Jangan hanya melihat wujudnya saja, lihat juga fitur keselamatannya
Fitur keselamatan mobil merupakan hal terpenting ketika membeli mobil

Hal Terpenting Ketika Membeli Mobil Bekas : Fitur Keamanan.

29 Jun 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN

Saat hendak membeli mobil Sahabat pasti akan mempertimbangkan beberapa hal, yaitu dari segi jenis mobil yang akan digunakan, merk mobil, desain yang menarik, performa mesin, atau keselamatan dan kenyamanan saat berkendara, dari semua itu yang perlu dipertimbangkan saat hendak membeli mobil bekas adalah fitur keselamatan, fitur ini harus ada dan tidak boleh terlewatkan begitu saja.

Oleh karena itu, saat akan membeli mobil entah itu baru atau bekas perhatikan fitur-fitur keselamatan yang terdapat di mobil terlebih dahulu, baru setelah itu perhatikan fitur-fitur lainnya. Kali ini Garasi.id ingin memberikan beberapa info, fitur-fitur keselamatan apa saja sih yang perlu diperhatikan?

Airbags (kantong udara)

Fungsi dari kantong udara ini adalah untuk mengamankan pengemudi dari benturan, entah itu dari depan atau samping. Mobil-mobil sekarang biasanya sudah dilengkapi dengan kantong udara hingga 7 titik pada mobilnya, jadi baik pengemudi dan penumpang mendapat perlindungan dari ancaman cedera.

Tetapi ada beberapa sumber yang mengatakan bahwa kantong udara ini dapat menyebabkan cedera jika mengembang, jika Sahabat mengemudi dengan posisi yang benar, kantong udara tidak akan membuat cedera fatal. Kantong udara sendiri merupakan teknologi pencegahan pertama yang dapat menolong nyawa kamu disaat terjadi kecelakaan, tidak mungkin teknologi itu justru membuat kamu cedera.

Seatbelts

Sering ditemukan para pengemudi meninggal dunia akibat tidak menggunakan sabuk keselamatan dengan benar, padahal fitur keselamatan di mobilnya sudah sangat canggih. 

Ingat, fungsi sabuk pengaman ini untuk menahan pengemudi mobil dan penumpang agar selalu berada dalam posisi duduk normal ketika mobil mengalami kecelakaan. Jika kamu tidak menggunakan sesuai prosedur, bisa-bisa kamu terpental keluar kabin dan mengalami cedera parah.

Sistem pengereman ABS (Antilock Brakes System)

Salah satu fitur keamanan canggih yang terdapat di mobil yakni fitur pengereman ABS (Anti Lock Brakes System). Fitur ABS berfungsi sangat penting ketika kamu melakukan pengereman mendadak. Pada mobil yang tidak menggunakan ABS saat dilakukan pengereman mendadak kemungkinan besar roda akan terkunci dan mobil tergelincir. Berbeda dengan mobil yang menggunakan sistem ABS, sistem ini akan mencegah roda terkunci walaupun kamu melakukan pengereman mendadak, di kondisi hujan dan jalanan licin pun sistem ABS akan membantu mobil tidak tergelincir.

Baca juga: Begini car menggunakan dan merawat rem ABS



Electronic Stability Control

Electronic Stability Control ini memiliki banyak istilah yang mengacu pada sistem yang sama misalnya Vehicle Dynamic Control (VDC), Dynamic Stability Control (DSC), Electronic Stability Program (ESP), Vehicle Stability Control (VSC) atau Vehicle Stability Assist (VSA). Intinya, teknologi ini mampu mencegah terjadinya kecelakaan pada lintasan yang sulit misalnya jalanan yang licin dan tikungan yang tajam. Caranya dilakukan dengan membuat kendaraan stabil melalui yaw moment serta mendeteksi dan meminimalisir adanya slip.

Ketika berkendara, sebenarnya terdapat potensi terjadinya understeer atau oversteer karena memang setiap mobil memiliki salah satu karakter tersebut. Understeer adalah kondisi dimana mobil sulit berbelok yang disebabkan roda depan kehilangan traksi dan terlalu cepat memasuki tikungan. Sedangkan ketika oversteer, mobil cenderung mudah melintir karena bagian buritan mobil yang terbuang. Pada intinya, baik understeer atau oversteer terjadi karena adanya kehilangan kontrol pada mobil, yaitu ban pada roda mobil kehilangan traksinya.

Baca juga: Kamu harus tau ini perbedaan understeer dan oversteer



Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 29 Jun 2019 | 13:01 WIB
BAGIKAN