Nissan Skyline GTR
Nissan Skyline GTR

Nissan Skyline GTR Mendapat Julukan 'Godzilla', Begini Sejarahnya

11 Apr 2021 | 11:00 WIB

Siapa disini yang tidak kenal dengan Nissan Skyline GTR (Gran Turismo Racer), mobil sport asal Jepang yang mampu menaklukan raksasa mobil supercar asal Eropa seperti Ferrari, Lamborghini, Porsche, BMW dan lainnya. Mobil dengan julukan Godzilla tersebut merupakan salah satu ikon mobil Jepang yang mempunyai sejarah yang sangat panjang. Namun kali ini Garasi.id akan membahas kenapa mobil Nissan Skyline GTR mendapat julukan Godzilla. 

Nissan GTR, Si Raja Monster ‘Godzilla’

Pada tahun 1989, Australia adalah negara pertama yang mengimpor Nissan Skyline GTR dari Jepang. Model Nissan Skyline GTR yang masuk saat itu adalah Nissan Skyline GTR dengan kode bodi R32. Nissan Skyline GTR R32 menggunakan mesin dengan kode RB26DETT dengan kapasitas 2.600 cc, twin-turbo, 6 silinder segaris.

Nissan GTR, Si Raja Monster ‘Godzilla’

Tenaga yang mampu dikeluarkan oleh mesin RB26DETT bukan main-main lho Sahabat, mesin tersebut mampu menghasilkan tenaga sebesar 276 tenaga kuda dengan torsi hingga 361 Nm, sebuah mesin buas pada saat itu. Dikarenakan mesin Nissan Skyline GTR mampu mengeluarkan tenaga yang sangat besar, mobil itu dibekali dengan sistem penggerak 4 roda atau biasa disebut All Wheel Drive (AWD). 

Untuk pertama kalinya, dibawah komando Hiroshi Tamura selaku ‘Ayah’ dari Nissan Skyline GTR R32, mobil tersebut berhasil menjuarai ajang balapan dunia Australian Touring Car Championship untuk pertama kalinya setelah di ekspor ke Australia. Saat itu, Nissan Skyline GTR R32 berhasil menyingkirkan pemegang juara bertahan ajang balap tersebut yakni Ford Sierra Cosworth. Tidak berhenti disitu saja, R32 juga berhasil mendominasi ajang balap seperti Bathurst Classic pada tahun 1991 dan 1992. 

Nissan GTR, Si Raja Monster ‘Godzilla’

Dari tahun 1989 hingga 1993, Nissan Skyline GTR R32 berhasil memenangkan 29 dari 29 balapan yang menjadikannya ‘Raja’ di semua ajang balap pada era tersebut. Bahkan pihak JTCC (Japan Touring Car Competition) harus mengkaji ulang pembagian grup pada saat itu dikarenakan kemampuan Nissan Skyline GTR R32 yang bisa disamakan dengan Audi Quattro, mobil balap ajang reli grup B.

WOW! Harley Quinn Pernah Mengendarai Nissan Formula E


Tak hanya piawai berakting sebagai Harley Quinn di Suicide Squad, ternyata Margot Robbie piawai saat mengendarai mobil Nissan formula E.

Berlanjut dari tahun 1991 hingga 1997, Nissan Skyline R32 berhasil merajai N1 Super Taikyu dengan jumlah kemenangan sebanyak 50 kali dari 50 seri lomba yang diadakan. Berkat kemenangan dan dominasi di seluruh ajang balap dunia dari tahun 1989 hingga 1997, Nissan Skyline GTR diberi nama Godzilla. Namun lucunya, nama Godzilla tersebut terlahir bukan dari sang pembuatnya, justru pada saat itu orang Jepang menjuluki ‘Obakemono’ yang memiliki arti ‘monster pemindah bentuk’.

Nissan GTR, Si Raja Monster ‘Godzilla’

Julukan Godzilla sendiri lahir dari majalah otomotif asal Australia, Wheels edisi bulan Juli 1989. Kala itu majalah Wheels tidak mau menggunakan julukan ‘Obakemono’ pada cover majalahnya. Julukan ‘Obakemono’ diubah menjadi ‘Godzilla’, dengan menulis,"Skyline Supercar! Nissan New Godzilla on wheels aim to slay the Sierra. And it’s here soon." Sejak saat itulah, Nissan Skyline GTR sangat erat dengan sebutan Godzilla, bahkan hingga model Nissan GT-R R35.

Nissan GTR, Si Raja Monster ‘Godzilla’

Foto: Internet

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Apr 2021 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

sejarahnissannissangtrgtrr32r33r34r35nissangtrgtrnismo
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family