Ini Fungsi Sesungguhnya Karpet Mobil!
Ini Fungsi Sesungguhnya Karpet Mobil!

Bukan Cuma Untuk Di Injak, Ini Fungsi Sesungguhnya Karpet Mobil

09 Mar 2022 | 11:00 WIB

Menjadi aksesoris yang terlihat sepele karena hanya untuk diinjak-injak oleh kaki saat masuk mobil, sering menjadikan karpet mobil dinilai sebagai aksesoris pemanis saja. Namun nyatanya karpet mobil hadir tidak hanya mempercantik kabin dalam mobil tetapi juga memiliki fungsi lain yang ternyata sering terabaikan oleh kita sebagai pemilik karena posisinya yang menjadi alas kaki tersebut.

Bukan Cuma Untuk Di Injak, Ini Fungsi Sesungguhnya Karpet Mobil

Fungsi Karpet Mobil Pada Mobil Kamu


Nah biar Sahabat tau fungsi lain, yuk simak infonya dibawah ini. Karena kali ini Garasi.id tidak hanya memberikan info soal fungsi karpet mobil, tetapi juga bagaimana cara merawat karpet, dan juga memberikan info soal karpet mobil terbaik untuk Sahabat Garasi semuanya. Jadi yuk langsung aja kita simak info berikut.

Fungsi Karpet Mobil

Fungsi karpet mobil sendiri cukup penting karena memang dirancang untuk menyerap udara lembab, debu, air, tetesan air hujan, AC yang bocor serta menjaga agar kabin mobil Sahabat tetap kering.

Karpet Mobil Pelindung Serbaguna

Melindungi dasar atau lapisan lantai mobil dari berbagai benda cair, benda berbau tajam, dan kotoran yang berpotensi membuat lapisan dasar atau lantai kabin mobil berubah warna dan bentuk.

Bagi pemilik mobil yang memiliki anak yang masih kecil ataupun pemilik rental mobil, kehadiran pelindung ini wajib hukumnya sebagai perlindungan dasar karpet dasar bawaan pabrik.

Karpet Mobil Melindungi lantai dasar mobil dari goresan kerikil

Saat menggunakan mobil, para Sahabat pasti menggunakan alas kaki baik itu sepatu ataupun sandal. Hal ini perlu di perhatikan karena alas kaki biasanya akan membawa benda lain yang dapat menggores permukaan dasar lantai kabin mobil.

Menjaga nilai jual kembali

Setiap mobil selalu dilengkapi karpet bawaan pabrik yang melekat pada bodi dalam atau kabin, seperti beludru, dan cenderung susah dibersihkan bila ketumpahan cairan.

Apabila karpet tersebut tidak diberi lapisan tambahan di atasnya seperti karpet mobil, maka kualitas karpet bawaan pabrik akan menurun dan kadang menurunkan minat beli siapapun calon pembeli yang melihatnya.

Sebagai peredam dalam mobil

Fungsi ini dapat dirasakan manfaatnya saat pengendara atau penumpang menyalakan audio mobil. Suara dari dalam mobil dapat teredam dengan baik karena keberadaan karpet pelindung dasar kabin mobil dan karpet tambahan.

Beberapa hal yang tersebut di atas adalah beberapa fungsi karpet mobil yang perlu disadari Sahabat Garasi.id sebagai pengguna kendaraan. Fungsi tersebut bertujuan untuk meningkatkan keamanan dan kenyamanan pengguna mobil.

Bila sudah paham dan tahu fungsi dari karpet mobil, sekarang saatnya Sahabat mengetahui cara merawat karpet mobil, agar beberapa poin buruk yang disebutkan diatas tidak kejadian di mobil Sahabat.

Kebersihan mobil adalah salah satu hal yang paling penting dan Sahabat harus tetap menjaganya supaya Sahabat tetap nyaman ketika menggunakannya. Apalagi pada saat musim hujan seperti saat ini dimana mobil Sahabat akan sering terkena guyuran air hujan sehingga, mempengaruhi kondisi mobil. Baik pada eksterior maupun interior mobil seperti halnya karpet mobil.

Kali ini Garasi.id akan memberikan beberapa tips mudah dan cepat cara membersihkan karpet yang tentunya akan membuat mobil Sahabat semakin nyaman karena karpet mobil yang tidak dijaga kebersihannya secara rutin akan menyebabkan kotoran yang menimpa menjadi keras sehingga kabin mobil menjadi tidak enak saat dilihat. Semakin lama Sahabat membiarkan noda pada karpet maka akan semakin sulit untuk membersihkannya.

Untuk itu, yuk simak tips mudah dan gampang cara membersihkan karpet mobil secara mandiri :

1. Keluarkan Karpet

Cara membersihkan karpet mobil yang pertama adalah Sahabat perlu untuk mengeluarkan karpet yang bercampur dengan noda dari mobil Sahabat. Jangan pernah untuk mencoba membersihkan karpet, sementara karpet tersebut masih di dalam karena nodanya dapat menyebar ke tempat lain sehingga akan sulit untuk membersihkannya. Jadi Sahabat harus mengeluarkan semua baik karpet yang berada pada kabin bagian depan dan bagian belakang ke sebuah tempat yang terbuka dan lapang.

2. Basahi Karpet

Setelah itu Sahabat dapat membasahi karpet mobil terlebih dahulu dengan air bersih secara merata dan usahakan agar mengguyur dengan air yang banyak atau air yang bertekanan tinggi agar noda-noda keras menjadi mudah untuk dibersihkan.

3. Gunakan Deterjen atau Shampo Untuk Mengolesinya

Kemudian Sahabat dapat mengolesi karpet menggunakan sabun deterjen atau shampo mobil secukupnya secara merata pada bagian karpet yang dibersihkan. Semakin tebal noda pada karpet maka ratakan sabun lebih banyak pada tempat noda tersebut.

4. Gunakan Sikat yang Menyerupai Kuas

Kemudian sikat karpet tersebut dengan sikat yang berbentuk menyerupai kuas yang lebar untuk bagian noda yang mudah untuk dibersihkan serta gunakan sikat yang kuasnya tebal untuk noda yang membandel. Tekanlah dengan sekuat tenaga Sahabat saat menyikat pada bagian karpet yang terdapat noda membandel agar mendapatkan hasil yang maksimal.

5. Lakukan Penyiraman Air Secara Merata

Lalu cara membersihkan karpet mobil berikutnya adalah apabila noda pada karpet sudah disikat maka siramkan air bersih secara merata pada bagian karpet baik sisi atas maupun sisi bawah. Pastikan sabun deterjen dan noda-noda ikut hilang bersama siraman air.

6. Lakukan Penjemuran

Setelah itu langsung jemur karpet mobil dan usahakan agar karpet tidak terkena sinar matahari secara langsung agar warna dasar karpet mobil tidak berubah. Untuk karpet yang berbahan karet dapat dijemur ditempat yang berangin agar cepat kering. Lalu karpet berbahan beludru bersihkan lagi dengan lap yang basah sebelum dijemur dengan lis pada bagian karpet harus benar-benar kering sebelum dimasukan ke dalam kabin.

7. Gunakan Vacuum Cleaner

Jangan lupa untuk membersihkan bagian dasar kabin dengan vacum cleaner hal ini bertujuan untuk menghilangkan noda pada tempat yang sulit dijangkau.

8. Gunakan Karpet yang Flexible Khusus Untuk Bagasi

Khusus untuk bagasi Sahabat dapat melapisi bagian ini dengan karpet yang mudah untuk dilepas agar mudah ketika akan dilepas saat Sahabat akan mencuci dan membersihkan karpet lagi.

Bukan Cuma Untuk Di Injak, Ini Fungsi Sesungguhnya Karpet Mobil

Rutin Bersihkan Karpet Mobil


9. Lakukan Pembersihan Secara Berkala

Cara membersihkan karpet mobil yang terakhir adalah dengan membersihkan karpet secara berkala paling tidak selama sebulan sekali hal ini bertujuan untuk menjaga kondisi karpet agar tetap terjaga.

Nah itulah 9 cara membersihkan karpet paling mudah dan cepat, yang dapat Sahabat lakukan sendiri dirumah. Nah bila sudah mengerti cara merawat, sekarang saatnya Sahabat tau jenis karpet mobil terbaik yang bisa menjadi referensi untuk mobil kamu.

Cara Memilih Karpet Mobil Terbaik

Sebelum menentukan pilihan, ada baiknya Sahabat mengetahui terlebih dahulu poin-poin untuk memilih karpet mobil di bawah ini.

Ada dua macam karpet mobil yang dijual di pasaran, yaitu karpet dasar dan karpet pelapis. Perbedaan utama keduanya terdapat pada fungsi dan bahan pembuatnya. Karpet dasar digunakan untuk menutupi seluruh bagian alas mobil yang bentuk dan ukurannya harus sesuai dengan desain mobil. Sementara itu, karpet pelapis adalah karpet yang digunakan untuk melindungi karpet dasar mobil.

4 Jenis Karpet Mobil

Biar Sahabat nggak salah dalam memilih alas terbaik untuk mobil, berikut jenis karpet mobil yang perlu diketahui berdasarkan bahan pembuatannya.

  • Karpet mobil karet

  • Karpet mobil sintetis

  • Karpet mobil PVC

  • Karpet mobil beludru

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 09 Mar 2022 | 11:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifkarpetmobil