Fitur Cruise Control
Dampak Cruise Control Saat Hujan

Saat Hujan, Sebaiknya Hindari Berkendara Menggunakan Cruise Control

14 Agt 2018 | 11:09 WIB

Untuk Sahabat yang biasa mengendari mobil mungkin sudah mengetahui apa itu cruise control. Cruise control merupakan fitur yang berguna menjaga kecepatan kendaraan agar tetap konstan. Ketika kecepatan berkendara menurun atau bertambah, maka secara otomatis fitur ini akan menambah gas atau mengerem dengan sendirinya.

Saat Hujan, Sebaiknya Hindari Berkendara Menggunakan Cruise Control

Baca Juga : Bingung Pakai Fitur Cruise Control Mobil? Begini Caranya

Efek yang sangat terasa adalah ketika terjadi hydroplanning ( Ketika ban mobil kehilangan pijakan di permukaan jalan saat melewati genangan air dengan kecepatan tertentu), kecepatan berkendara secara otomatis akan menurun. Hal ini membuat sistem akan berakselerasi secara otomatis. Efek dari sistem otomatis ini membuat ban  kehilangan traksinya.

Bagaimana agar kita terhindar dari hydroplanning?

Agar terhindar dari hydroplanning, Sahabat harus mampu menjaga kecepatan dan jangan lupa untuk  mengecek kondisi ban, lihat tekanan maupun kondisi tapaknya. Waspadai jalanan basah atau genangan air, pastikan matikan cruise control sewaktu hujan.

Kemudian, perhatikan ketika melewati jalan satu arah, hindari sisi jalan yang lebih rendah, agar pengaturan gas saat mengendarai lebih bisa terkontrol. Ketika menginjak rem, jangan injak terlalu keras. Hal ini akan membuat ban kehilangan grip.

Terakhir, perhatikan kemudi dengan hati-hati. Pegang kuat kemudi, kurangi bermanuver agar kontrol kecepatan tetap di tangan kita.

Nah, demikian sedikit tips agar terhindar dari hydroplanning. 

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 12:04 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobiljualbelifiturcruisecontrolhujankondisibantipsamanbekasgarasiidotomotif