Gunakan Cairan Engine Flush Yang Aman Digunakan
Gunakan Cairan Engine Flush Yang Aman Digunakan

Apa Iya, Mobil Perlu Engine Flush? Ketahui ini Manfaatnya

09 Jun 2023 | 11:46 WIB

Engine flush adalah cairan yang biasanya digunakan pada pembersihan mesin mobil. Komponen ini mempunyai fungsi utama untuk membantu menghilangkan kotoran pada kerak oli dan bagian mobil lainnya. Mobil yang sering digunakan pasti akan membuat komponen di dalamnya menjadi kotor pada kerak oli. Apabila Sahabat tidak segera membersihkannya, dikhawatirkan komponennya akan rusak dan harus diganti sehingga mengeluarkan biaya lebih. Karena itu, dibutuhkan cairan untuk membersihkan kotoran-kotoran tersebut.


Selain itu, Sahabat pasti pernah mengalami yang namanya oil sludge bukan? Oil sludge adalah suatu kondisi di mana oli pada mesin mengalami perubahan bentuk dan warna menjadi kental kecoklatan seperti bubur. Nah, Sahabat membutuhkan cairan ini untuk membersihkannya. Cairan ini biasanya digunakan untuk membersihkan kotoran berupa endapan oli yang menempel pada mesin. Kamu bisa menggunakan cairan ini secara berkala, tetapi jangan berlebihan karena hal itu dapat menyebabkan overheat dan penyumbatan pada saluran pelumas.


Pentingnya Flushing Oli Pada Mesin Mobil

Pentingnya Flushing Oli Pada Mesin Mobil


Sahabat bisa mengatur kapan waktunya memberi cairan ini agar komponen kendaraan bisa bekerja dengan baik dan menghasilkan performa yang maksimal. Misalnya ketika terjadi pengurasan oli yang jumlahnya tidak maksimal, kamu bisa menggunakan cairan ini. Lalu, bagaimana bisa mengetahui manfaat cairan engine flush untuk kendaraan? Sahabat  bisa dapat infonya dibawah ini.


1. Membersihkan Sisa Kerak Mesin Usai Oli Dikuras

Fungsi engine flush mobil yang pertama adalah untuk membersihkan sisa-sisa kotoran yang menempel pada bagian mesin ketika sedang melakukan pengurasan oli. Hal ini untuk melancarkan proses pelumasan pada mesin karena jika masih ada kerak akan lebih sulit.


Fungsi lain dari engine flush adalah menghalangi endapan kotoran menempel pada bagian mesin. Cairan dengan bentuk kemasan ini akan membersihkan endapan pada mesin hingga bersih. Jadi ketika Sahabat menggunakan mobil, mesin akan tetap dalam kondisi bersih.


2. Membuat Performa Komponen Kendaraan Lebih Baik

Fungsi engine flush berikutnya adalah untuk membuat komponen pada kendaraan menghasilkan performa yang baik. Bayangkan jika kotoran-kotoran tersebut terus mengendap di bagian mesin, tentu kendaraan tidak akan bisa bekerja dengan baik. 


Bagaimanapun, mesin adalah salah satu komponen yang paling penting pada mobil. Adanya mesin ini akan membantu mobil bekerja dengan optimal, sehingga Sahabat akan mendapatkan kenyamanan ketika menggunakannya. 


Baca juga: Jangan Abaikan, Telat Ganti Oli Mesin Bisa Turun Mesin!


Pahami Kinerja Cairan Flushing Mesin

Pahami Kinerja Cairan Flushing Mesin


3. Menjaga Suara Mesin

Salah satu tanda bahwa mesin kendaraan Sahabat bisa bekerja dengan baik adalah menghasilkan suara yang halus. Akan tetapi jika mesin menghasilkan bunyi yang tidak biasa, itu salah satu tandanya harus diberi cairan flush.


4. Mesin Lebih Awet

Mesin yang dirawat dengan baik dengan pemberian cairan secara rutin pasti akan membuat umurnya panjang. Jika Anda tidak merawatnya dengan baik, jangan berharap mesin mobil bisa bertahan lama.


Gunakan Cairan Engine Flush Yang Aman Digunakan

Bersihkan Mesin Dengan Engine Flush Secara Berkala


5. Menjaga Kompresi Mesin

Kompresi mesin adalah besarnya rasio volume yang dihasilkan selama proses pembakaran. Proses ini tidak akan terganggu apabila Anda rutin memberikan cairan untuk menghilangkan kotoran pada mesin. Selain itu, komponen lain seperti kring oil piston juga tidak akan mengalami kemacetan.


6. Membersihkan Karbon dan Sludge

Karbon dan sludge merupakan salah satu komponen lain yang terdapat pada mobil dan letaknya ada di ring piston. Selain bisa digunakan untuk membersihkan mesin, cairan ini juga dapat menghilangkan kotoran pada karbon dan sludge. Sebenarnya ada cairan lain yang bisa digunakan untuk membersihkan kerak kotoran pada mesin mobil, akan tetapi engine flush ini kualitasnya lebih bagus. 


Konsultasikan Dengan Montir Cairan Engine Flush Yang Cocok Untuk Mobil Sahabat

Konsultasikan Dengan Montir Cairan Engine Flush Yang Cocok Untuk Mobil


Baca juga: Permasalahan Apa Yang Kerap Terjadi Pada Evaporator AC Mobil? Begini Cara Merawatnya


Setelah mengetahui arti dan manfaat engine flush, bagaimana cara memilih cairan engine flush yang aman untuk mobil? Sahabat bisa simak disini.


  • Cara pertama untuk mengetahui apakah cairan tersebut aman atau tidak adalah dengan melihat kemasannya. Apabila menggunakan bahan plastik berarti kandungan di dalamnya tidak terlalu keras. 


  • Cara kedua adalah dengan membuka tutup kemasannya dan mencium bau cairan tersebut. Jika cairan tersebut menghasilkan bau yang sangat menyengat seperti solar, lebih baik jangan digunakan sebab dinilai memiliki tingkat keasaman tinggi.


  • Cara selanjutnya adalah cobalah untuk menggunakan kertas pH untuk mengukur tingkat keasamannya. Kadar pH yang aman digunakan untuk mesin adalah berada di rentangan angka 6 hingga 8, dan jika lebih berarti tidak boleh dipakai. Cara menggunakan kertas pH ini Sahabat tinggal mencelupkannya kepada cairan dan lihatlah berapa hasilnya. 


Jika Sahabat tidak mengerti untuk memilih cairan dan bagaimana cara membersihkannya, kamu bisa langsung membawa kendaraan ke bengkel terpercaya di www.Garasi.id. Pilih partner bengkel yang terbaik dan layanan jasa servis yang cocok untuk mobil kesayangan Sahabat. Selain dilakukan oleh teknisi ahli, prosesnya pun akan lebih aman dan maksimal. Informasi lengkap silahkan hubungi tim Clara dari Garasi.id.


Semoga bermanfaat dan selamat servis mobil Sahabat Garasi!


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 09 Jun 2023 | 12:13 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipstrikotomotifperawatanmobilservisberkalagantioliengineflush
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family