Dengan mengganti head unit, kamu bisa mengatur audio kamu semaksimal mungkin
Berkendara tanpa hiburan membuat kamu cepat lelah dan tidak konsentrasi

Tips Membuat Audio Mobil Semakin Berkualitas

04 Jul 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN

Berkendara di Ibu Kota pasti akan terasa melelahkan dan bosan jika tidak ada hiburan di dalam kabin. Apalagi dengan kemacetan di berbagai tempat membuat penat kepala Sahabat bukan. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengurangi penat selama berkendara, seperti mendengarkan musik atau radio dari perangkat audio mobil kamu. 

Terkadang memiliki audio mobil standar keluaran pabrikan rasanya masih kurang untuk menghibur kamu. Apalagi kualitas suara yang dihasilkannya masih ‘nanggung’. Nah, daripada kamu harus membeli perangkat audio seperti Harman Kardon, bose, Bower & Wilkins yang harganya mencapai puluhan bahkan ratusan juta, lebih baik kamu simak beberapa tips untuk memodifikasi audio mobil kamu agar lebih optimal tanpa membuat kantong jebol.

Pilih perangkat audio yang tepat

Tak jarang banyak orang pilih audio mobil hanya berdasarkan merk yang terkenal, namun kualitas dari produk tersebut belum tentu cocok dengan kendaraan mereka. Agar tidak terjebak hal ini, selalu lebih baik untuk cari tahu tentang perangkat audio yang cocok untuk mobil kamu dengan browsing di internet dan mencari berbagai review.

Tips Membuat Audio Mobil Semakin Berkualitas


Sebagai sebuah panduan dasar, jika head unit kamu miliki output daya yang kecil, pilihlah speaker dengan sensitivitas yang tinggi, sekitar 90dB. Semakin tinggi sensitif speaker, semakin efisien daya yang dibutuhkan.

Melihat fitur-fitur dari Head Unit

Head unit yang mahal tentu akan menawarkan berbagai fitur canggih, tapi kadang semua fitur-fitur tersebut belum tentu diperlukan jika kamu hanya ingin dengar musik. Jika kamu lebih mengandalkan GPS pada smartphone dan tidak akan nonton TV saat macet, sebaiknya cari head unit yang sesuai kebutuhan saja.

Tips Membuat Audio Mobil Semakin Berkualitas

Pilih head unit yang dilengkapi sebuah equalizer yang sehingga kamu dapat mengatur sendiri kualitas sound yang dihasilkan. Jika ingin menambah speaker dan mencari kualitas audio yang lebih mantap, sebaiknya pilih head unit yang memiliki jalur koneksi audio pre out, Front, Rear dan Subwoofer. Hal ini diperlukan jika kamu ingin menambahkan amplifier untuk audio mobil.

Menambahkan speaker atau subwoofer

Sebagian besar orang sering beranggapan jika ingin mendapatkan kualitas audio seperti di bioskop harus menambahkan subwoofer. Padahal biaya untuk menambahkan subwoofer cukup menguras kantong dan membutuhkan ruang bagasi yang luas.

Padahal tanpa subwoofer pun kamu bisa mendapatkan kualitas audio yang mendekati kualitas bioskop dengan budget yang nggak terlalu mahal. Cukup dengan mengubah speaker dan tweeter pada speaker mobil dan kamu bisa dapatkan kualitas dahsyat hanya dengan mengeluarkan dana satu jutaan saja.

Nah itulah beberapa tips untuk memodifikasi audio mobil kamu agar maksimal. Tapi yang belum memiliki mobil jangan berkecil hati ya. Di Garasi.id terdapat fitur mobil pilihan, kamu bisa bebas memilih mobil sesuka hatimu tanpa rasa ragu karena mobil-mobil di sana sudah melewati inspeksi di 170 titik.


Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 04 Jul 2019 | 20:01 WIB
BAGIKAN