Mengenal Engine Mounting
Mengenal Engine Mounting

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

07 Des 2022 | 10:31 WIB

Sahabat, sebuah mobil memiliki sebuah komponen yang bernama Engine Mounting. Engine mounting atau juga sering disebut dengan dudukan mesin merupakan komponen pada sebuah mobil berupa karet dan dilapisi dengan besi di sekeliling dan di bagian tengahnya. Engine Mounting ini berada di bagian engine bay diantara mesin dan juga rangka mobil Sahabat. Para engineer pabrikan mobil menyematkan komponen ini bukanlah tanpa fungsi.

Fungsi Engine Mounting

Engine Mounting memiliki fungsi untuk menghubungkan atau mengkaitkan antara mesin dengan bagian rangka mobil anda. Fungsi dari Engine Mounting tidak hanya sebagai sambungan antara mesin dan sasis mobil saja, tapi juga memiliki fungsi lain. Fungsi lain dari engine mounting antara lain sebagai peredam getaran yang dihasilkan oleh mesin akibat adanya proses pembakaran. Dengan adanya engine mounting, getaran yang dihasilkan oleh mesin dapat tereduksi dengan baik sehingga tidak terasa hingga kedalam kabin mobil.

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Pada umumnya engine mounting terbuat dari komponen yang memiliki tingkat elastisitas yang tinggi seperti karet. Walaupun engine mounting ini terbuat dari karet tapi di beberapa bagiannya dilapisi oleh besi untuk memberikan kekuatan yang lebih baik dari engine mounting.

Pada sebuah mobil biasanya terdapat dua sampai empat engine mounting yang menopang mesin didalam engine bay. Engine mounting dapat mengalami kerusakan ketika telah digunakan dalam kurun waktu tertentu dengan waktu yang relatif lama.

Usia Engine Mounting

Engine mounting merupakan part yang memiliki umur panjang, masuk dalam kategori slow moving. Walaupun termasuk kategori slow moving, namun seiring berjalannya waktu komponen ini juga bisa mengalami kerusakan dan tentu berakibat mengurangi kenyamanan pengemudi dan penumpang.

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Umur pemakaian engine mounting biasanya menggunakan ukuran kilometer. Sebagian besar engine mounting harus sudah diganti setiap 50 ribu atau 60 ribu km. Namun, ukuran km juga tidak selalu tepat, apalagi kondisi kota-kota besar di Indonesia sangat macet sehingga odometer sedikit tapi jam terbang mesin sudah sangat besar.

Ciri-Ciri Engine Mounting Rusak

Engine mounting yang telah mencapai batas umur atau yang telah rusak biasanya terdapat keretakan pada karet di engine mounting tersebut. Karet yang terdapat pada engine mounting lama kelamaan akan menjadi getas atau keras sehingga akan mudah mengalami keretakkan.

Apabila keretakkan pada engine mounting tetap dibiarkan atau engine mounting tetap tidak diganti maka keretakan yang ditimbulkan pada engine mounting lama-lama akan membuat engine mounting robek.

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Faktor yang dapat mempercepat kerusakan pada engine mounting adalah ketika beban yang ditahan atau diterima oleh engine mounting besar. Beban yang besar dapat terjadi ketika mobil digunakan untuk berakselerasi.

Kadangkala para pemiliki kendaraan mobil tidak pernah memeriksa komponen yang satu ini atau luput dari pantauan. Hal tersebut dikarenakan posisi dari engine mounting biasanya tersembunyi. Padahal komponen satu ini bila rusak akan dapat menimbulkan beberapa masalah.

Masalah Yang Timbul Ketika Engine Mounting Rusak

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Salah satu masalah yang dapat ditimbulkan ketika engine mounting sudah rusak adalah tidak dapat mereduksi getaran yang dihasilkan oleh mesin dengan baik. Saat sebuah mesin melakukan proses pembakaran campuran bahan bakar dan udara yang mengakibatkan getaran tidak akan diredam oleh engine mounting sehingga getaran ini akan tersalurkan ke rangka dan masuk ke kabin.

