Mobil
Mobil Bekas Tabrakan

Unik, Dealer di Australia Tawarkan Mobil Bekas Tabrakan!

17 Okt 2018 | 11:04 WIB

Garasi.id - Umumnya sebuah dealer menjajakan mobil dalam kondisi terbaik, hal tersebut bertujuan untuk dapat menarik perhatian para calon konsumen untuk dapat meminang mobil yang dijajakan. Namun hal tersebut sepertinya tidak berlaku bagi salah satu dealer yang berada di Australia berikut ini. Di mana mereka justru mendisplay mobil yang sudah penyok dan bekas tabrakan.

Unik, Dealer di Australia Tawarkan Mobil Bekas Tabrakan!

Strategi pemasaran tersebut ternyata sedang marak di Negeri Kangguru, alasannya untuk dapat lebih menarik calon konsumen yang konsen dengan keamanan dan keselamatan. Beberapa produk bekas tabrak tersebut diharapkan dapat menginformasikan secara langsung kepada konsumen. Demikian seperti mengutip laman Carsales.

Beberapa mobil yang dijajakan sendiri bukanlah mobil kecelakaan sungguhan, melainkan mobil hasil tabrakan saat uji tabrak yang dilakukan The Australasian New Car Assessment Program (ANCAP), yakni badan keselamatan berkendara di Australia.

Baca Juga : Cari Mobil Bekas? Pilih Yang Punya Mesin Bandel

Taktik pemasaran yang tak biasa ini pun telah melalui riset pasar yang telah dilakukan oleh ANCAP. Di mana sebanyak 88% konsumen merasa kebingungan, ketika harus memiliki jenis kendaraan yang punya fitur keselamatan terbaik.

Sejalan dengan itu, pada National Display Road Show, mobil-mobil penyok itu dipamerkan untuk menunjukkan kekuatan dan perlindungan kendaraan pada masing-masing produsen.

Program ini juga bertujuan untuk mendidik konsumen tentang manfaat dan fungsi fitur bantuan keselamatan. Serta lebih fokus menyasar dealer dan konsumen di daerah regional. "Dua pertiga dari semua kematian di jalan terjadi di daerah dan daerah terpencil," ungkap James Goodwin, Chief Executive ANCAP.

Strategi ini pertama kali dilakukan oleh Bathurst Kia, di mana di dalam dealer tersebut, dipajang KIA Stinger hasil uji tabrak ANCAP pada 2017 dan mendapatkan rating 5-bintang.

Setelah dipamerkan, Stinger kemudian akan dipindah ke dealer Kia lainnya di daerah pedesaan New South Wales, beberapa minggu mendatang untuk melakukan road show atau tur.

Tidak hanya produk Kia, namun ada pula Mazda CX-5 yang juga telah diparkir di ruang pamer Garry dan Warren Smith Mazda di Mulgrave di Victoria. Selain itu, ada juga Suzuki Swift, Hyundai Kona, LDV D90, dan Toyota Corolla yang ikut dalam tur ini.

"Dealer adalah tempat yang cukup penting bagi ANCAP, terkait pesan tentang kendaraan yang paling aman," tambah James.

James pun turut menjelaskan bahwa nantinya konsumen dapat melihat, menyentuh, dan bahkan duduk di dalam kendaraan yang sudah tak berbentuk karena diuji tabrak. Di dalam mobil tersebut juga masih dapat terlihat lengkap dengan kantong udara (airbag) yang sudah meletup, serta boneka uji coba. 

"Hal ini bisa memberikan pengalaman yang unik," pungkas James.[DeF]

Foto : Internet

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 15:13 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitabrakaustraliaragamotomotifindonesiagarasiidedukasikonsumen