Matic
CVT Matic

Lebih "Gereget" Mana, Matik Konvensional Atau CVT?

26 Jun 2019 | 14:01 WIB

Mobil bertransmisi matik pada dasarnya bisa terbagi atas dua jenis, yakni transmisi otomatis kovensional dan continous variable transmission ( CVT). Keduanya memiliki cara kerja yang berbeda saat menggerakkan mesin.

Lebih "Gereget" Mana, Matik Konvensional Atau CVT?

Baca juga: Begini Beda Transmisi CVT dan Matik Konvensional

Baik matik konvensional maupun CVT dinilai memiliki plus minus. Mekanik bengkel R Speed, Heron, menilai matik CVT lebih enak dikendarai karena tarikan lebih terasa halus dan minim hentakan saat terjadi perpindahan gigi.

Hanya saja, Heron menyebut perawatan CVT juga lebih rumit. Karena merupakan teknologi terbaru, tidak semua mekanik umum paham akan teknologi yang satu ini. Jika mobil mengalami masalah, cukup sulit mencari bengkel yang bisa menanganinya, terkecuali bengkel resmi.

"Beda dengan matik konvensional yang sistemnya tidak terlalu rumit," kata Heron seperti yang dilansir dari Kompas.com, beberapa waktu lalu.

Selain itu, Heron menyebut oli yang digunakan CVT juga tidak boleh sembarangan karena harus menggunakan oli khusus. Karena itu, Heron menilai matik konvensional lebih tahan banting dibanding CVT.

"Matik jadul lebih kuat dibanding yang matik sekarang karena yang sekarang kan olinya harus pilih-pilih," ucap Heron.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 10 Mei 2020 | 14:20 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

infomobilbarubekasmatiktransmisi