Pengecekan mobil
Pengecekan mobil

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

10 Nov 2020 | 10:01 WIB

Hari Natal merupakan salah salah satu momen dan kesempatan di mana banyak orang, terutama yang memeluk agama Kristen merayakan hari besar agamanya. Berbagai macam persiapan biasanya dibuat menjelang hari Natal dan setelahnya.

Salah satu persiapan itu adalah persiapan untuk berkumpul bersama sanak saudara. Baik itu di dalam kota hingga lintas pulau. Persiapan demi persiapan pun tidak boleh luput dari pantauan, termasuk beberapa pengecekan mobil yang sangat penting.

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Buat kamu yang berencana bawa mobil untuk menempuh perjalanan jauh, misalnya untuk berkumpul bersama keluarga atau traveling ke tempat wisata, ada info penting, nih.

Selain persiapan fisik (bagi yang menyetir), kamu juga wajib melakukan pengecekan mobil di beberapa bagian.Nah berikut 15 hal penting yang harus kamu cek sebelum kamu melakukan perjalanan jauh.

Air Radiator

Pengecekan mobil yang pertama adalah di bagian air radiator. Pastikan air radiator mobil dalam kondisi penuh dan air reservoir sampai batas level, nggak perlu terlalu penuh. Periksa juga kondisi selang radiator dan selang penghubung ke reservoir.

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Jika ketika kamu menemukan selang yang menggelembung atau retak ketika melakukan pengecekan mobil, segera ganti untuk menghindari selang pecah di tengah jalan. Pastikan juga sambungan selang ke mesin dan ke radiator cukup kencang dan tidak bocor.

Kondisi Filter dan Selang Bensin

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Pengecekan mobil yang kedua adalah di bagian selang bahan bakar. Pastikan selang bahan bakar nggak mengalami keretakan atau kebocoran. Selain itu pastikan juga filter bensin tidak tersumbat. Nah, khusus buat kamu yang rutin melakukan servis berkala kendaraan, biasanya filter bensin dalam kondisi bersih. Tapi, nggak ada salahnya tetap dicek, tuh.

Oli Mesin

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Pengecekan mobil yang ketiga adalah di bagian oli mesin. Pastikan oli mesin memiliki volume yang cukup. Cara mengecek volume oli mesin adalah, dengan memeriksa level pada stik oli.

Level oli harus berada di garis antara tanda L dan F, serta seharusnya sedikit di bawah garis level F. Jika kurang, atau sudah kotor, alangkah baiknya Sahabat membawa mobil kamu ke tempat servis untuk dilakukan perawatan penggantian oli.

Putaran kipas pendingin atau AC

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Komponen ini seringkali dilewatkan ketika melakukan pengecekan mobil, ya kipas pendinginan. Untuk tahu apakah pendinginan mesin mobil oleh kipas mesin berjalan normal adalah, perhatikan jarum pointer penunjuk temperatur.

Jika melebihi garis tengah berarti mesin cukup panas namun masih aman. Tapi kalau lebih dari setengah sebaiknya berhenti dan tunggu sampai mesin mobil dingin lalu periksa kondisi air pendingin dan kipas.

Timing Belt

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Pengecekan mobil selanjutnya adalah di bagian timing belt. Penggantian timing belt berpatokan pada indikator jarak tempuh kilometer pada speedometer. Jika timing belt telah digunakan sejauh 50.000 km, sebaiknya segera ganti dengan yang baru meskipun belum terdapat kerusakan.

Rem

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Sahabat sudah tahu bukan kalo pengecekan mobil di bagian pengereman sangatlah penting. Fitur keselamatan utama pada mobil sebenarnya bukan airbags atau fitur canggih lainnya lho, melainkan rem.

Oleh karena itu selalu periksa level minyak rem. Jika berkurang dari batas level minimal, maka perlu dicurigai kemungkinan adanya kebocoran. Periksa sistem rem apakah terlihat ada kebocoran pada selang, dan master rem. 

Baterai

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Baterai mobil atau aki adalah sumber tenaga utama untuk menyalakan kelistrikan pada mobil. Pengecekan mobil di bagian ini bisa dengan memeriksa baut kutub aki dan bersihkan kutub aki dari kotoran atau kerak yang menempel.

Hal tersebut berguna untuk menghilangkan hambatan dan mencegah korsleting pada sistem kelistrikan mobil kamu. Periksa pula level air aki. Jika kurang, tinggal tambahkan dengan air aki murni. Tapi ingat, hindari mengisi air aki dengan air zuur (H2S04) agar kualitas aki mobil tetap terjaga.

Saringan Udara

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Pengecekan mobil selanjutnya adalah di bagian air filter atau saringan udara. Komponen ini berfungsi untuk memberikan udara yang bersih untuk disemprotkan di ruang pembakaran. Oleh karena itu sebaiknya dibersihkan sebelum menempuh perjalanan jauh. Pemakaian air filter berpatokan pada jarak tempuh yaitu sekitar 10.000 km.

Ban

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Hayo siapa yang selalu lupa untuk melakukan pengecekan mobil di bagian ban. Ingat Sahabat, ban memiliki peran penting dan krusial. Jika tidak dilakukan pengecekan bisa membahayakan kamu dan orang yang ada di dalam mobil.

