Garasi.id
Trade In Mobil

4 Tips Menentukan Harga Mobil Bekas

16 Apr 2021 | 11:40 WIB

Karena faktor depresiasi, semakin lama dibeli, harga mobil biasanya semakin turun. Ini merupakan hal yang wajar. Oleh karena itu, mobil bukan termasuk dalam kelompok investasi seperti halnya aset lain yang bernilai tinggi. Depresiasi bisa ditentukan oleh berbagai hal. Salah satunya adalah kualitas mobil yang semakin menurun.

4 Tips Menentukan Harga Mobil Bekas

Untuk itu, buat Sahabat yang berniat untuk menjual mobil, perhatikan dengan cermat faktor-faktor tersebut sehingga bisa menetapkan harga bekas mobil dengan tepat. Dengan harga yang tepat, Sahabat sebagai penjual tidak rugi demikian pula pihak pembeli. Nah, berikut beberapa tips untuk menentukan harga mobil bekas.

Pertimbangkan Minat Konsumen

Beberapa jenis mobil bekas sangat diminati oleh konsumen. Salah satu merek yang cukup fenomenal adalah Toyota Avanza. Penyebabnya bisa jadi karena jenis mobil ini sangat fungsional dan bisa digunakan untuk segala situasi. Selain itu, suku cadangnya pun mudah didapatkan dan harganya tidak terlalu mahal.

Berbeda dengan beberapa mobil bekas merek lain yang kurang begitu populer. Berdasarkan data dari Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), mobil buatan Korea menempati urutan ke-15 yang diminati masyarakat. Sementara itu, pada posisi pertama, ada produk Jepang seperti Toyota.

Semakin tinggi minat masyarakat terhadap sebuah mobil, harganya otomatis akan semakin tinggi pula. Sebaliknya, jika peminatnya kurang banyak, Sahabat tentu perlu lebih fleksibel dalam menentukan harga bekas mobil tersebut. Teorinya, untuk mobil-mobil yang masih diminati, rata-rata penurunan harga dari harga beli awal adalah sekitar 10 persen.

Cermati Kondisi Mobil

Pertimbangan kedua yang menentukan harga jual mobil bekas adalah kondisi mobil tersebut, terutama pada bagian mesin. Tahun pembelian mobil tidak selalu bisa menjadi acuan apakah mobil masih berkualitas prima atau tidak. Satu-satunya cara bagi calon pembeli adalah mengecek dengan cermat kondisi mobil sebelum membeli.

Nah, bagi Sahabat sebagai penjual, berlaku jujurlah tentang kondisi mobil yang ditawarkan. Jika memang ada bagian atau komponen yang perlu diperbaiki, berterus teranglah kepada calon pembeli kemudian sepakati harga yang dirasa paling cocok. Lain halnya jika Sahabat ingin terlebih dahulu memperbaikinya, pertimbangkan biaya tersebut pada harga jual mobil.

Secara umum, mobil yang berkualitas baik akan mengalami penurunan harga sebanyak 15 persen dari harga awal. Jika ternyata kualitasnya sudah tidak prima, wajar jika penurunan harga bisa lebih banyak lagi.

Terbukalah pada Negosiasi

Dalam bisnis jual beli mobil bekas, wajar jika terjadi proses tawar-menawar antara calon penjual dan calon pembeli. Calon pembeli tentu harus mempertimbangkan beberapa faktor yang dirasa merugikan atau menguntungkannya. Sebagai pihak penjual, Sahabat sebaiknya memberikan ruang untuk hal ini.

Negosiasi akan membuat kedua pihak semakin yakin dengan pilihannya. Jika ternyata calon pembeli merasa tidak puas dengan pilihan tersebut, ia berhak untuk meminta harga yang lebih rendah. Sebaliknya, jika penjual tidak menyepakati tawaran tersebut, ia bisa membatalkan penjualan.

Untuk itu, sebaiknya menawarkan mobil dengan rentang harga yang cukup longgar. Jadi, saat proses negosiasi berlangsung, pembeli masih bisa menawarnya.

Harga Kompetitor

Sahabat Garasi, meskipun sudah menentukan harga mobil, Sahabat tidak boleh terpatok pada angka itu saja. Lihatlah ke luar dan perhatikan harga yang ditawarkan kompetitor untuk mobil dengan merek yang sama. Kadang kala, dengan kualitas yang tidak jauh berbeda, calon pembeli lebih memilih untuk membeli mobil yang harganya lebih murah.

Menjual mobil bekas ternyata tidak semudah membalikkan telapak tangan. Untuk membantu proses jual beli ini, Sahabat bisa memanfaatkan Garasi.id, situs jual beli mobil bekas yang tepercaya. Di Garasi.id dari tanggal 5 April sampai dengan 31 Mei 2021 ada promo Ramadhan yang bertajuk GASPOL Roadtrip. Dalam promo ini Garasi.id bersama Blibli.com meluncurkan program Trade-in dimana konsumen yang ingin memiliki sebuah mobil baru bisa menjual mobil lamanya melalui Garasi.id.

4 Tips Menentukan Harga Mobil Bekas

Keuntungan Trade-in

Jika melakukan Trade-in di Garasi.id? Salah satunya adalah prosesnya yang cepat, bisa dilakukan dimanapun. Hanya cukup foto, dan menulis deskripsi lalu upload di Garasi.id. Bagaimana harga beli mobil bekas kalian? Tentunya kami akan melakukan penilaian terhadap mobil kamu. Jika memang masuk dengan kriteria kami, mobil kamu akan kami hargai dengan nilai yang pantas seperti di pasaran. Lalu kamu tinggal cari mobil baru yang sesuai dengan keinginan kamu. Jika semua tahapan dan proses tukar tambah mobil bekas sukses. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 16 Apr 2021 | 11:40 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tradeinmobiljualbelimobilonlinegarasiidbliblipromoramadhan2021
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family