang harusnya bisa dilakukan oleh siapa saja.


3. Kabel Jumper

Habis istirahat makan siang sebentar, Sahabat dan keluarga hendak melanjutkan perjalanan mudik. Tapi mobil tiba-tiba tak bisa dihidupkan. Ternyata Aki mobil Sahabat soak. Bengkel mobil terdekat tutup karena libur lebaran. Kabel jumper solusinya. Sahabat bisa meminta waktu pemilik kendaraan lain yang parkir di tempat Sahabat istirahat untuk membantu.


Cukup hubungkan kabel jumper dari aki mobil Sahabat dengan aki mobil kendaraan lain yang berkondisi baik dan mobil Sahabat bisa hidup kembali. Diamkan mesin menyala beberapa lama dan berikan waktu kepada alternator untuk mengisi kembali energi baterai. Setelah beberapa lama, matikan mesin dan diamkan. Lalu coba hidupkan kembali. Kalau mesin menyala normal berarti aki mobil Sahabat masih sehat. Lanjutkan perjalanan kembali! Kalau mesin susah hidup, berarti aki mobil Sahabat sudah lemah. Sahabat bisa jumper kembali kendaraan untuk sementara dan membawa mobil ke bengkel mobil untuk menukar aki baru.


4. Towing Hook

Peralatan yang sering lupa dan diingatkan untuk tetap dibawa adalah Towing hook. Jelas sekali alat yang satu ini benar-benar bisa berguna, Karena saat kejadian yang mengesalkan seperti mogok. Dengan towing hook lebih mempermudah meminta bantuan dari pengendara lain saat mobil tiba-tiba mati di jalan. 


Baca juga: 4 'Barang' Wajib Yang Ada di Mobil Sahabat

5. Kotak P3K

Tidak perlu yang ribet. Pengemudi cukup siapkan kotak P3K sederhana yang berisi perban, plester, cairan antiseptik, gunting, obat khusus, dan barang lain yang dianggap penting. Kotak P3K yang terlalu besar juga tentunya akan membuat bingung dalam memlilih tempat meletakannya.


Karena perlengkapan di kotak P3K hanya dipakai dalam keadaan darurat, perhatikan juga waktu kedaluwarsa dari obat-obatan khusus yang ada di dalamnya. Jangan sampai obat yang dipakai sudah lewat masanya dan bisa menimbulkan efek negatif.


6. Peralatan lainnya

Selain lima perkakas penting tadi, ada juga beberapa perkakas lain yang wajib disimpan di mobil. Senter, misalnya. Saat malam hari, senter berguna mulai dari mencari cincin yang jatuh di dalam kabin mobil sampai menerangi ruang mesin saat melakukan perbaikan. Selain senter, sekarang banyak lampu LED yang bisa dicas dengan cahaya yang lebih terang.


Penting juga membawa botol kosong. Botol ini bisa digunakan untuk membawa bahan bakar jika mobil Sahabat kehabisan bensin di tengah jalan tol. Atau bisa digunakan untuk mengisi air radiator kalau air radiator Sahabat habis.


Nah Sahabat, itulah peralatan yang mesti ada dan kamu beli seusai membeli mobil bekas. Karena barang-barang tersebut merupakan barang yang sepele namun penting diwaktu-waktu tertentu. Semoga informasi kali ini bisa menambah pengetahuan Sahabat ya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 09:20 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

dongkrakkuncirodatowinghookp3ktipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonline
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family