Penggunaan lap microfiber sangat baik untuk merawat bodi mobil
Pilih bengkel terbaik dengan penawaran menarik hanya di Garasi.id

Tips Merawat Mobil Setelah di Coating

18 Jun 2019 | 13:51 WIB
BAGIKAN

Sahabat pasti sering melihat bengkel-bengkel salon mobil yang menawarkan paket coating, nano coating dan yang lainnya. Tahukah kamu apa sih dari coating itu sendiri ?Manfaat apa aja sih yang sudah pasti didapatkan dari coating?  Apa benar mobil yang sudah di coating tidak perlu dicuci terlalu sering ?

Tips Merawat Mobil Setelah di Coating


Coating sendiri merupakan suatu proses bagian dari auto detailing, dimana mobil kamu akan dipoles dengan sebuah lapisan khusus di seluruh permukaan cat mobil. Dengan adanya lapisan khusus ini akan membuat tampilan bodi mobil Sahabat terlihat lebih berkilau. Sifat dari coating itu sendiri permanen dan tidak mudah hilang kecuali di amplas atau terkena benda tajam dan benturan.

Eits tapi jangan berpikir bahwa jika mobil Sahabat sudah di coating tidak perlu perawatan lagi loh. Kebanyakan konsumen di Indonesia tidak mengetahui perawatan apa saja yang perlu mereka lakukan setelahnya. Berikut adalah tips untuk Sahabat agar mobil kesayangannya tetap terlihat kinclong selalu;


  • Pencucian berkala

Jika Sahabat hampir setiap hari menggunakan mobilnya, sudah tentu mobil akan lebih cepat kotor dan terlihat kusam bukan? Sangat dianjurkan minimal melakukan pencucian mobil tiga hari sekali tanpa menggunakan sabun khusus hanya dibasuh dengan air PDAM lalu di lap dengan lap microfiber. Hal itu berfungsi agar debu-debu yang dapat merusak cat dan lapisan coating terbuang.


  • Menggunakan air PDAM

Tahu tidak, air adalah salah satu faktor yang sangat berpengaruh untuk mencuci mobil. Air yang bisa memiliki kadar yang baik adalah air PDAM. Bagaimana dengan air keran yang biasa kita temukan di rumah ? Baik mobil yang sudah di coating maupun belum, mencuci mobil dengan menggunakan air keran sangat tidak disarankan karena kandungan kadar besinya banyak dan berbahaya untuk cat mobil kendaraan.


  • Shampoo/sabun khusus Mobil

Melakukan pencucian mobil tanpa menggunakan sabun memang tidak dianjurkan terlalu sering, namun jangan asal memilih sabun cuci mobil. Memang pada dasarnya kotoran yang tertempel di permukaan mobil tidak akan hilang begitu saja dengan air. Sebaiknya pencucian mobil dengan sabun dilakukan minimal seminggu sekali. Kandungan PH dalam sabun cuci mobil sangat tinggi, hal itu dapat merusak lapisan coating atau cat mobil kamu loh.

  • Penggunaan lap

Lap juga ikut andil besar dalam kerusakan pada body atau mesin kendaraan kamu. Proses pengelapan yang tidak benar akan menimbulkan goresan di bodi maupun kaca mobil Sahabat. Jadi jika mobil kamu sudah di coating akan sangat disayangkan jika saat proses pengelapan setelah dicuci asal-asalan. Selalu bedakan lap yang berbeda untuk panel atas, bawah kaca dan bodi agar terhindar dari baret. Kalau baret di bodi mungkin masih bisa diakali dengan menggunakan compound namun jika ada baret di kaca itu yang sulit dan mengganggu pandangan saat berkendara.


Nah itu beberapa tips merawat mobil kamu setelah di coating agar lapisan khusus yang menempel di seluruh permukaan mobil tetap terjaga. Jika Sahabat ada yang ingin men-coating mobilnya namun tidak tahu bengkel mana yang bagus, Garasi.id menawarkan jasa dan service perawatan mobil Sahabat bersama dengan bengkel-bengkel ternama yang berkualitas.

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 18 Jun 2019 | 14:51 WIB
BAGIKAN