Ban Mobil
Ban Mobil

Begini Beda Ban Bias dan Ban Radial

09 Agt 2018 | 11:00 WIB
BAGIKAN

Dari segi konstruksi, ban kendaraan terbagi atas dua tipe, yaitu ban bias dan ban radial. Adanya perbedaan konstruksi ini pula yang berdampak ke adanya perbedaan performa dan tipe kendaraan yang memakainya. 

Training and Product Evaluation Manager PT Bridgestone Tire Indonesia, Deni Arief Pribadi mengatakan, ban bias dan radial berbeda pada konstruksi benang. Jika pada ban bias konstruksinya menyilang, maka ban radial cenderung searah. 

Begini Beda Ban Bias dan Ban Radial

"Jadi di dalam ban itu ada kerangka yang disusun dari jalinan benang. Bedanya ban bias dan radial dibedakan dari bentuk jalinan benang. Jadi murni hanya beda di konstruksinya saja," kata Deni melansir dari laman Kompas.com, pekan lalu.

Baca Juga : Aturan Baru, Mobil Boleh Tidak Bawa Ban Cadangan! Asal?

Menurut Deni, perbedaan konstruksi berpengaruh ke performa. Karena ban bias maupun ban radial memiliki telapak ban yang sangat berbeda. 

Ban bias punya telapak yang lebih tebal. Sedangkan ban radial punya telapak ban yang lebih tipis, namun daya cengkramnya ke permukaan jalan lebih bagus. 

"Jadi kalau ban radial keunggulan kontak ke jalanan yang lebih baik. Kalau ban bias lebih kepada mampu menahan bobot yang lebih berat," ucap Deni.

Karena memiliki bobot yang lebih berat, Deni menyebut ban bias pada umumnya banyak digunakan kendaraan komersial yang berukuran besar. 

Sedangkan ban radial lebih tepat digunakan untuk mobil penumpang. Karena lebih ringan dan punya daya cengkram yang lebih baik ke permukaan jalan. 

" Ban radial juga lebih tahan dipakai kondisi yang panas terlebih saat pengendara memacu kendaraan pada kecepatan tinggi," kata Deni.

Nah setelah mengetahui beda ban bias dan ban radial, Sahabat pasti jadi sudah tau ban apa yang sesuai untuk kendaraan Sahabat. Untuk Sahabat yang berencana ingin membeli ban, Sahabat bisa beli di Toko Garasi.id.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 09 Agt 2018 | 11:00 WIB
BAGIKAN