Angkat Wiper Saat Parkir Outdoor
Jaga Karet Wiper Agar Tak Getas

Apa Perlu, Angkat Wiper Saat Mobil Parkir?

21 Jul 2019 | 14:00 WIB

Sudah banyak yang melakukan, ketika parkir mobil, terutama saat berada di area luar ruangan, wiper kaca diangkat. Alasannya agar karet wiper tak mudah getas karena panas kaca. Apakah ini mitos atau fakta?

Masalahnya, ada juga pendapat yang mengatakan kalau saat wiper diangkat, yang "kena" justru usia per pada tuasnya karena sering tertarik akibat wiper diangkat.

Angkat Wiper Saat Mobil Parkir, Apa Perlu?

Agar ada titik terang, permasalahan tersebut dijawab oleh Didi Ahadi, Dealer Techical Support Toyota Astra Motor (TAM) yang mengatakan semua komponen yang terpasang pada mobil semestinya sudah dirancang pabrikan untuk posisi tersebut.

Sama dengan wiper yang tahan terhadap panas sinar matahari, apalagi pantulan dari kaca yang menempel pada karet. Namun, Didi juga tak melarang bagi pemilik yang "ngotot" mengangkat wiper dari kaca mobil saat tak dipakai.

"Sebenarnya wiper sudah didesain seperti itu. Tapi memang biasanya diangkat tujuannya supaya karet tidak mengeras," ujar Didi, melansir dari Otomania.com.

Didi juga memberikan penjelasa, jika wiper sudah mempunyai patokan batas usia. Pabrikan biasanya menyarankan ke pengguna mobil untuk mengganti wiper setelah masa pakai enam bulan.

Baca juga: Ganti Karet Wiper Tidak Perlu Ke Bengkel

Apalagi, wiper tak bisa dipatok usianya dengan odometer seperti oli mesin. "Menurut saya setiap enam bulan sekali lah diganti. Kalau sudah rutin diganti, tidak diangkat saat parkir juga tidak apa-apa," lanjutnya.

Cara Ganti Karet Wiper

Salah satu tanda karet wiper minta diganti adalah jika setelah menyeka dia menyisakan kotoran atau bercak air di kaca, kemudian tandanya lagi karet wiper berbunyi decit saat menyeka, sapuan air tidak sempurna, karet wiper pecah-pecah dan karet mengeras. Nah jika terdapat tanda-tanda tersebut meskipun belum 1 tahun Sahabat seharusnya mengganti karet wiper tersebut.

Berikut adalah tahap-tahap mengganti karet wiper sendiri:

1. Angkat wiper dari kaca mobil, Posisinya seperti saat parkir lama maka wiper juga diangkat dari kaca agar tidak menyentuh kaca, Sahabat bisa menempatkan handuk pada kaca saat melakukan penggantian karet wiper ini yang tujuannya berjaga-jaga agar tidak ada logam yang membaret kaca mobil.

2. Setelah wiper terangkat lepaskanlah bilah karet wiper dari rumah wiper

3. Setelah bilah wiper dilepaskan bersihkan kotoran pada rumah wiper tersebut

4. Lepas karet dari frame (bingkai karet) dengan menarik klip karet yang ada di ujung bingkai

5. lepaskan juga besi panjang (sebagai tulang karet)

6. masukkan karet yang baru dengan cara menggeser bagian bawah, pastikan karet wiper berada di rell pada frame atau rumah karet

7. Pasang besi panjang yang menjadi tulang karet

8. kunci dengan menekan klip pada ujung frame karet

Nah Sahabat begitulah mitos dan fakta dari mengangkat wiper ketika parkir serta cara mengganti karet wiper sendiri. Semoga informasi yang diberikan bermanfaat untuk Sahabat Garasi ya.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 14:38 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbeliwiperkaretgetasawetangkatparkiroutdoortipsjakartadepokbekasitanggerangotomotif