Cuci Mobil
Mencuci Mobil

Ritual Cuci Mobil, Yang Benar Dari Atas atau Bawah Dulu?

03 Apr 2020 | 18:06 WIB

Mencuci mobil adalah salah satu kegiatan yang acap dilakukan pemilik di waktu senggang. Kebersihan tentu jadi salah satu perhatian, agar mobil tetap elok dipandang serta nyaman digunakan.

Namun terkadang masih saja banyak pemilik mobil yang mencuci dengan teknik salah. Meski sepele, namun bisa berpengaruh pada hasil cucian, baik jangka pendek maupun jangka panjang.

Ritual Cuci Mobil, Yang Benar Dari Atas atau Bawah Dulu?

Technical Support Meguiars Indonesia, Fadillah mengatakan, mencuci mobil sebaiknya memerhatikan titik paling kotor terlebih dahulu ketimbang area yang terlihat lebih bersih.

"Area yang pertama kali kita cuci yang paling kotor, yaitu kaki-kaki setelah bersih langsung bilas. Pakai dua ember, begitu juga busa agar kotoran yang sudah terangkat dari kaki-kaki tidak ikut tercampur saat ingin mencuci bagian bodi," ujarnya seperti yang dilansir dari laman VIVA, Rabu 11 Juli 2018.

Sambung dia, setelah kaki-kaki seperti pelek dan kolong fender sudah bersih, langkah selanjutnya yakni mencuci bodi mobil dengan wadah dan busa yang baru. Untuk proses pencucian bodi, kata dia, pertama adalah bagian atap mobil, setelah itu baru turun ke sekeliling kaca dan terakhir bodi tengah sampai bawah.

Baca Juga : Bersihkan Mobil Hingga Ke Mesin, Memang Boleh?

"Busa kita bagi dua sisi, satu sisi untuk area kepala dan kaca, dan sebelah lagi untuk mengusap bodi tengah sampai bawah. Cara mengusap juga diperhatikan agar tidak ada bagian kecil apapun yang terlewat saat proses pengusapan," tuturnya.

Ritual Cuci Mobil, Yang Benar Dari Atas atau Bawah Dulu?

Jika bodi dan kaki-kaki sudah dibilas dengan air bertekanan, lanjutnya, segera keringkan dengan kanebo. Karena jika tidak dikeringkan akan menimbulkan kerak mineral atau jamur dari sisa air bilasan.

Ini biasa terjadi jika sabun yang digunakan mengandung PH tinggi atau rendah, setelah mencuci meninggalkan 'pulau' atau jamur. Untuk menghindari hal tersebut, Sahabat harus menggunakan sabun puncuci mobil yang khusus. 

Nah untuk Sahabat yang nggak sempat atau malas harus mencuci mobil sendiri. Dan disituasi pandemi global ini, Sahabat bisa gunakan layanan Home Service dari Garasi.id. Untuk bisa tau apa saja layanan Home Service, ada baiknya Sahabat cek Jasa dan Service Garasi.id sekarang.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 20:14 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

tipscucimobilperawaranmobilbekasdirumahajaGarasiid