Tanda Panah Di Indikator Bensin
Tanda Panah Pada Indikator Bensin

Bingung Ada Tanda Panah Di Samping Indikator Bensin? Ini Lho Fungsinya

22 Mar 2019 | 17:42 WIB
BAGIKAN

Sebelum mobil dipasarkan, pabrikan mobil tentunya telah mempertimbangkan banyak hal mengenai produk yang akan diluncurkan pada pasaran. Salah satunya adalah pemberian informasi tentang mobil terhadap pengendara. Hingga saat ini banyak pengendara yang tidak mengetahui tentang arti daripada simbol-simbol yang tertanam pada speedometer mobil, salah satunya adalah informasi mengenai posisi lubang pengisian bahan bakar tangki mobil.

Bingung Ada Tanda Panah Di Samping Indikator Bensin? Ini Lho Fungsinya

Bagi beberapa pengendara mobil khususnya untuk para pemula ternyata tidak sedikit yang dibuat bingung oleh posisi lubang pengisian bahan bakar mobil, apakah berada disisi kanan atau kiri. Tentunya dengan hal ini dapat menyebabkan kekacauan tersendiri. Pasalnya ketika hendak mengisi bahan bakar dan ternyata pemosisian mobil salah, maka akan merepotkan petugas SPBU salah satunya. Belum lagi jika antrian pada saat itu cukup panjang, bisa jadi pengendara yang berada dibelakangmu naik pitam sob. Uhh ngeriii.

Nahh, nggak mau kan mengalami kejadian seperti itu? Sebenarnya hampir seluruh produsen mobil telah memberi tanda yang berfungsi untuk menginformasikan posisi lubang pengisian bahan bakar pada mobil yang terletak pada speedometer khususnya di indikator tangki sob.

Pada indikator tangki biasanya terdapat sebuah tanda panah yang menunjukkan posisi lubang pengisian bahan bakar mobil. Percaya atau tidak, seringkali kita lupa posisi tangki pengisian bahan bakar mobil yang kita gunakan. Terlebih bila situasi pom bensin atau Stasiun Pengisian Bahan bakar Umum (SPBU) sedang ramai antrian kendaraan, sehingga sulit bermanuver menyesuaikan posisi kendaraan dengan stasiun pompa bensin yang sesuai dengan tangki pengisian bahan bakar. Perhatikan speedometer, pada perangkat tersebut terdapat sejumlah panel indikator yang semuanya memiliki arti penting yang berhubungan dengan kinerja mesin dan komponen pendukung kendaraan.

Baca juga: Indikator Bensin Nyala Bukan Berarti Kosong! Ini Yang Harus Dilakukan

Fokuskan mata Sahabat pada indikator informasi posisi bensin. Terdapat sebuah gambar stasiun pompa bahan bakar dan jarum atau indikator bar bensin. Tepat disampingnya terdapat sebuah tanda panah. Tanda panah tersebut memiliki arti sebagai penunjuk keberadaan tangki pengisian bahan bakar mobil Sahabat.

Jika tanda panah tersebut mengarah ke kiri, itu artinya letak tangki pengisian bahan bakar mobil Sahabat berada di sisi samping kiri mobil.

Sebaliknya, jika tanda panah menunjuk ke kanan itu artinya tangki pengisian bahan bakar mobil Sahabat berada di sisi samping kanan.

Lampu Indikator Menyala Terus

Selain itu, Sahabat juga harus memperhatikan kalau terdapat banyak simbol-simbol yang tertanam pada speedometer mobil Sahabat. Simbol tersebut berguna untuk menunjukkan tanda bila ada permasalahan pada kendaraan Sahabat.

Pernahkah Sahabat mengalami suatu keadaan dimana lampu indikator dari mobil yang Sahabat miliki menyala secara terus menerus? Jika pernah,maka dapat dipastikan bahwa mobil yang Sahabat miliki pun bermasalah, hal ini berkaitan dengan keberadaan dari lampu indkator itu sendiri yang harusnya berada dalam kondisi menyala kemudian mati apabila kunci kontak yang Sahabat miliki tersebut pun telah diputar menuju posisi On.

Namun yang seringkali menjadi pertanyaan diantara para pengguna kendaraan atau mobil tersebut adalah masalah apa yang menjadi penyebab lampu tersebut berada dalam keadaan nyala secara terus menerus? Sebelum menjawab pertanyaan itu ada baiknya apabila Sahabat simak penjelasan awal dari beragam permasalahan tersebut berikut ini :

Apabila lampu indikator mobil Sahabat menyala secara terus menerus, maka mobil yang Sahabat gunakan pun membutuhkan perbaikan, hal ini berkaitan dengan beragam masalah atau penyebab utama yang menimbulkannya.

Hal ini juga berkaitan dengan keterhubungan antara satu bagian dengan bagian lainnya yang terdapat di dalam mesin tersebut yang mana setiap indikator akan melakukan pengambilan data yang juga disesuaikan dengan seluruh sensor yang terdapat di dalam mesin tersebut, kemudian sasis, dan juga drive train. Karena itulah jika terjadi pengambilan data dengan konsleting, maka secara otomatis lampu pada indikator tersebut pun akan menyala secara terus menerus.

Nah Sahabat, begitulah informasi tentang tanda panah yang berada disamping indikator bensin yang berada di speedometer mobil. Pada kesempatan lain akan dibahas lebih detail lagi tentang simbol apa saja yang ada di dalam speedometer kendaraan Sahabat. 

Foto : Garasi

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 22 Mar 2019 | 17:42 WIB
BAGIKAN