Perawatan mesin mobil
Perawatan mesin mobil

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

27 Jul 2020 | 11:03 WIB

Starter merupakan salah satu komponen yang keberadaanya sangat penting. Fungsi utamanya adalah untuk menggerakan dinamo mobil sehingga mesin bisa dihidupkan. Tentunya komponen yang selalu digunakan setiap kali mobil akan digunakan memiliki batas pemakaian tertentu. Jika tidak dirawat dengan baik, tentunya kejadian seperti starter mobil macet.

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Pada dasarnya, cara kerja starter mobil adalah dengan menggunakan listrik yang bersumber dari aki mobil. Tentunya hal yang akan sangat menyulitkan jika tiba-tiba starter mobil macet atau tidak berfungsi karena mengalami kerusakan.

Berbeda dengan motor yang pada umumnya dilengkapi dengan kick starter, jika starter mobil macet sudah pasti mobil tidak bisa dinyalakan. Mungkin untuk mobil dengan transmisi manual, ada salah satu solusi paling mudah yaitu mendorong mobil tersebut untuk menyalakan mesin dengan menurunkan transmisi.

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Oleh karena itu, perawatan pada komponen starter sangatlah penting agar kondisi starter mobil macet dapat terhindar. Apa saja sih perilaku yang bisa menyebabkan starter macet atau dinamo starter tidak mau berfungsi, mari simak penjelasannya dibawah ini seperti dilansir di medcom.id.

Memaksa dinamo starter bekerja

Salah satu yang mungkin menjadi penyebab starter dinamo mobil kamu rusak adalah kamu terlalu memaksa kerja dinamo. Memaksakan secara terus menerus saat mesin tidak mau menyala akan membuat starter mobil macet dan rusak.

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Mengapa? Ketika dinamo starter mobil macet dan kamu tetap memaksakan untuk menyalakan mesin, dinamo akan menjadi panas. Ketika dinamo menjadi panas, komponen-komponen di dalam dinamo dan komponen lain di mesin berpotensi untuk terbakar dan menjadi rusak. Jadi solusinya adalah berikan waktu dinamo starter hingga dingin beberapa menit, kemudian coba untuk menyalakan kembali.

Penerus tegangan (carbon brush) dinamo starter habis

Di dalam dinamo starter ada komponen yang bernama carbon brush (penerus tegangan) yang berfungsi untuk menyuplai listrik dari aki untuk memutar dinamo. Jika komponen tersebut rusak, sudah bisa dipastikan mesin tidak akan menyala alias starter mobil macet.

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Tanda-tanda yang bisa kamu kenali ketika dinamo starter mobil macet karena penerus tegangan habis adalah timbul suara/bunyi aneh saat distarter. Jadi ketika kamu mengalami tanda-tanda seperti diatas, segera periksakan bagian penerus tegangan dinamo starter. Jika setelah diperiksa ternyata tidak bisa digunakan lagi, lebih baik kamu mengganti dinamo starter mobil dengan yang baru.

Aki yang bermasalah atau sudah berumur

Dinamo starter mendapatkan tenaga dari aki. Jika aki mobil kamu bermasalah, tentunya akan mengganggu seluruh kelistrikan mobil termasuk dinamo starter. Permasalah pada aki akan menyebabkan dinamo starter mobil macet karena suplai listrik dari aki ke bagian dinamo lemah. Jika dipaksakan terus menerus tanpa mengganti aki, lama kelamaan komponen kelistrikan mobil Sahabat akan ikut rusak lho, termasuk dinamo starter.

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Ceklah bagian aki mobil secara rutin dan berkala supaya setidaknya Sahabat mengantisipasi dinamo starter mobil macet. Jangan sampai kerusakan tersebut datang secara tiba-tiba, karena hal tersebut akan merepotkan Sahabat sendiri.

Nah, setelah berbicara mengenai apa penyebab starter mobil macet, selanjutnya kita akan membahas penyebab mobil sulit distarter. Seperti sudah dijelaskan di atas, jika kita memaksakan starter mobil, komponen di dalam dinamo starter akan rusak karena panas yang dihasilkan.

Jadi pada intinya, ketika starter mobil macet, bukan semata-mata dinamo starter yang menjadi penyebab utamanya, ada penyebab lain. Apa saja penyebab mobil tidak bisa dinyalakan selain kerusakan pada dinamo starter? Mari simak ulasan berikut.

Penyebab mobil sulit dihidupkan

Ada dua kondisi ketika mobil sulit distarter selain starter mobil macet, ketika pagi hari dan saat mesin panas. Ketika kita sudah mengetahui dua kondisi ini akan terjadi, maka kita dapat mengantisipasi terjadinya mesin sulit dinyalakan.

Starter mobil macet saat kondisi mesin panas

Pada mobil dengan usia yang sudah tua biasanya terjadi kerusakan dan hal-hal yang mengganggu kenyamanan berkendara. Salah satunya adalah gangguan pada mesin yang tidak bisa distarter alias starter mobil macet. Padahal, mesin mobil dalam keadaan panas, baru saja digunakan, bukan dalam kondisi dingin.

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Kondisi mobil seperti ini terkadang sulit ditebak. Jika mesin dingin mudah dinyalakan, namun ketika mesin panas sulit distarter. Apa saja yang membuat starter mobil macet dan susah distarter saat mesin panas? Ada beberapa hal penyebabnya.

Koil panas

Starter mobil macet bisa disebabkan oleh koil yang sudah rusak. Koil berfungsi untuk menaikkan tegangan listrik yang besar untuk disalurkan ke aki. Tegangan listrik dari aki yang hanya 12 volt dapat mencapai ribuan volt dengan koil ini. Arus listrik yang besar kemudian mengalir ke busi dan mengeluarkan pijaran bunga api.

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Bagaimana cara mengetahui kondisi koil kita? Peganglah koil. Jika panas, maka harus diganti dengan platina kondensor. Koil yang panas menandakan adanya gangguan pada koil hingga ke sistem pengapian. Karena adanya gangguan itu juga, starter mobil macet saat mobil dalam kondisi panas.

Busi Bermasalah

Starter mobil macet saat mesin panas bisa saja karena busi bermasalah. Saat kondisi busi tidak baik, maka mobil haya dapat dihidupkan jika mesin mobil dingin. Untuk memperbaikinya, sebaiknya lakukan tune up di bengkel. 

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Ganti busi mobil agar mobil dapat dengan mudah menyala kembali. Saat mengganti busi sesuaikan dengan jenis mobil Sahabat. Besar tahanan kabel busi berbeda-beda, dan ikutilah standar yang biasa digunakan pada merk mobil.

Masalah pada Aliran Bahan Bakar

Kemungkinan lain starter mobil macet adalah adanya masalah pada aliran bahan bakar. Aliran bahan bakar ini merupakan sebuah sistem di mobil yang merupakan tempat agar bahan bakar tersimpan secara aman. Periksalah sistem aliran BBM di bengkel tedekat.

Starter mobil macet saat kondisi mesin dingin

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Hampir semua orang yang memiliki kendaraan akan memanaskan mobil terlebih dahulu sebelum digunakan. Kondisi mobil seperti ini terkadang sulit ditebak. Jika mesin dingin mudah dinyalakan, namun ketika mesin mesin sulit distarter. Apa saja yang membuat starter mobil macet saat mesin dingin? Ada beberapa hal penyebabnya.

Busi bermasalah

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Busi yang bermasalah biasanya dikarenakan busi kotor, celahnya terlalu rapat maupun longgar. Hal ini dapat menjadi starter mobil macet dan akan berpengaruh pada percikan bunga api. Agar mobil dapat dihidupkan dengan baik, percikan bunga api dari busi harus besar. Sahabat dapat melepas businya dan lihatlah kondisi busi tersebut, apakah kotor atau perlu diganti.

Sensor suhu radiator eror

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Sensor suhu atau WTS (Water Temperature Sensor) dan kerap disebut ECT (Engine Coolant Temperature) berfungsi untuk mendeteksi suhu air radiator pada mesin mobil dan mengirimkan sinyalnya ke ECU.Starter mobil macet salah satunya adalah karena ada masalah pada sistem pengatur suhu ini. Jika WTS bermasalah maka secara otomatis mempengaruhi sistem injeksi pada mobil.

Pompa bensin (fuel pump) bermasalah

Salah satu penyebab starter mobil macet pada pagi hari adalah karena ada masalah pada pompa bensin. Pompa bensin sangat penting fungsinya pada mobil karena untuk memompa bensin dan tangki menuju karburator. Ketika pompa bensin lemah, maka aliran bensin menjadi tidak lancar dan mobil akan sulit untuk dihidupkan.

Selain Dinamo Starter, Ini Penyebab Lain Starter Mobil Macet

Bagaimana Sahabat, sudah tahu kan sekarang apa sebenarnya masalah ketika starter mobil macet. Supaya kamu tidak dikelabui oleh para mekanik nakal, alangkah baiknya kamu cek setiap poin di atas. Selain itu jangan lupa untuk selalu merawat mobil kamu secara berkala.

Jika bingung memilih tempat merawat mobil agar kejadian starter mobil macet tidak terjadi, Garasi.id adalah tempat yang sangat cocok. Semua jenis perawatan ada di Garasi.id, mulai dari perawatan mobil, perawatan mesin, sampai penggantian ban. Masih kurang? Garasi.id kasih diskon dan bonus lainnya untuk beberapa produk unggulan yang ada di Garasi.id. Ayo buruan rawat mobil kamu di Garasi.id.

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 27 Jul 2020 | 11:03 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsandrtickmobilperawatanmesinmobilsolusipuasgarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family