Selalu rawat mobilmu agar nyaman untuk dikendarai
Tips menghilangkan bunyi berdecit sementara

Bunyi Berdecit Ketika Menyalakan Mobil? Kenali Sumbernya

20 Jun 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN

Bayangkan ketika kamu akan beraktivitas di pagi hari dengan lalu semangatmu harus pupus karena muncul bunyi-bunyi berdecit dari bagian mesin. Sangat menyebalkan bukan? Pada umumnya, bunyi-bunyi mengganggu tersebut dapat ditemui oleh mobil yang usianya sudah lebih dari lima tahun. Namun tidak menutup kemungkinan hal ini bisa juga terjadi pada mobil yang usia pakainya belum mencapai lima tahun.

Eits tapi Sahabat jangan buru-buru langsung panik dan membawa ke bengkel untuk diperbaiki, lebih baik kamu mencari dulu sumber bunyi berdecit tersebut barulah bawa ke bengkel. 


Baca juga: Berkendara harus hati-hati, jalana berkerikil bisa merusak kondensor AC


Dilansir di Daihatsu.co.id mobil yang mengeluarkan bunyi berdecit saat dihidupkan pada pagi hari merupakan bunyi yang disebabkan oleh tali kipas mobil (fan belt). Tali kipas tersebut berfungsi untuk memutar beberapa komponen mobil di antaranya water pump atau pompa oli, alternator, kompresor pendingin udara, pompa power steering, idler pulley atau kipas pendingin radiator. 

Umur dari fan belt bisa terbilang cukup singkat, ini dikarenakan letak dari fan belt itu sendiri cukup terbuka dan terhubung dengan pulley mesin. Kerap kali komponen yang ‘terekspos’ ini terkena cipratan air, lumpur, tanah hingga kerikil saat mobil bergerak. Apalagi ketika menghadapi musim hujan atau perjalanan jauh seperti mudik. 

Bunyi berdecit yang Sahabat dengar biasa disebut dengan gejala belt dressing. Gejala itu merupakan gejala dimana pulley menjadi kering karena terkikis berbagai kotoran yang menempel pada fan belt sehingga karet tidak bisa memutar pulley dengan sempurna. Tapi perlu Sahabat ketahui, gejala seperti ini biasanya hanya terjadi di mobil lama karena masih menggunakan sistem mekanis. Sangat jarang ditemukan problem seperti ini di mobil baru karena sudah dibekali tensioner dan pre-tensioner untuk menjaga ketegangan belt.

Ketika Sahabat sudah mengetahui dari mana sumber bunyi berdecit itu namun bingung untuk menghilangkan bunyinya untuk sementara, lakukan tips-tips di bawah ini :

Siram dengan Air Sabun

Cara paling mudah ketika Sahabat mengalami bunyi berdecit dan sudah mengetahui akar masalahnya adalah pada fan belt dengan cara semprotkan air dengan sabun. Ini merupakan solusi cepat namun tidak akan bertahan lama. Setidaknya untuk menahan suara berdecit yang mengganggu ketika kamu harus segera pergi ke kantor dapat diatasi. 

Dilumuri Grease (Gemuk Pelumas)

Dengan mengoleskan grease pada belt atau pulley yang mengeluarkan bunyi berdecit akan mempermudah kinerja komponen tersebut saat mobil dinyalakan di pagi hari. Tapi untuk melakukan ini kamu harus berhati-hati dalam mengoleskannya jika terlalu banyak belt justru akan selip dan akan semakin berisik. Jika kamu tidak punya bahan-bahan tersebut, potongan batangan lilin yang sudah digerus terlebih dahulu bisa menjadi pengganti grease tersebut.

Cairan khusus Pembersih Sabuk

Dengan menggunakan cairan khusus pembersih belt, Sahabat hanya perlu menyemprotkan cairan di tempat yang mengeluarkan berdecit hingga bunyi tersebut hilang atau berkurang. Ingat, jangan menyemprotkan cairan terlalu banyak karena akan menyebabkan selip dan mengotori ruang mesin. Cairan khusus ini biasanya tersedia di berbagai toko aksesoris, supermarket dekat rumah kamu. 

Nah itulah cara meredam bunyi berdecit yang diakibatkan oleh fan belt yang sudah lama atau kotor sehingga kinerjanya tidak optimal. Agar performa mobil kamu selalu optimal, alangkah baiknya melakukan pengecekan berkala, apalagi jika Sahabat sangat suka mobil-mobil yang cukup lawas.


Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 20 Jun 2019 | 16:01 WIB
BAGIKAN