Garasi.id
Cara berkendara aman

5 Cara Terhindar Dari Perampokkan Saat Berkendara

17 Jan 2019 | 18:13 WIB
BAGIKAN
Semakin hari semakin banyak saja ya kejahatan yang terjadi terhadap pengendara mobil, Sahabat Garasi. Kita sebut saja, mulai dari pencurian spion, pemecahan kaca saat mobil diparkir, hingga perampokkan yang berujung pada pembunuhan. Semua itu makin sering disiarkan oleh berbagai kantor berita di Indonesia.
5 Cara Terhindar Dari Perampokkan Saat Berkendara

Baca juga: Waspada Pencurian Di Parkiran Mall, Ini Yang Harus Kamu Lakukan

Nah maka dari itu supaya kita semua terhindar dari kejadian yang tidak kita inginkan saat kita berkendara, kami sudah siapkan 5 tips kece yang bisa Sahabat Garasi terapkan supaya terhindar dari perampokkan saat berkendara. Ini dia Sahabat Garasi:

1. Saat Parkir, Pilihlah Lokasi Yang Aman dan Terang
Penjahat sangat suka melakukan aksinya di tempat parkir. Mereka akan melihat satu per satu ke dalam interior mobil melalui kaca luar dan harap-harap cemas bertemu dengan barang berharga yang ditinggal oleh pemiliknya.

Nah, maka itu saat parkir pilihlah lokasi yang terang, mudah terlihat oleh penjaga parkir, atau sekalian saja parkirlah kendaraanmu di dekat pos jaga satpam supaya semakin aman. Kami rasa jika Sahabat Garasi melakukan hal demikian penjahat akan ogah mengerjain mobil kamu.

2. Saat lampu merah posisikan mobil pada tempat yang strategis
Berada pada barisan terdepan saat lampu merah meningkatkan visibilitas mobil kita di mata pengendara lain maupun polisi. Hal ini tentunya akan membuat penjahat enggan melakukan kejahatan terhadap kita karena resiko Ia tertangkap tentu akan lebih besar.

Namun jika kamu tidak kebagian barisan depan, dan ternyata kamu mengalami tindak kejahatan di lampu merah, bunyikan klakson mobil kamu sekeras mungkin agar pengendara lain dan petugas berwajib bisa membantu kamu.

3. Jangan meninggalkan barang berharga di dalam mobil
Ini yang paling penting. Barang berharga di dalam mobil adalah magnet bagi penjahat di tempat parkir. Bila hal itu terjadi, biasanya penjahat tidak akan segan untuk memecahkan kaca mobil Sahabat Garasi. Apalagi bila Sahabat Garasi tidak menggunakan kaca film dengan kegelapan yang cukup. Hasilnya? Kaca mobilnya hancur berantakkan dan barang berharga pun hilang.

Tapi jika kamu sedang dalam kondisi tidak bisa membawa barang-barang berharga dan kamu harus meninggalkannya, maka simpanlah barang tersebut di tempat yang tidak terlihat misalnya di dalam dashboard, kolong jok mobil, ataupun di bagasi mobil.

4. Gunakan kaca film dengan kegelapan yang cukup
Kaca film memainkan peranan penting untuk melindungi mobil kamu dari tindak kejahatan. Dengan tingkat kegelapan yang cukup, penjahat tentu tidak akan mampu melihat ke dalam mobil kamu dengan mudah. Ini tentunya akan mengurangi minat mereka untuk menjahati Sahabat.

Perlu diingat agar saat memilih kaca film, pastikan tingkat kegelapannya jangan sampai mengganggu kamu saat berkendara ya.

5. Hindari rute yang rawan kejahatan
Khususnya bagi para wanita, hindarilah rute-rute yang rawan kejahatan. Memang mungkin jalan tersebut akan membuat kamu lebih cepat sampai di rumah, namun jika kamu harus melewatinya di malam hari saran kami adalah lebih baik ambil jalan yang agak jauh namun aman daripada mengambil jalan yang lebih singkat namun tidak selamat. Ingat ya, keselamatan adalah nomor satu!

Semoga kelima tips di atas bisa membuat kamu terhindar dari tindak kejahatan. Yang penting jangan terlalu mencolok saat berkendara, tidak perlu main handphone saat berkendara karena selain mencolok, itu juga berbahaya. Tidak perlu juga mengenakan perhiasan yang berlebihan karena itu akan menarik perhatian para penjahat tentunya. Stay safe Sahabat!
Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 17 Jan 2019 | 18:13 WIB
BAGIKAN