sistem rem mobil
Rem mobil

Informasi Seputar Fungsi dan Jenis Rem Mobil yang Wajib Dipahami

12 Jul 2020 | 13:07 WIB

Saat membeli mobil bekas, Sahabat wajib melakukan pengecekan. Mulai dari ruang mesin, kaki-kaki, ban, dan langkah berikutnya adalah memastikan rem benar-benar bekerja dengan baik. Perlu diingat, rem adalah komponen vital dalam mobil. Kalau tidak bekerja dengan baik, akibat yang ditimbulkan bisa sangat fatal. Karena itu, cari tahu apakah rem mobil Sahabat dalam keadaan baik. 

Pahami Rem Mobil Mulai dari Manfaat Hingga Dampaknya

Membeli mobil seken memang bisa jadi solusi untuk Sahabat Garasi yang punya bujet rendah, tetapi ingin mendapatkan mobil berkualitas baik. Daripada menunggu ada dana untuk beli yang baru, mendapatkan mobil lama adalah pilihan menarik. Apalagi kalau Sahabat tahu bagaimana cara memilih mobil bekas yang tepat. Sahabat bisa membaca Beli Mobil Bekas Di Era New Normal Lewat Situs Online Menguntungkan, Ini Buktinya.

Fungsi Rem Mobil

Sebelum jauh membahas tentang jenis rem mobil, ada baiknya Sahabat mengetahui terlebih dahulu manfaat sebenarnya rem pada mobil. Pasti banyak dari Sahabat yang berfikir kalau rem adalah untuk memberhentikan mobil. Saat kaget dan panik, pasti banyak dari Sahabat Garasi secara spontan menginjak rem penuh. Padahal hal ini sangat tak dianjurkan. 

Tindakan tersebut dianggap bisa mengurangi daya cengkeram ban ke aspal. Hal itu karena banyak yang berpikir salah dengan sistem pengereman, yakni beranggapan untuk menghentikan laju kendaraan. Fungsi utama rem mobil adalah untuk mengurangi kecepatan, bukan untuk menghentikan kendaraan. Kalian bisa membaca mengenai teknologi pada rem mobil di artikel Jenis Teknologi Sistem Rem Mobil dan Ciri Rem Mobil yang Berbahaya.

Jenis rem mobil

Bila sudah mengetahui manfaat rem, sekarang Sahabat perlu tahu jenis dari rem. Jangan sampai Sahabat tidak tahu apa sebenarnya sistem rem mobil yang ada pada kendaraan Sahabat. 

  • Rem parkir mobil model tuas tarik
  • Rem parkir mobil model tuas dongkrak
  • Rem parkir model pedal
  • Rem parkir elektrik

Nah Sahabat, itulah jenis-jenis rem mobil yang perlu Sahabat ketahui. Selain jenis, Sahabat juga perlu tahu bagaimana cara kerja dari masing-masing jenis rem mobil tersebut. Untuk lebih jelas, Sahabat bisa membacanya di Kenali Jenis Rem Parkir Mobil dan Cara Menggunakannya

Pahami Rem Mobil Mulai dari Manfaat Hingga Dampaknya

Di artikel tersebut Sahabat akan mengetahui bagaimana rem parkir mobil bisa bekerja, mulai dari saat rem parkir mobil ditarik, saat rem parkir mobil dilepas, hingga apa saja komponen pada sistem rem mobil. 

Penggunaan Rem Mobil yang Salah

Berbicara rem mobil, ada hal yang perlu Sahabat ingat nih. Kesalahan ketika menggunakan rem mobil bisa membuat bagian mobil yang lain seperti kopling rusak lho Sahabat. Banyak pengguna mobil banyak yang mengeluhkan rusaknya kopling setiap penggunaan sehabis liburan. Rusaknya kopling dinilai akibat cara penggunaan yang salah saat mobil berada dalam kemacetan. 

Pahami Rem Mobil Mulai dari Manfaat Hingga Dampaknya

Hal ini biasa terjadi pada mobil bertransmisi manual. Seringkali pengguna mobil manual malas untuk memindahkan tuas persneling ke posisi netral seraya menekan rem tangan saat macet. Mereka lebih memilih tetap menginjak kopling. Padahal cara ini dinilai salah. Untuk lebih jelas soal kopling mobil yang rusak karena malas gunakan rem tangan pada mobil, kamu bisa membaca Manfaatkan Rem Parkir, Jangan Terus Injak Kopling saat Macet

Suara Berdecit Pada Rem Mobil

Permasalahan lain soal rem mobil yang sering timbul ialah, munculnya suara berdecit ketika berkendara. Ya, sumber suara tersebut biasanya datang dari bagian sistem pengereman.

Pahami Rem Mobil Mulai dari Manfaat Hingga Dampaknya

Adapun beberapa sebab akibat suara rem mobil berdecit antara lain:  

Percikan Air

Air memang memiliki sifat membersihkan, tapi pada mobil tertentu air bisa menimbulkan bunyi decitan saat dilakukan pengereman. Tapi bunyi ini akan hilang dalam kurun waktu tertentu.

Tetesan Oli

Oli tidak hanya mengganggu proses pengereman, tapi juga bisa menimbulkan bunyi. Alasanya oli bisa menyebabkan kanvas dan disc brake lebih licin saat bergesekan. Sehingga hasilnya berupa suara yang cukup nyaring saat kita tekan pedal rem.

Debu

Debu atau kotoran pada permukaan disc brake akan menghalangi pad rem saat melakukan pengereman. Hasilnya, berupa grinding noise yang terdengar cukup jelas. Masalah ini sering terjadi pada sistem rem tromol yang memiliki desain tertutup. Debu ini bisa berasal dari polusi ataupun dari serbuk kanvas rem yang terkikis. Baca juga Begini cara membersihkan kampas rem cakram

Pedal Rem Kurang Pelumas

Hal ini artinya engsel pada pedal rem yang kurang dilumasi. Sebagai engsel tentu membutuhkan pelumas seperti grease, jika tidak terpenuhi maka akan timbul suara dari dalam kabin saat pedal rem ditekan.

Nah itulah beberapa fungsi rem mobil dan penyebab rem mobil berdecit yang perlu Sahabat ketahui. Tidak hanya komponen pengereman saja yang perlu Sahabat rawat, bagian eksterior seperti bodi mobil, interior hingga bagian mesin juga wajib dilakukan perawatan secara berkala agar mobil tetap optimal ketika digunakan. 

Informasi Seputar Fungsi dan Jenis Rem Mobil yang Wajib Dipahai

Nah, jika kalian bingung melakukan servis berkala atau perawatan mobil lainnya, Garasi.id adalah #PIlihanAman untuk membuat mobil kamu selalu optmial. Di Garasi.id tersedia berbagai perawatan mobil yang lengkap dan tentunya banyak promonya. Daripada penasaran, yuk cek layanan Jasa dan Servis di Garasi.id.


Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 13 Jul 2020 | 14:43 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

remmobilremberdecitkoplingrusakremparkirtipandtrikotomotifgarasiid