Karet Mobil
Merawat Karet Mobil

Tak Mau Bocor, Begini Cara Merawat Karet Pada Mobil

25 Sep 2018 | 12:00 WIB

Berkendara saat hujan memang sangat dikhawatirkan para pengendara mobil. Hal ini karena adanya ancaman mulai dari visibiltas berkurang hingga terjadi harus melewati kondisi jalan banjir.

Namun ada yang patut diwaspadai juga ketika berkendara saat hujan, yaitu terjadi kebocoran. Sebab, hal ini bisa saja terjadi pada semua mobil.

Tak Mau Bocor, Begini Cara Merawat Karet Pada Mobil

Menurut situs Hyundai, kebocoran bisa dikarenakan pemilik kendaraan sering kali lupa dengan perawatan karet atau seal yang posisinya tersebar di sekitaran eksterior hingga interior.

Baca Juga : Rawat Karet Pintu Mobil Agar 'Panjang Umur'

Jika tak dicek, bukan tak mungkin karet menjadi keras dan getas. Apabila hal itu terjadi, bukan tak mungkin ketika hujan, air akan masuk melalui celah karet yang retak.

Adapun cara untuk merawat karet-karet pada mobil ini antara lain:

Cara Merawat

Pertama, karet yang harus di cek adalah karet pada bagian jendela. Jika karet ini kaku atau rusak, air hujan ataupun kotoran pasti akan masuk ke dalam sela-sela tersebut.

Biasakan untuk menyemprotkan cairan khusus karet, hal ini tentunya akan memiliki manfaat bagi karet di mobil agar tidak mudah getas dan kering. Kedua, cek karet atap mobil, karet kaca depan, karet pada engsel pintu. Perawatannya memang tidak rutin setiap hari, namun memang saja harus ada waktu periodik untuk pengecekan.

Setidaknya satu atau dua minggu sekali, terutama saat cuaca berubah ekstrem tak menentu seperti saat ini. Ketiga, hindari parkir di tempat panas. Bila mobil sering terparkir pada area yang terkena sinar matahari langsung. Karet jadi lebih cepat getas.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 09 Mei 2020 | 10:45 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmerawatkaretmobilbarubekasjualbeliawetgetasbocorinterioreksteriorkabinkerashujanpanasgarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family