EURO IV
Standar Emisi EURO IV

Standar Emisi EURO IV, Produk Lawas Toyota Bisa Diubah

16 Sep 2018 | 20:00 WIB

Rencana penerapan emisi EURO IV sudah diresmikan oleh pemerintah pada gelaran pameran otomotif Agustus lalu. Toyota sebagai produsen otomotif di Indonesia mengaku siap untuk ikut dalam rencana pemerintah tersebut. 

Standar Emisi EURO IV, Produk Lawas Toyota Bisa Diubah

Executive General Manager PT Toyota-Astra Motor ( TAM) Fransiscus Soerjopranoto mengungkapkan Toyota siap untuk menghadirkan produk dengan standar Euro IV Oktober mendatang. Termasuk kesiapan purnajual. 

"Purnajual tidak ada masalah, sama saja. Semua kendaraan yang dikeluarkan ATPM dapat garansi tiga tahun atau 100.000 kilometer. Itu saja," ucap Soerjo yang dilansir dari laman Kompas.com, Kamis (13/9/2018). 

Soerjo mengungkapkan bagi kendaraan yang belum Euro IV, silahkan datang ke bengkel jika ingin mengimplementasikan standar emisi tersebut dengan menambahkan alat pada katalitik konverter gas buang. Toyota mengungkapkan sudah menyiapkan semua. 

Baca Juga: Standar Uji Emisi Jadi EURO IV, Apa Dampaknya?

Model kendaraan yang pasti dapat menjadi standar emisi Euro IV adalah model yang berusia lima tahun ke belakang atau model life. Soerjo mengungkapkan usia kendaraan ini masih diterima apalagi bila garansi masih berjalan sehingga bisa dicover. 

"Kalau biaya, saya tidak terlalu hafal, dari diler masing-masing. Tapi tidak terlalu besar ya," ucap Soerjo. 

Untuk kendaraan yang berusia lebih dari lima tahun, atau model lama, pihak Toyota terus mencari cara agar dapat memenuhi standar emisi tersebut. Namun menurut Soerjo jumlahnya tidak terlalu banyak. 

Penerapan Euro IV bertujuan untuk mengurangi pencemaran udara yang disebabkan kendaraan bermotor. Aturan emisi Euro IV sudah dikeluarkan melalui Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan No. P20/MENLHK/SETJEN/KUM.1/3/2017. Mobil bermesin bensin berlaku mulai September 2018, sementara diesel efektif pada 10 Maret 2021.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 23:33 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbeliemisiEUROIVEUROIIotomotifberitamobilpemerintahperaturanseptember2018jakartagarasiidtoyota
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family