Transmisi CVT
Ketahui Transmisi CVT

Cara Ketahui Transmisi CVT Bermasalah

10 Jul 2019 | 19:01 WIB

Mobil yang menerapkan sistem transmisi otomatis continuously variable transmission (CVT) sangat nyaman digunakan karena terasa halus ketika berakselerasi. Namun mesti demikian, CVT juga bisa mengalami kerusakan.

Menurut Supervisior bengkel Plaza Toyota Pramuka, Saiful Anwar, ada beberapa gejala yang bisa dirasakan apabila kemampuan CVT menurun.

"Hampir sama (gejalanya) dengan mobil matik konvensional. Cuma kalau untuk CVT jadi tarikannya tidak enak atau jadi lambat," ucap Saiful yang dilansir dari Liputan6.com beberapa waktu lalu di bengkel Plaza Toyota Pramuka, Jakarta Timur.

Dia menerangkan, yang dimaksud tarikan "tak enak" adalah di mana saat menginjak pedal gas akan terasa jeda, atau hentakan.

Jika mobil dipacu dengan kecepatan penuh, tarikannya terasa lambat. Hal ini juga sama seperti sepeda motor matik, yang diakibatkan bagian drive belt mengalami aus sehingga menjadi ngelos atau slip saat berakselerasi.

Cara Mudah Ketahui Transmisi CVT Bermasalah

Transmisi CVT selain lebih halus dalam berakselerasi juga dianggap lebih irit bahan bakar. Namun, jika terjadi gejala kerusakan, bukan tak mungkin hal itu berimbas pada borosnya bahan bakar.

Tidak hanya itu, Saiful juga menambhakan bahwa borosnya bahan bakar karena bagian fan belt yang mengalami keausan, secara otomatis membuat putarannya menjadi tidak maksimal.

"Yang diputarkan bagian fan belt itu jadi tidak maksimal ada selip, yang mengakibatkan si putarannya (puli) ini harusnya bisa jalan, tapi karena ada selip jadi tidak jalan. Padahal bahan bakar ini akan terus memasok," ujarnya.

Berapa persen borosnya, Saiful tak menjawabnya. Hal itu tergantung dari cara berkendara dan kerusakan yang terjadi.

Nah Sahabat Garasi yang memiliki kendaraan dengan sistem transmisi CVT, mulai sekarang jadi bisa lebih paham kan bila transmisi kendaraan Sahabat mengalami kendala.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 09 Mei 2020 | 03:21 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekastransmisiCVTjualbelisolusitipstrikDatsuncross
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family