Parfum mobil alami
Parfum mobil alami

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

14 Okt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN

Memilih pengharum mobil yang bagus adalah hal yang wajib kamu lakukan lho Sahabat. Bau yang dikeluarkan oleh pengharum mobil dapat membuat kita rileks selama perjalanan. Menurut beberapa studi, pemilihan pengharum mobil yang sesuai selera pengemudi bisa meningkatkan konsentrasi dan mengurangi risiko kecelakaan.

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Bagi masyarakat yang rutin menggunakan mobil pribadi dalam menunjang aktivitas sehari-hari, sangat dianjurkan memperhatikan kenyamanan mobil, salah satunya adalah soal memilih pengharum mobil yang bagus dan tahan lama.  Menjadikan kabin mobil tetap wangi diperlukan beberapa tips supaya wangi yang dihasilkan maksimal dan tidak membuat pusing atau mual.

Gejala-gejala seperti pusing dan mual adalah gejala yang mengindikasikan bahwa pengharum mobil yang ada di mobil tersebut tidak cocok dengan kamu Sahabat. Lantas, bagaimana contoh pengharum mobil yang bagus dan tahan lama ? Mari simak beberapa penempatan yang benar dan kriteria parfum mobil yang bagus dan tahan lama agar kamu selalu merasa rileks selama di perjalanan. 

Memilih jenis parfum mobil yang bagus dan pas

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Memilih pengharum mobil yang bagus dan pas adalah hal yang wajib kamu lakukan. Pilihlah pengharum mobil yang membuat Sahabat merasa rileks, namun jangan memilih wangi pengharum mobil yang terlalu menyengat. Mungkin Sahabat bisa memilih pengharum yang memberikan bau wangi yang alami seperti teh, kopi dan lainnya.

Hindari pengharum mobil yang berbau tajam

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Beberapa orang mungkin beranggapan dengan memilih jenis pengharum mobil dengan bau yang cukup menyengat akan memberikan efek yang tahan lama. Namun semua itu salah. Menggunakan pengharum mobil yang berbau tajam justru akan membuat penumpang merasa mual dan pusing akibat terlalu banyak menghirup bau yang terlalu wangi di dalam kabin mobil. Oleh karena itu agar orang di dalam kabin tidak merasa mual dan pusing, pilihlah pengharum mobil yang tidak berbau tajam.

Letakkan pengharum mobil di tempat yang pas

Penempatan pengharum mobil yang tepat adalah di tempat yang mengeluarkan bau menyengat. Kebanyakan orang meletakkan pengharum mobilnya di bagian depan seperti pada ventilasi AC. Namun tempat tersebut ternyata tidak efektif dan salah lho Sahabat. Pertama, memang benar jika pengharum mobil diletakkan di ventilasi AC akan memberikan efek wangi di seluruh kabin, namun itu dapat membuat filter AC cepat kotor. Selain itu, pengharum mobil akan cepat kering dan berumur pendek jika diletakkan di ventilasi AC. 

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Jadi, tempat yang cocok untuk pengharum mobil yang bagus dan tahan lama di dalam kabin mobil adalah di atas dashboard dan di sudut" mobil seperti di bagian bagasi belakang dan kolong kursi depan mobil. Ingat juga Sahabat, penempatan ini sangat cocok untuk pengharum mobil non-fluida atau bukan pengharum mobil cair. 

Pengharum mobil cair atau liquid

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Sekarang banyak pengharum mobil yang bagus dan tahan lama dalam bentuk cair atau liquid. Nah jika memang lebih suka dengan pengharum dengan bentuk seperti ini, kamu boleh meletakkannya di dekat kisi-kisi AC mobil. Ingat dekat ya bukan menempel di kisi-kisi (ventilasi) AC. Hal ini akan memberikan wangi yang lebih enak ketimbang diletakkan di atas dashboard.

Pengharum mobil jenis semprot

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Apabila pengharum kabin mobil menggunakan jenis semprot (spray) maka cukup dengan menyemprotkannya hanya pada bagian sudut dan jok saja. Yang dimana wangi jenis ini memiliki bau yang awet dan cara tersebut terbilang cukup ampuh.

Hindari pengharum berbentuk gel

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Sahabat pasti pernah melihat atau membeli pengharum mobil yang berbentuk gel bukan? Nah, jika Sahabat memilih pengharum mobil yang berbentuk gel sebaiknya jauhkan dari kisi-kisi AC. Kenapa? Karena pengharum mobil yang berbentuk gel memiliki kandungan silikon yang bisa membuat bekas kuning saat terkena sinar matahari. Jika diletakkan di kisi-kisi AC bisa menyebabkan kerak dan juga bau apek.

Gunakan parfum mobil seperlunya

Parfum mobil tidak boleh digunakan secara terus menerus. Jika kabin mobil sudah dirasa wangi dan segar kembali, jangan menambahkannya lagi supaya tidak muncul bau wangi yang berlebihan.

