Merawat Mobil Usia 5 Tahun Keatas
Merawat Mobil Usia 5 Tahun Keatas

Wajib Tahu! Usia Mobil Tua, Perhatikan Komponen-komponen Ini

14 Sep 2021 | 17:00 WIB

Usia Mobil Tua Wajib Lakukan Perawatan Berkala

Usia Mobil Tua Wajib Lakukan Perawatan Berkala


Usia Mobil Tua, Perhatikan Komponen-komponen Ini.

Di tengah Pandemi Covid-19 ini kebiasaan masyarakat ada yang berubah ya Sahabat Garasi. Mulai dari kesehatan, pekerjaan dan kendaraan. Untuk kendaraan seperti mobil, jarang digunakan para pemilik karena banyak wilayah yang menerapkan Work From Home (WFH) imbas aturan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Maayarakat (PPKM) oleh pemerintah.

Mobil yang jarang digunakan selama PPKM juga perlu mendapatkan perawatan berkala, sehingga mobil tetap prima. Apalagi mobil yang berusia 5 tahun ke atas. Hal ini dikarenakan ada beberapa komponen yang memang hanya bisa digunakan maksimal selama 5 tahun saja. Untuk itu, perlu pemeriksaan yang detail untuk mobil tua yang sudah mencapai usia tersebut.

Ini komponen-komponen yang perlu perhatian lebih ketika umur mobil sudah mencapai 5 tahun:

Periksa Kondisi Ban

Periksa Kondisi Ban


Periksa Kondisi Ban
Pada usia lima tahun, umumnya ban sudah mengalami kerusakan. Untuk itu, perlu pemeriksaan lebih dalam, mulai dari melihat ketebalan ban pada indikator keausan alur telapak ban.

Segera ganti bila dirasa sudah terlalu tipis. Periksa juga apakah ada keretakan pada permukaan ban, bagian yang terpotong atau kerusakan lainnya untuk menghindari kecelakaan.

Meski dirasa masih baik, tidak ada salahnya untuk mengganti ban dengan yang baru. Hal ini karena usia pakai ban umumnya hanya sekira lima tahun. Lewat dari lima tahun maka kualitas ban akan berkurang dan berisiko rusak.


Cek kaki kaki mobil

Cek kaki kaki mobil


Periksa Kaki Mobil Tua

Kaki-kaki mobil dengan usia diatas 5 tahun umumnya sudah mengalami penurunan kualitas, entah itu pada long tie rod, tie rod end, engine mounting, hingga shock absorder. Sebab, komponen tersebut harus menahan beban kendaraan dan berjibaku dengan kondisi jalan.

Tidak ada salahnya untuk melakukan perawatan khusus untuk kaki-kaki agar kondisi kendaraan tetap optimal.


Cek kondisi Aki

Cek kondisi Aki


Aki dan Sistem Kelistrikan

Komponen lain yang harus mendapat perhatian adalah aki dan sistem kelistrikan. Ada kemungkinan aki sudah mengalami kerusakan, sehingga harus diganti.

Demikian juga kabel-kabel yang menghubungkannya, perhatikan apakah ada kerusakan atau tidak. Kerusakan yang ada pada kebel berisiko menyebabkan konsleting hingga terbakar.


Cek Kondisi Lampu

Cek Kondisi Lampu


Lampu Mobil

Lampu merupakan senjata andalan pengemudi untuk meningkatkan jarak pandang ketika berkendara di malam hari. Seiring dengan usia maka perfoma lampu tentunya akan mengalami penurunan, sehingga bukan tidak mungkin harus dilakukan penggantian.

Masalah-masalah Mobil Tua Berumur 5 Tahun ke atas


  1. Rem Lengket


Jika mobil disimpan lama dengan posisi hand brake dapat menyebabkan rem lengket. Untuk itu, lepas rem tangan saat akan diparkir lama. Jika mobil takut menggelinding siapkan pengganjal roda. Melepas rem tangan penting untuk memastikan brake shoe, brake pad, dan brake disc tidak lengket dan macet.


  1. Ban Benjol


Apresiasi Pengiklan Loyal, MNC Group Hadiahkan Mobil Perhatikan ban mobil yang diparkir lama. Sebaiknya mobil dimajumundurkan secara berkala untuk menghindari ban benjol.


Hal tersebut terjadi akibat beban kendaraan tidak merata tertumpu pada satu titik. Tambahkan tekanan angin ban hingga 3,5 bar. Ini berguna untuk menghindari kerusakan akibat tekanan tidak merata.


  1. Aki Soak


Penyakit mobil tua akibat lama tidak dihidupkan adalah baterai atau aki mobil soak. Akibatnya mobil sulit dihidupkan saat akan dipakai. Ini karena sistem kelistrikan tetap hidup walau mobil dalam keadaan mati.


Agar listrik pada aki mengisi kembali, sebaiknya hidupkan mobil setiap pagi atau minimal dua hari sekali. Panaskan mesin mobil di ruang terbuka selama beberapa menit, dengan sesekali menginjak pedal gas hingga putaran mesin 2000 RPM. Ini berguna untuk sirkulasi oli.



  1. Cat Kusam dan Retak


Mobil tua yang terparkir lama biasanya kusam dan retak. Ini karena sang pemilik malas merawatnya. Sebaiknya parkir mobil di tempat teduh. Jika terpaksa parkir di ruang terbuka pakai penutup.


Untuk pemeliharaan cuci atau lap permukaan kendaraan termasuk pembersihan interior secara berkala. Bersihkan karet seal bagasi dan pintu serta aplikasikan produk perawatan dengan bahan yang direkomendasikan.

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 16 Sep 2021 | 14:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifmerawatmobil