Garasi.id
Cek Radiator

Cek Radiator Itu Hukumnya 'Wajib'

06 Jan 2019 | 15:55 WIB
BAGIKAN

Baik perjalanan jauh maupun dalam kota, sudah seharusnya Sahabat melakukan pengecekan pada radiator. Karena radiator jadi salah satu hal yang penting untuk selalu di cek. Jika radiator tidak di cek, pastinya Sahabat akan keluar uang yang banyak untuk perawatan kendaraan.

Terlebih untuk Sahabat yang menggunakan mobil yang tidak lagi muda atau mobil bekas, pastikan harus mengganti motor radiator ya. Karena motor radiator yang sudah lebih dari 3 tahun itu lebih beresiko mengalami kerusakan, dan bisa menyebabkan kerusakan lainnya pada kendaraan Sahabat.

Cek Radiator Itu Hukumnya 'Wajib'

Baca juga: Bahaya! Jangan Buka Tutup Radiator Saat Panas

Sebagai contoh, saat terjadi kemacetan, motor fan harus kerja extra dan jika tiba-tiba mati akan berdapak fatal baik ke AC atau ke mesin, Karena motor radiator, kondensor AC dan radiator jelas komponen yang masih terkait dengan AC. Karena, tugas motor fan adalah mendinginkan radiator dan kondensor AC mobil.

Jika salah satu mati, suhu kondensor dan radiator akan naik dan akan menyebabkan overheating. Kalau suhunya sudah tinggi, AC mobil tidak akan bisa bekerja. Hasilnya dampak ke part AC yang menyebabkan kebocoran, serta kompressor akan macet, biaya perbaikan sangat mahal.

Nah jangan sampai lupa juga untuk melakukan pengecekan pada coolant atau air radiator ya Sahabat, dan disarankan untuk menggunakan atau memilih coolant standar pabrikan. Jangan menggunakan air mineral biasa karena suhu mesin akan cepat panas.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 06 Jan 2019 | 15:55 WIB
BAGIKAN