Tilang Kendaraan
Waspada Razia Kendaraan

Hati-Hati, Razia Itu Tidak Dilakukan Hanya Dengan Satu Polisi

19 Jul 2018 | 12:00 WIB

Masyarakat pengguna sepeda motor atau mobil wajib curiga apabila menemukan razia lalu lintas, hanya ada satu orang petugas polisi. Sebab, secara aturan tidak seperti itu. 

Merujuk pasal 22 ayat (1) dan (2) PP 80/2012, maka Petugas Kepolisian yang memberhentikan kendaraan bermotor dan memeriksa surat-surat pada dasarnya wajib memasang tanda yang menunjukkan adanya pemeriksaan kendaraan. 

Hati-Hati, Razia Itu Tidak Dilakukan Hanya Dengan Satu Polisi

Menurut Kabag Ops Korlantas Polri Kombes Pol Benyamin, masyarakat juga diperbolehkan bertanya kepada petugas tersebut mengenai asal kesatuan, hingga jenis dan pasal kesalahaannya yang membuat harus ditilang

"Kalau curiga lagi dan tidak percaya sekaligus saja minta ditilang agar tidak kena tipu polisi gadungan," ujar Benyamin, melansir dari laman Kompas.com, Senin (16/7/2018). 

Baca Juga :  Beri Efek Jera, Oknum "Nakal" Bakal Kena Sanksi

Sementara itu, Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya AKBP Budiyanto menambahkan bahwa masyarakat harus hati-hati, jangan sampai kena tipu dan agar selalu waspada jika menemukan hal seperti itu. 

"Jadi harus curiga dan minta saja tunjukan kartu anggota atau surat tugasnya," kata Budiyanto seperti dilansir laman NMTCPolri, Selasa (17/7/2018). 

Sebelumnya ramai diberitakan bahwa Polda Metro Jaya berhasil menangkap Joseph Anugerah (20) karena melakukan penipuan dengan cara menjadi anggota polisi lalu lintas dan menjalankan pungutan liar (pungli) di JLNT Casablanka.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:38 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

mobilbarubekasjualbeliaturanuutilangraziaoknumberitanewsotomotifpolisiwaspada2018jakarta
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family