Waktu Tepat Ganti Oli Mobil
Ganti Oli Mesin

Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

02 Mei 2021 | 16:00 WIB

              Sahabat Garasi, selama memakai mobil kesayangan Sahabat. Berapa KM si patokan Sahabat untuk ganti oli, atau berapa bulan sekali Sahabat mengganti oli? ini biasanya pertanyaan yang sering diajukan terutama oleh yang baru saja memiliki mobil, jawaban klasik sering diberikan "tergantung pemakaian" tanpa ada patokan berapa KM oli harus diganti. 

              Sahabat Garasi, Memang tidak ada yang salah jika orang menjawab tergantung pemakaian, akan tetapi jika tidak dijelaskan pemakaian yang bagaimana maka malah akan membuat orang yang bertanya tidak mendapat solusi dan kebingungan.

              Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

              Terkait dengan pertanyaan diatas, yang perlu Sahabat Garasi ketahui adalah sebenarnya oli mesin bisa bertahan cukup lama yakni 10 ribu km atau lebih. Akan tetapi dengan pemakaian di jalan yang tidak macet dan bukan track-track berat, namun jika kendaraan Sahabat sering dipakai di perkotaan yang macet atau jalanan offroad yang lumayan berat maka patokan 10 ribu km tersebut menjadi berubah atau bisa jadi berkurang dari 10 ribu km. 

              Pada jalanan macet misalnya, di jakarta jarak tempuh 10 km bisa memakan waktu 2 jam perjalanan, nah selama 2 jam perjalanan tersebut mesin terus hidup dan berputar yang otomatis mengurangi umur pakai dari oli. Sementara di jalanan yang sepi dan landai, 2 jam perjalanan bisa menempuh jarak sampai 150 km dengan kecepatan 70-80 km/jam. Nah dari sini terlihat bahwa odometer 10 km tersebut ternyata menipu, sebenarnya mesin telah berputar setara sejauh 100 km atau lebih. "hal ini yang dimaksud tergantung pemakaian". 

              Namun, untuk mobil yang menggunakan oli dengan kandungan campuran mineral lebih, sebaiknya mengganti oli mobil setiap 5.000 km. Tetapi jika Sahabat menggunakan oli dengan kandungan full sintetik, tidak masalah jika menggantinya setiap 10.000 km. Namun untuk mengetahui dengan pasti apakah sudah saatnya ganti oli mobil atau belum, Sahabat bisa memperhatikan 6 tanda bahwa Sahabat harus ganti oli. Sebab oli mesin yang terlambat diganti dapat mengakibatkan kerusakan pada mesin mobil dan menurunkan performa mesin kendaraan. Kamu juga bisa membaca 7 Mitos dan Fakta Seputar Oli Kendaraan.

              6 Tanda Sahabat Harus Ganti Oli

              Berikut adalah 6 tanda yang bisa Sahabat jadikan patokan dalam menentukan kapan harus mengganti oli mesin mobil.

              Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

              1. Perubahan Warna Oli

              Perubahan warna oli dapat menentukan apakah Sahabat sudah harus ganti oli atau belum. Jadi tidak ada salahnya jika Sahabat sering memeriksa warna oli mobil. Sebab oli mobil yang sudah menghitam dan encer artinya oli mobil Sahabat perlu diganti secepatnya.

              2. Mesin Mobil Terasa Kasar

              Hal lain yang bisa jadi pertanda bahwa oli mobil Sahabat harus segera diganti adalah dari mesin mobil yang terasa kasar. Jika Sahabat merasa cara jalan mesin lebih kasar dari biasanya, atau tidak semulus semula, maka itu pertanda bahwa sudah saatnya Sahabat ganti oli mobil. Perbedaan getaran mesin ini akan terasa sesaat setelah Sahabat mengganti oli mesin.

              3. Perhatikan Jarak Tempuh Mobil Sahabat

              Selain memeriksa warna oli, Sahabat juga bisa menentukan kapan saatnya ganti oli dari jarak tempuh mobil Sahabat, bukan dari seberapa lama Sahabat menggunakan mobil Sahabat. Semakin jauh jarak tempuh mobil Sahabat, maka semakin mempercepat kerja mesin yang pada akhirnya akan mempengaruhi oli. Sebaiknya Sahabat mengganti oli jika jarak tempuh mobil sudah mencapai 4.000-6.000 KM, dengan demikian mesin mobil Sahabat akan lebih terawat.

