Lakukan rotasi ban agar pergorma mobilmu tetap optimal
Spooring dan Balancing juga berguna untuk menjaga velg tetap awet

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Spooring dan Balancing

17 Jun 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN

Salah satu komponen pada mobil yang mendukung Sahabat ketika berkendara adalah kaki-kaki. Oleh karena itu, perawatan intensif pada bagian ini sangatlah penting, dan harus dilakukan secara berkala atau rutin. Spooring dan balancing merupakan salah satu bagian dari perawatan rutin yang harus dilakukan pada mobil agar laju mobil tetap lurus. 

Agar Sahabat terhindar dari peristiwa yang tidak mengenakkan, ada baiknya kamu melakukan spooring terhadap mobil yang sering kamu gunakan. 

Lalu sebenarnya kapan sih waktu yang tepat untuk melakukan spooring dan balancing terhadap roda mobil kita? Waktu yang dianjurkan untuk melakukan spooring dan balancing adalah ketika mobil sudah menempuh jarak sekitar 20.000 kilometer. Namun, jika Sahabat sering melewati jalan berlubang, dianjurkan untuk lebih cepat melakukan spooring atau sekitar 10.000 kilometer. 

Kegiatan spooring adalah proses meluruskan kembali kedudukan empat roda mobil seperti awal. Biasanya dua roda bagian depan yang akan diluruskan dan diatur sesuai dengan setelan pabrikan (factory setting). Penyetelan roda depan itu sendiri meliputi penyetelan sudut-sudut camber, caster, toe (toe-in/toe-out) dan sudut radius putar. 

Setelah melakukan proses spooring, Sahabat sudah dipastikan melanjutkan ke tahap proses balancing. 

Waktu yang Tepat untuk Melakukan Spooring dan Balancing


Balancing sendiri merupakan proses untuk menjaga keseimbangan roda menggunakan wheel balancer. Alat tersebut akan menentukan titik berat pada roda, serta besaran beban yang harus diberikan besi balancer pada roda agar kembali seimbang. Biasanya Sahabat akan menemukan beberapa buah timah / besi balancer yang menempel di bagian dalam velg mobil.

Sudah pasti mobil yang melakukan spooring akan dilanjutkan dengan proses balancing agar hasil yang didapat maksimal.  


Pasti Sahabat bingung kenapa mobil kamu harus selalu di spooring balancing? Ko bisa sih mobil Sahabat yang tadinya normal tiba-tiba harus di spooring dan balancing ? Nah mungkin beberapa perilaku di bawah ini Sahabat lakukan sehingga menyebabkan keempat roda mobil kamu tidak sinkron dan perlu dibawa ke bengkel untuk spooring dan balancing. 


Pemasangan rotasi ban yang tidak seharusnya. Rotasi ban harus dilakukan secara benar dan teratur untuk memberikan keausan yang merata di seluruh ban. Selain itu mobil yang melakukan rotasi ban dengan benar akan terhindar dari getaran yang diakibatkan oleh velg yang penyok akibat tingkat keausan ban yang berbeda.


Ketika Sahabat akan mengganti ban, pasanglah ban searah dengan rotasi dan berikan tekanan angin yang sesuai dengan ukuran tekanan angin yang diperbolehkan. 

Jangan mengganti ban mobil kamu dengan ban bekas walaupun ban bekas masih dalam kondisi yang bagus karena akan sangat beresiko saat kamu berkendara. 

Upayakan mengganti ban menggunakan ukuran yang sama pada ke mpat rodanya, karena jika salah dalam mengganti ban membuat mobil memiliki daya tarik berlebih di salah satu bagiannya. Hal itu bisa menyebabkan keausan ban yang tidak merata, merusak bagian bawah mobil, dan velg yang penyok.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 17 Jun 2019 | 21:00 WIB
BAGIKAN