Akibatnya, getaran ini nantinya akan dirasakan oleh pengendara sehingga akan mengurangi kenyamanan saat berkendara. Oleh sebab itu bila engine mounting ketika Sahabat periksa ternyata mengalami keretakkan maka segera gantilah dengan yang baru. Ada beberapa tanda yang bisa Sahabat kenali ketika Engine Mounting sudah rusak antara lain : 

Ada getaran yang muncul dari mesin

Setiap dinyalakan, mesin mobil akan selalu menghasilkan getaran yang cukup kuat. Namun, engine mounting berfungsi untuk meminimalisasi getaran tersebut agar tidak terasa oleh penumpang. Jika getaran di dalam mobil terasa lebih hebat dari biasanya, bisa jadi hal tersebut disebabkan oleh adanya kerusakan dari engine mounting di mobil.

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Getaran bisa terasa dan mungkin juga terlihat saat posisi kendaraan berada pada kondisi stasioner atau idle. Nah, dalam situasi tersebut guncangan muncul karena engine mounting tidak mampu menyangga mesin dengan baik. Karena itulah, toleransi guncangannya akan terasa kasar dan tidak dapat diredam seperti biasanya.

Mesin menghentak saat dinyalakan

Selain getaran yang terasa lebih hebat, sahabat mungkin akan merasakan hentakan yang berasal dari mesin saat mobil baru dihidupkan. Jika hanya 1 – 2 kali terasa, mungkin hal tersebut bisa jadi pertanda yang kurang tepat, tapi jika sudah sering terjadi, sahabat sebaiknya mulai melakukan pengecekan terhadap tanda-tanda kerusakan engine mounting.

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Kemudian Saat melepas kopling setelah memasukkan gigi persneling, ketika putaran mesin terhubung dengan beban, mesin akan mengayun dan terdengar bunyi yang khas dug-dug yang terdengar agak dalam.

Terdengar suara yang tidak normal

Engine mounting biasanya juga terbuat dari bahan karet yang mampu menopang komponen mesin agar tidak bergerak-gerak. Nah, bahan elastis ini bisa saja getas atau robek sehingga muncul guncangan yang diakibatkan oleh kerusakan tersebut. Hal ini bisa ditandai dengan kemunculan suara yang tidak normal seperti suara klutuk-klutuk dari mesin.

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Saat kondisi mobil yang menyala sudah disertai dengan pertanda itu, segera cek bagian engine mounting, ya. Jika dibiarkan terlalu lama, efeknya bisa berbahaya bagi komponen kendaraan. Tidak perlu terlalu khawatir, penggantian engine mounting adalah salah satu hal yang umum untuk dilakukan pada kendaraan, kok. Jadi, segera bawa mobil ke bengkel, ya!

Terdengar suara saat lewat polisi tidur

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Efek yang cukup signifikan dirasakan oleh para pengemudi biasanya akan muncul saat sedang melewati polisi tidur atau jalan berlubang. Biasanya, sahabat akan merasakan getaran yang cukup keras di situasi tersebut. Jadi, sahabat bisa lebih waspada untuk memperhatikan kondisi mobil saat sedang melewati bagian jalanan tersebut.

Terdapat cairan di sekitar mounting

Selain gejala-gejala yang bisa dirasakan, sahabat juga bisa melakukan pemeriksaan terhadap kondisi engine mounting yang terlihat secara kasat mata. Engine mounting biasanya terletak di antara mesin dan rangka mobil. Jadi, sahabat bisa mulai melakukan pengecekan di komponen tersebut jika ingin memastikan kondisi karetnya masih layak.

Ciri-Ciri Engine Mouting Mobil Mengalami Kerusakan

Nah, itulah beberapa gejala yang bisa muncul saat engine mounting mobil mengalami kerusakan atau harus diganti. Ya, seperti komponen mobil lainnya, penggantian ini memang umum dilakukan, tapi intensitasnya juga tidak terlalu sering karena biasanya komponen engine mounting relatif lebih awet. Jadi, segera ganti jika sudah terasa gejalanya, ya!

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Des 2022 | 10:31 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmobilenginemountingmesin karetbesipeganganmanfaatfungsirusakcirigarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family