              4. Cek Kartu Pengingat Ganti Oli

              Biasanya setelah Sahabat mengganti oli mobil, bengkel akan memberikan kartu jadwal pengingat ganti oli yang bisa dijadikan sebagai patokan kapan waktu ganti oli. Pada umumnya bengkel akan menyarankan penggantian oli mesin setiap 5.000 KM. Namun sebenarnya ada beberapa faktor yang bisa membuat masa penggantian oli lebih lama, yakni kendaraan generasi baru dan oli mesin yang berkualitas.

              5. Peringatan Mobil untuk Ganti Oli

              Pada mobil keluaran terbaru ada tanda peringatan mobil untuk ganti oli yang biasanya terletak di dekat stir mobil. Tanda ini akan menyala jika dirasakan tekanan oli dalam mesin mobil sudah terlalu rendah. Sahabat harus memperhatikan tanda peringatan oli ini, karena jika diabaikan maka mesin mobil akan mati. Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya kerusakan mesin akibat terlewatnya masa penggantian oli yang terlalu lama.

              Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

              6. Cek Tongkat Pengukur Oli Mesin

              Sebelum memeriksa tongkat pengukur oli, pastikan dulu mesin mobil Sahabat dalam keadaan dingin. Kemudian buka kap mobil, di sana Sahabat akan menemukan tongkat celup yang terhubung ke tangki oli. Alat ini akan memberi tahu berapa banyak oli yang masih tersedia di dalam tangki. Jika batas oli tidak sesuai dengan standar, sebaiknya Sahabat segera mengisi ulang oli tersebut.

              Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

              Dengan berpacu pada enam hal di atas, sekarang Sahabat sudah tahu kan kapan harus mengganti oli mobil agar merasakan kenyamanan dan kebebasan saat berkendara. Dan perlu diingat juga nih Sahabat, meski kondisi ditengah wabah seperti sekarang ini, bukan menjadi alasan kalau kamu tidak merawat mobil kamu apalagi soal ganti oli. 

              Selama #DiRumahAja, untuk perawatan mobil khususnya ganti oli. Sahabat bisa nih percayakan Garasi.id sebagai #SolusiPuas, karena Garasi.id punya layanan Home Service yang sudah bekerjasama dengan para partner ternama seperti halnya Mobil Lubricants untuk urusan ganti oli mobil. Kebetulan juga Garasi.id lagi ada promo Gaspol Roadtrip, jadi buat Sahabat yang ingin ganti oli mobil bisa nih ikutan promo ini. Cuma bayar 600 ribu, berapapun cc mobil kamu bisa langsung ganti oli dari Mobil Lubricants.

              Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

              Apa itu Home Service

              Home service adalah sebuah jasa yang diberikan langsung ke pelanggan tanpa harus datang ke bengkel. Jasa yang diberikan saat Home Service memiliki standar yang sama baiknya seperti di bengkel tanpa ada yang dikurangi sedikit pun. Sehingga apa yang kamu dapatkan di rumah sama baiknya dengan apa yang kamu dapatkan ketika mengunjungi bengkel.

              Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

              Pembayaran tanpa uang tunai

              Yang nggak kalah penting nih Sahabat. Tidak hanya dimudahkan soal perawatan dan pengecekan mobil kesayangan, Garasi.id juga tidak tanggung-tanggung dalam memberikan pelayanan. Karena uang tunai bisa menjadi sarang virus corona, untuk pengecekan dan perawatan mobil yang akan kamu lakukan. Kamu bisa melakukan pembayaran dengan cashless melalui virtual account atau kartu kredit di Garasi.id.

              Ini Patokan Pasti yang Harus Kamu Tahu Saat Ingin Ganti Oli Mobil

              Selain ganti oli, masih banyak lagi jenis jasa dan service di layanan Home Service Garasi.id. Semua kami lakukan demi kenyamanan pelanggan kami. Agar Garasi.id selalu bisa menjadi  #SolusiPuas untuk semua kebutuhan mobil kesayangan kamu. Untuk info lebih lanjut kamu bisa hubungi [email protected] atau 0817-0250-888 pada hari Senin-Sabtu di jam kerja 08:00 - 17:00 WIB.

              Foto : Garasi.id

              Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
              Terakhir diupdate: 02 Mei 2021 | 16:00 WIB
              Bagikan

              Kata kunci pencarian

              homeservicegarasiiddirumahajainteriormobileksteriormobilcovid19indonesiagantiolimobilsolusipuas
              Kontak email [email protected]
              Nomor WA 081522550888
              Logo Garasi.id
              Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
              All Rights Reserved
              Member Of 
              Blibli
               Family