Spion Mobil
Mengatur Spion Mobil

Atur Kaca Spion Tidak Bisa Sembarangan, Begini Seharusnya

31 Mar 2019 | 21:14 WIB
BAGIKAN

Kita semua pasti sudah tahu kalau kaca spion merupakan salah satu komponen mobil yang memiliki fungsi cukup penting dalam keseharian. Meski bentuknya tergolong kecil, namun benda yang satu ini adalah benda yang sangat erat kaitannya terhadap keamanan dan keselamatan Sahabat saat sedang berkendara menggunakan mobil.

Bahkan, tidak jarang terjadi kasus kecelakaan yang disebabkan oleh pengemudi mobil yang tidak memperhatikan kaca spionnya terutama pada saat berpindah jalur. Padahal fungsi dari kaca spion tersebut sendiri adalah untuk mencegah terjadinya tabrakan pada saat akan berpindah jalur, yang mana kaca spion memang ada untuk membantumu saat akan bermanuver.

Atur Kaca Spion Tidak Bisa Sembarangan, Begini Seharusnya

Namun sayangnya, masih banyak orang yang kurang memahami bagaimana peletakan dan pengaturan yang tepat pada kaca spion agar kaca spion pada mobil bisa berfungsi secara optimal, agar pengemudi juga tetap bisa terhindar dari kecelakaan. Berikut ulasan selengkapnya yang dilansir dari laman mobilipo.com.

Baca juga: Kerap Luput Dari Perhatian, Ini Cara Tepat Membersihkan Spion Mobil

1. Mencocokan dari Bangku Pengemudi

Cara yang pertama adalah dengan mencocokkan kaca spion mobil dari bangku pengemudi. Untuk mendapatkan sudut pandang atau refleksi yang pas, Sahabat harus mengatur posisi kaca spion tersebut dari bangku pengemudi. Hal ini tentu berguna untuk membuat posisi tersebut pas pada saat Sahabat melihat ke kiri, kanan maupun ke belakang jalan dalam posisi yang pas.

2. Jangan Ada Titik Buta

Cara yang kedua adalah dengan memastikan jangan sampai ada titik buta pada kaca spion mobil. Untuk itu aturlah refleksi kaca spion mobilmu sampai tidak ada ditemukan titik buta, dimana Sahabat bisa melihat keadaan jalanan dan semua kendaraan lain yang melintas di dekatmu, sehingga fungsi dari kaca spion mobil tersebut bisa maksimal untuk Sahabat gunakan.

3. Miliki Pantulan yang Berbeda

Cara yang ketiga adalah dengan mengatur kaca spion mobil agar memiliki pantulan yang berbeda. Maksudnya berbeda yaitu memiliki pantulan yang berbeda adalah bahwasanya setiap kaca spion tentunya terdiri atas tiga buah dalam satu mobil, yakni kaca spion samping kanan, samping kiri, dan juga depan.

Agar refleksi kaca spion mobil berada pada posisi yang sempurna, maka ketiga kaca spion tersebut idealnya memiliki pantulan yang berbeda satu dengan yang lainnya. Spion yang terletak disamping, pantulannya harus lebih diatur posisinya sesuai dengan tingkat pantulan yang Sahabat kehendaki yang menurutmu juga lebih nyaman saat digunakan, dengan demikian fungsi dari kaca spion tersebut akan lebih maksimal.

4. Atur Blind Spotnya

Cara yang keempat adalah dengan mengatur blind spot pada kaca spion mobil. Kaca spion samping yang memiliki refleksi yang ideal adalah kaca spion yang pada saat Sahabat sedang berkendara, artinya Sahabat masih bisa melihat badan mobilmu sendiri dari daerah kaca spion.

Dengan mengatur posisi refleksi yang seperti ini, maka kamu juga sudah bisa melihat kendaraan lain tentunya yang ada disekitarmu, maupun yang akan berpindah jalur atau mendahuluimu.

Nah Sahabat, begitulah cara mengatur kaca spion yang bisa Sahabat ikuti agar tetap nyaman dan aman saat berkendara. Semoga bermanfaat. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 31 Mar 2019 | 21:14 WIB
BAGIKAN