Cruise Control
Fitur Cruise Control

Bingung Pakai Fitur Cruise Control Mobil? Begini Caranya

19 Jul 2019 | 14:37 WIB

Fitur cruise control pada mobil biasanya menjadi nilai lebih untuk menaikkan gengsi, terutama buat Sahabat Garasi yang gila fitur. Ini berguna untuk mengatur dan menjaga kecepatan mobil tanpa menginjak pedal gas.

Umumnya, fitur ini dipakai saat melewati jalan bebas hambatan yang lengang atau relatif kosong. Orang akan jarang memakai cruise control saat sedang lewat di jalan padat.

Bingung Pakai Fitur Cruise Control Mobil? Begini Caranya

Baca juga: Bukan Hanya ‘Kick Down’, Pengendara Juga Harus Paham Fitur ‘Overdriver’

Tombol-tombol operasi cruise control ini biasanya diletakkan di setir, atau belakang setir. Dan tiap mobil punya "aturan main" cruise control yang berbeda-beda. Ada yang baru bisa diaktifkan saat kecepatan 40 kpj, ada pula yang minima lari 60 kpj.

Jika di bawah kecepatan itu, maka fitur ini takkan bisa diaktifkan. Cara mengaktifkan cruise control ini cukup mudah, tinggal tekan tombol ON/OFF saja. Jika sudah aktif atau standby maka akan ada indikator lambang panah berwarna hijau pada panel speedometer.

Lalu, agar mobil bisa konstan dengan kecepatan tertentu, wajib menekan tombol SET pada cruise control. Nah, saat cruise control sudah aktif, Sahabat bisa mengatur batas kecepatannya dengan menekan tanda "+" (plus) atau "-" (minus).

Dan untuk mematikan fitur cruise control ada dua cara, pertama tekan tombol CANCEL di cruise control dan kedua cukup injak pedal gas atau pedal rem.

Agak bingung untuk pertama kali, tapi ketika Sahabat merasakan manfaatnya, fitur ini cukup bikin ketagihan. Karena, kaki tak bermain sama sekali di sini. Bahkan mengurangi kecepatan pun tinggal pencet dari tombol yang tersedia.

Foto : Internet

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 20:28 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelifiturcruisecontolsensasitipstrikjakartadepokbekasitanggerang