Garasi.id
Kemanan mobil

Waspada Pencurian Di Parkiran Mall, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

16 Jan 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN

Di lokasi parkiran tertutup seperti parkiran mall belum tentu menjamin kendaraan bebas dari tangan-tangan pelaku kriminal. Contohnya seperti yang dialami Bonita Rachel. Ia kehilangan 2 buah laptop MacBook, setelah Honda Jazz miliknya dibobol di parkiran mall Kemang Village, Jakarta Selatan, pada hari Kamis (10/1/2019).

Lalu bagaimana cara memarkir mobil di mall supaya aman dari tindak pencurian? Dijelaskan Instruktur dan Founder Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) Jusri Pulubuhu, yang pertama kali perlu dilakukan adalah memerhatikan lokasi parkir.

Waspada Pencurian Di Parkiran Mall, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Baca juga: 8 Fitur Keselamatan 'Wajib' Yang Harus Ada di Setiap Mobil

"Parkirlah di tempat-tempat yang gampang terlihat orang. Kalau di mall, parkir mobil di dekat spot CCTV dan dekat jangkauan pihak security," kata Jusri melansir dari laman DetikOTO, beberapa lalu.

Selain itu, menurut Jusri pemilik mobil juga harus memarkirkan kendaraannya di lokasi yang ramai. "Walaupun nantinya harus ke lantai berapa, akhirnya cara demikian akan lebih efektif untuk melakukan tindakan preventif daripada sekadar parkir di area yang kosong dan jauh dari perhatian," terang pria ramah ini.

Tindakan pencegahan lain yang bisa dilakukan pemilik mobil adalah dengan memastikan tidak meninggalkan barang harga seperti dompet, laptop, atau gadget di atas jok mobil.

"Kalau akhirnya harus meninggalkan barang di mobil, misalnya laptop, maka barang-barang tersebut harus taruh di tempat-tempat yang tidak terlihat dari luar. Seperti di bagasi atau memanfaatkan ruang di bawah jok. Persiapan menaruh barang ini jangan di lokasi parkirnya, karena bisa saja si pelaku sudah monitoring dari jauh," lanjut Jusri.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 16 Jan 2019 | 20:00 WIB
BAGIKAN