Oleh karena itu selalu jaga kondisi ban mobil kamu dengan mengecek tekanan, melihat kondisi ban apakah masih layak jalan atau tidak dan melakukan spooring dan balancing.

Lampu

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Pengecekan mobil selanjutnya adalah memastikan kondisi lampu mobil berfungsi dengan baik. Bila ada lampu yang mati, sebaiknya segera diganti. Periksa lampu utama mobil, lampu mundur, lampu rem dan tentunya lampu berbelok. 

Wipper

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Pengecekan mobil di bagian eksterior terakhir adalah memastikan wiper berfungsi dengan baik. Ini sangat berguna sekali bila berkendara di musim hujan. Pastikan wiper kaca mobil dapat berfungsi dengan normal. Bila masih merasa ragu dengan cara pemeriksaan yang benar, sebaiknya bawalah mobil ke bengkel resmi atau bengkel otomotif langganan

Pengecekan AC mobil

Pengecekan mobil yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan mesin pendingin mobil atau AC berfungsi dengan baik. Sekali lagi, liburan akhir tahun memang memasuki periode musim hujan, tapi bukan berarti mesin pendingin mobil menjadi komponen mobil yang tidak penting sepanjang liburan kamu.

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Berjaga-jagalah apabila kamu akan terjebak dalam kemacetan panjang, dan kebetulan cuaca sedang panas-panasnya. Tentu kamu tidak mau kepanasan karena lupa melakukan pengecekan mobil di bagian AC bukan?

Kotak P3K

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Nah selain pengecekan mobil ada lagi yang harus kamu cek yakni kelengkapan kotak keselamatan di dalam mobil. Mungkin kamu merasa kotak emergency kit selalu tersedia di dalam mobil sejak kamu membeli mobil.

Namun, tidak lantas kamu tidak memeriksanya. Kotak emergency kit penting untuk dimiliki ketika kamu melakukan perjalanan jarak jauh karena kamu tidak tahu apa yang akan terjadi di tengah jalan. 

Periksa kelengkapan dongkrak mobil

15 Pengecekan Mobil Sebelum Pergi Berlibur di Akhir Tahun

Jangan bepergian jauh tanpa dongkrak dalam bagasi mobil. Ini adalah salah pengecekan mobil yang tidak boleh luput dari pengawasan. Alasannya, kamu tidak pernah tahu keadaan darurat apa yang akan terjadi di tengah perjalanan.

Apakah ban mobil kempes karena bocor atau meletus yang mengharuskan kamu untuk segera menggantinya dengan ban mobil cadangan.

Perawatan Mobil di Garasi.id

Seluruh pengecekan mobil tersebut bisa kamu dapatkan di Garasi.id lho Sahabat. Apalagi di akhir tahun biasanya banyak yang merencakan untuk pergi berlibur jadi Sahabat harus mempersiapkan mobil yang kamu miliki dengan baik. Mulai dari persiapan kondisi mesin mobil, ban, kebersihan interior agar semakin nyaman dan tentunya eksterior agar tampilan mobilmu tetap optimal.

Selain itu, buat Sahabat yang ingin membeli mobil untuk berlibur atau kebutuhan hari-hari, Sahabat bisa cari di Garasi.id. Karena di Garasi.id Sahabat bisa membeli Mobil Pilihan dengan Kredit Kilat dan dapatkan DP hanya 25%, pada saat promo #RayakanPerjuangan periode waktu 1 Oktober - 15 November 2020. Tidak hanya DP 25%, pada promo #RayakanPerjuangan ini Sahabat juga bisa mendapatkan benefit lainnya seperti gratis Voucher Fogging dan juga Proteksi Kemerdekaan dari BCAinsurance.

4 Pilihan Mobil Keluarga Yang Harganya Pas Di Kantong

Mobil Pilihan

Mencari mobil bekas berkualitas memang membutuhkan waktu yang tidak sebentar apalagi itu dilakukan seorang diri. Dengan adanya Mobil Pilihan Garasi.id pastinya akan membantu kamu untuk menghemat waktu. Karena Mobil Pilihan Garasi.id adalah koleksi mobil yang mempunyai kualitas terbaik seperti halnya usia mobil muda, kilometer rendah, Inspeksi menyeluruh, dan juga bebas banjir dan bebas tabrakan. 

Kredit Kilat

Dengan fitur ini kamu bisa mengajukan pembiayaan kredit mobil lebih mudah. Hebatnya lagi, kamu hanya memerlukan waktu kurang dari 2 menit untuk bisa mengetahui kredit kamu memenuhi kriteria atau tidak. Dengan keunggulan tersebut, Garasi.id menjadi satu-satunya marketplace jual beli mobil bekas yang berani memberikan kredit mobil tercepat.

Bagaimana Sahabat, tenang dan mudah bukan membeli mobil bekas di Garasi.id. Tunggu apalagi, segera temukan mobil idaman kamu di Garasi.id melalui promo Rayakan Perjuangan dan dapatkan mobil bekas berkualitas dengan DP 25%. Untuk informasi lebih lanjut Sahabat juga bisa hubungi Officer Garasi.id atau Chat WA langsung di +62-817-0250-888 atau email di [email protected].

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 10 Nov 2020 | 10:01 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

pengecekanmobilmobilpersiapanliburangarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family