Pintar dalam memilih mobil bekas
Mobil bekas berkualitas

Beli Mobil Harus 4 Sehat 5 Sempurna !

12 Jun 2019 | 14:46 WIB
BAGIKAN

Indonesia merupakan salah satu negara yang memegang peranan besar dalam menguasai pasar otomotif di Asia Tenggara. Bisa kita lihat dengan beraneka ragam merk mobil yang berkeliaran di setiap hari khususnya di Ibukota, seperti BMW, Daihatsu, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi, Mercedes-Benz, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling dan yang lainnya. Dengan hadirnya berbagai merk mobil tersebut pasti Sahabat mulai tergerak untuk membeli mobil ‘bekas’ ketimbang dengan mobil baru yang dirasa cukup mahal.

Beli Mobil Harus 4 Sehat 5 Sempurna !

Apa yang Sahabat pikirkan ketika mendengar kata ‘bekas’, tentunya di pikiran kita langsung terbesit akan sebuah mobil dengan kualitas yang sudah usang, tidak layak pakai, dan cukup berumur, tetapi sebenarnya tidak semua mobil bekas seperti itu loh !

Faktanya banyak sekali para pengguna mobil yang selalu merawat mobilnya dengan baik namun terpaksa menjual kendaraannya tersebut karena masalah finansial, ingin mengganti mobil, atau hal yang lainnya. Nah, bagi para Sahabat yang akan memilih untuk membeli mobil bekas jangan lupa lakukan 4 inspeksi ini.

Menanyakan sejarah mobil

Ketika Sahabat memutuskan untuk membeli sebuah kendaraan dengan merk tertentu, alangkah baiknya untuk menanyakan tentang sejarah dari mobil tersebut. Banyak sekali pertanyaan yang bisa kita tanyakan kepada penjual seperti apakah mobil tersebut pernah terlibat kecelakaan/tabrakan hebat, pernah terendam banjir, atau hal yang lainnya. Lalu jangan lupa untuk melihat secara keseluruhan kondisi bagian interior dan exterior mobil apakah ada yang rusak atau tidak. Hal yang tidak boleh dilupakan juga untuk mengecek kondisi mesin dengan cara membuka kap mesin dan melihat apakah di bagian mesin dan di kolong mesin ada bekas tetesan oli atau tidak, jika ada, Sahabat lebih baik bertanya apakah mesin mobil tersebut mengalami kebocoran atau tidak.

Beli Mobil Harus 4 Sehat 5 Sempurna !

Melihat buku service rutin mobil

Mobil yang sehat sudah pasti mobil yang memiliki catatan perawatan yang jelas, rutin dimana sudah tentu performanya pasti sangat optimal. Untuk mengetahui mobil itu sehat atau tidak, Sahabat hanya perlu memeriksa catatan servis mobil dari pemilik mobil. Tentunya di dalam buku catatan servis terdapat catatan kapan mobil itu terakhir di servis, komponen apa saja yang pernah diganti hingga kapan mobil tersebut harus kembali di servis. Dengan data-data tersebut Sahabat akan lebih mudah dalam menilai performa mobil bekas tersebut. Demi keamanan dan kenyamanan, sudah tentu Sahabat lebih baik memilih mobil yang rutin melakukan servis. Dengan begitu, mobil tersebut disimpulkan masih dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Beli Mobil Harus 4 Sehat 5 Sempurna !

Melakukan pengujian sendiri alias test drive

Tahapan ini merupakan tahapan yang benar-benar Sahabat harus lakukan, bukan hanya sekedar berkendara namun Sahabat diwajibkan harus lebih peka terutama ketika mendengar bunyi-bunyi aneh di dalam kabin, lalu ketika melewati polisi tidur atau lubang apakah kaki-kaki mobil tersebut masih nyaman dan tidak mengeluarkan bunyi. Lalu jangan lupa untuk mengecek pengereman apakah pedal rem terasa berat atau ketika Sahabat menginjak pedal rem mobil justru tidak berhenti, tanyakan sesegera mungkin kepada pemilik mobil kenapa hal tersebut terjadi. Jangan lupa juga Sahabat untuk melakukan pengecekan seluruh ban yang ada di kendaraan tersebut, karena ban yang sudah tidak layak pakai alias gundul dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Ketelitian dalam menilai ketika melakukan test drive merupakan kunci utama dalam membeli mobil bekas, jangan terburu-buru menilai mobil tersebut baik atau buruk karena kondisi mesin yang sebenarnya baru bisa dilihat setelah dikendarai beberapa lama. Jangan lupa untuk menanyakan dengan sopan agar sang pemilik menjawab dengan senang hati, lebih baik bertanya daripada menyesal kemudian.

Beli Mobil Harus 4 Sehat 5 Sempurna !

Memilih dengan bijak

Kerap kali ditemukan kasus dimana pengguna mobil bekas menyesal ketika membeli mobil bekas. Seperti yang Garasi.id jelaskan diatas, tidak semua mobil bekas itu jelek loh Sahabat, lebih baik kamu menahan diri dulu sejenak dan melakukan perbandingan dengan yang lain. Jika tergesa-gesa dan tidak dapat menahan diri, Sahabat akan melupakan hal-hal di atas yang tentunya berujung penyesalan loh. So be a smart buyer.

Beli Mobil Harus 4 Sehat 5 Sempurna !

Garasi.id

Untunglah ada internet, jadi Sahabat tidak perlu repot-repot dalam melakukannya. Sahabat hanya perlu mengecek secara online untuk mengetahui harga, model, tahun produksi, kondisi dan tahun pemakaian. Jika para Sahabat ingin mencari mobil bekas dengan kualitas yang OKE, Garasi.id adalah solusi yang tepat. Fitur inspeksi mobil Garasi.id akan memberikan solusi yang aman dalam mencari mobil bekas untuk Sahabat, jadi tidak perlu ragu lagi membeli mobil bekas. Belum fitur-fitur lainnya yang menawarkan berbagai macam promo menarik dan tentunya berkualitas.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 12 Jun 2019 | 15:29 WIB
BAGIKAN