SIM 2019
Pelayanan SIM

Wajib Punya SIM, Ini "Bocoran" Biar Mudah Lulus Ujian SIM

04 Jul 2019 | 14:01 WIB

Buat Sahabat Garasi yang suka berkendara dengan kendaraan kesayangan, Surat Izin Mengemudi atau SIM pasti bukan hal yang asing lagi. Hal itu menjadi wajar, karena memang kebanyakan dari kita hanya tahu SIM itu diperlukan untuk pelengkap saat kita berkendara. Tapi Sahabat tahu tidak, fungsi dari SIM itu sendiri apa?

Kali ini Garasi.id akan coba memberikan informasi tentang fungsi SIM, seperti yang tertulis dalam laman situs resmi Polisi Republik Indonesia (Polri).

Wajib Punya SIM, Ini "Bocoran" Biar Mudah Lulus Ujian SIM

Dikatakan SIM adalah bukti registrasi dan identifikasi yang diberikan oleh Polri kepada seseorang yang telah memenuhi persyaratan administrasi, sehat jasmani dan rohani, memahami peraturan lalu lintas dan terampil mengemudikan kendaraan bermotor.

Lalu apa fungsi SIM di mata Polri? Polri menjelaskan, ada beberapa fungsi dan peranan dari SIM. Di antaranya sebagai sarana identifikasi/jati diri seseorang. Hal ini bisa diartikan SIM juga bisa berperan seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Fungsi dan peran lain SIM yaitu sebagai alat bukti. Jika coba diartikan secara bebas seperti melansir dari detikOTO, artinya SIM ini menjadi alat bukti bahwa Sahabat sudah berhak berkendara, dan memiliki kesehatan jasmani dan rohani.

Polri juga menjelaskan fungsi dan peranan lain SIM, ialah sarana upaya paksa dan sebagai sarana pelayanan masyarakat.

Dalam situs resmi Polri, Polri juga mengingatkan untuk setiap pengemudi kendaraan bermotor wajib memiliki SIM. Peraturan ini tercantum pada Pasal 18 (1) UU No. 14 Th 1992 tentang Lalu-lintas dan Angkutan Jalan, bahwa setiap pengemudi kendaraan bermotor di wilayah wajib memiliki Surat Izin Mengemudi (SIM).

Baca juga: 2019 Jangan Mau Ditipu Calo, Perpanjang SIM Lewat 6 Hari Harus Bikin Baru

Nah, Sahabat sudah memiliki SIM belum? Sebagai pengendara yang baik, Sahabat Garasi harus punya Surat Izin Mengemudi (SIM). Namun yang perlu Sahabat Garasi perhatikan, Saat Sahabat Garasi mengajukan permohonan pembuatan Surat Izin Mengemudi (SIM) pastinya tak selalu mulus, ada yang langsung bisa lulus ada juga yang gagal dan harus mengulang. Namun sebenarnya lulus ujian SIM itu tak terlalu sulit.

Tips Lulus Ujian SIM

Seperti yang disampaikan Kasi SIM Ditlantas Polda Metro Jaya, Kompol Fahri Siregar yang memberikan tips agar Sahabat Garasi bisa lulus ujian SIM dengan mudah. 

"Tips untuk bisa lulus ujian SIM itu, layaknya ujian di sekolah. Jadi kalau mau menghadapi ujian yang kita lakukan itu belajar dan berlatih. Tetapi mengenai peraturan undang-undang dan tentang lalu lintas jalan," kata Fahri.

Lalu bagaimana para pengendara bisa mendapatkan materi yang akan dipelajari nih?

"Jadi pengendara bisa dengan cara mengakses pembelajaran secara online dengan mengujungi www.korlantas.polri.go.id atau mungkin bisa belajar mandiri membeli buku-buku aturan tentang lalu lintas. Atau pengendara juga bisa belajar dari soal-soal yang sudah kita bukukan di perpustakaan Pojok Baca di Satpas Polda Metro Jaya. Ini untuk ujian teorinya," ujar Fahri.

Bagaimana dengan ujian untuk permohonan SIM praktik? Fahri juga menjelaskan dengan gamblang tips agar bisa lulus ujian praktik SIM.

"Lalu bagaimana berlatih untuk ujian praktik? Tentunya bagi yang sudah mengikuti ujian praktek sudah tahu (yang gagal ujian praktik pengambilan SIM). Kalau belum tahu bisa melihat dalam website kami atau buku Peraturan kapolri No.9 2012," kata Fahri.

"Disitu ada materi-materi ujian praktik bagaimana ujian praktik roda dua dan empat. Selain itu pengendara juga diperbolehkan latihan sendiri di Satpas Daan Mogot pada hari Minggu, dengan membawa kendaraan motor sendiri mulai dari jam 08.00-16.00 WIB. Atau mungkin, bisa berlatih di sekolah mengemudi yang terakredetasi," tambahnya.

Nah Sahabat Garasi, sudah tau kan bagaimana mudahnya agar lulus uji SIM. jadi mulai sekarang jangan lupa ya Sahabat Garasi untuk berlatih dahulu.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 11:59 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

simmobilsamsatbarubekasperpanjangfungsiinfogarasiidotomotifpolriberkendarawajibkelengkapan