Memberi sirkulasi udara pada kabin mobil

Langkah terakhir agar kabin mobil kamu tetap wangi adalah dengan memberikan sirkulasi udara. Caranya pun cukup mudah yakni dengan membuka jendela atau pintu mobil. Hal itu berfungsi agar udara yang kotor dan apek di dalam mobil digantikan dengan udara baru yang segar dari luar kabin. Sehingga bau tidak sedap tidak timbul di dalam kabin mobil.

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Nah itulah tips bagaimana memilih pengharum mobil yang bagus dan tahan lama serta penempatannya yang baik dan benar. Tapi tahukah kalian, ada bahan-bahan alami yang biasa dijadikan pengharum mobil yang bagus dan tahan lama? Kamu bisa mendapatkan pengharum alami dari supermarket bahan pokok atau di dapur rumah kalian lho. 

Seperti dilansir Best Present Guide, bau wangi mempengaruhi keadaan psikologis seseorang, akan tetapi penggunaan wangi-wangian berupa parfum sintetis juga memiliki akibat yang kurang baik untuk kesehatan jika digunakan dalam waktu yang lama.

Penasaran bukan? Mari simak pengharum mobil yang bagus dan tahan lama yang bisa kamu dapatkan dengan harga kisaran belasan ribu rupiah saja. 

Pengaharum mobil berbahan alami

Bunga melati 

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Bunga berwarna putih yang memiliki bau khas ini bisa dijadikan pengganti pengharum mobil yang bagus dan tahan lama. Untuk mendapatkannya juga cukup mudah dengan rentang harga yang murah. Bau dari bunga melati sendiri berfungsi sebagai aromaterapi yang sangat efektif mengobati saraf, apatis, kecemasan, dan gangguan saraf sehingga Sahabat menjadi lebih rileks dalam berkendara.

Daun Pandan

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Irisan daun pandan juga dapat dijadikan pengharum mobil yang bagus dan tahan lama untuk menghilangkan bau tak sedap . Selain alami, bahan tersebut dapat menghindarkan kamu dari pemakaian pewangi sintetis kimiawi yang dapat merusak paru-paru loh. Tak hanya faktor kesehatan, kantong Sahabat juga tidak terkuras habis hanya untuk mengganti parfum mobil yang sudah habis. Aplikasinya, cukup ambil 20 helai dan letakkan di bawah jok dan mampu bertahan 2 minggu.

Sereh

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Daun sereh, mengandung minyak atsiri yang bermanfaat memperkuat dan meningkatkan fungsi saraf. Semakin kuat oksidasi oleh udara, semakin menyengat pula bau yang dikeluarkannya. Sahabat cukup ambil 20-25 tangkai daun sereh dan patahkan, simpan di bawah atau di cup holder. Sereh disebut-sebut sangat ampuh menjadi pengharum mobil yang bagus dan tahan lama dan tentunya memiliki khasiat yang baik pula.

Kenanga

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Serupa seperti daun sereh, bunga kenanga juga bisa dijadikan pengharum mobil yang bagus dan tahan lama. Bunga kenanga memiliki minyak atsiri yang mengeluarkan bau wangi sebagai insektisida alami. Selain kabin mobil kamu bebas dari serangga, bau dari bunga kenanga ini juga menyegarkan loh. Tapi jangan pilih bunga kenanga yang masih berwarna hijau, pilih yang sudah berwarna kuning agar bau yang dikeluarkan maksimal.

Kopi Bubuk/Biji Kopi

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Siapa disini yang tidak suka aroma atau minum kopi. Bau dari kopi baik itu bubuk atau biji kopi sangat bermanfaat untuk menetralisir bau yang tidak sedap lho. Untuk hasil yang maksimal, lebih baik kamu menggunakan biji kopi yang diletakkan ke dalam wadah yang sudah dilubangi tutupnya. Tetapi jika kamu tidak memiliki biji kopi, menggunakan kopi hitam 2rb-an di warung sudah cukup hanya wangi yang ditimbulkan tidak akan bertahan lama.

Wow! 5 Bahan Alami Ini Ampuh Sebagai Pengharum Mobil

Banyak yang menjadikan biji kopi sebagai pengharum mobil yang bagus dan tahan lama. Bahkan sekarang ada salah satu produsen yang mengeluarkan parfum dengan aroma biji kopi.

Nah bagaimana Sahabat, itulah beberapa bahan alami yang bisa dijadikan pengharum mobil yang bagus dan tahan lama. Daripada kamu harus repot untuk membeli pengharum mobil ke supermarket terdekat, lebih baik manfaatkan bahan-bahan alami saja. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 14 Okt 2019 | 17:01 WIB
BAGIKAN