Tips hilangkan penyok
Hilangkan Penyok Pada Mobil

Hilangkan Penyok Ringan Pada Mobil Dengan Cara Ini

04 Feb 2019 | 21:23 WIB
Banyak hal yang dapat menjadi penyebab bodi mobil Sahabat Garasi menjadi penyok seperti terbentur sesuatu, kurang hati-hati ketika parkir, tertimpa benda dari atas dan masih banyak lainnya. Bodi mobil merupakan tampilan yang akan memperlihatkan kesan keindahan dan keeleganan mobil yang Sahabat kendarai. Tentunya dengan kondisi body mobil yang rusak akan membuat mobil Sahabat menjadi tidak menarik lagi untuk dipandang.

Permukaan mobil yang penyok sebenarnya dapat Sahabat atasi dengan membawanya ke bengkel, namun karena hal itu Sahabat perlu mengeluarkan biaya yang cukup banyak. Belum lagi jika Sahabat harus antri berjam-jam di bengkel untuk mendapatkan bodi mobil Sahabat menjadi mulus seperti awal. Namun tenang saja, Sahabat dapat memperbaiki bodi mobil yang penyok itu sendiri di rumah tanpa harus body repair. Nah berikut ini beberapa solusi cara memperbaiki body mobil yang penyok.

Cara Mudah Hilangkan Penyok Ringan Pada Mobil

Hilangkan Penyok Ringan Pada Mobil Dengan Cara Ini

1. Menggunakan Hair Dryer dan Cairan Karbondioksida

Sahabat dapat memanfaatkan pengering rambut atau hair dryer dan dengan bantuan cairan karbondioksida sebagai salah satu cara memperbaiki bodi mobil yang penyok. Sahabat dapat membeli karbon dioksida cair di toko-toko kimia terdekat. Berikut langkah-langkah memperbaiki bodi mobil dengan hair dryer:

Pertama-tama siapkan terlebih dahulu pengering rambut dan sebotol cairan karbondioksida cair. Nyalakan hair dryer kemudian arahkan udara panas ke bodi mobil yang mengalami penyok. Lakukan hal itu terus menerus hingga dirasa cukup panas. Memanaskan area tersebut akan berbeda dari setiap kondisi penyok pada mobil kamu. Untuk bagian penyok yang besar biasanya membutuhkan setidaknya 3-5 menit.

Setelah itu, segera semprotkan karbondioksida cair pada bagian yang telah dipanaskan.
Kemudian tekan-tekan kembali sampai kembali lagi ke bentuk asalnya.

Cara ini memanfaatkan perubahan suhu secara tiba-tiba dari panas menjadi dingin, dimana penyok bodi mobil ini akan tertarik akibat hentakan daya dorong yang muncul akibat perubahan suhu yang drastis di dalam waktu yang singkat. Seperti yang diketahui, hair dryer mampu meningkatkan suhu secara drastis dan cairan karbondioksida mampu menurunkan nya secara cepat sekitar -109 derajat celcius.  Dengan perubahan suhu yang drastis dapat mengembalikan bentuk bodi mobil yang tadinya penyok menjadi rata dan kembali ke bentuk asalnya. Namun ingat Sahabat Garasi, cara ini hanya dapat kamu gunakan untuk memperbaiki mobil yang penyok dengan ukuran yang kecil bukan dalam skala yang besar dan terdapat bagian yang hancur.

Merawat Kendaraan, Kamu Pilih Bengkel Resmi atau Bengkel Umum?

Mau kendaraan Sahabat tetap awet ? kuncinya adalah jangan sampai terlewat melakukan perwatan rutin. Sahabat merawat kendaraan di bengkel resmi atau umum?

2. Menggunakan Air Panas

Cara memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan menggunakan air panas sebenarnya memiliki konsep yang sama dengan cara sebelumnya, namun bedanya hanya bahan untuk melenturkan bodi mobil kali ini tidak menggunakan hair dryer melainkan air panas. Nah berikut ini langkah-langkah memperbaiki bodi mobil dengan menggunakan air panas yang dapat Sahabat Garasi simak:

Siapkan terlebih dahulu air panas yang akan Sahabat gunakan untuk memanaskan bodi mobil. Siramkan sedikit demi sedikit air panas tersebut ke bagian bodi mobil yang mengalami penyok. Sahabat dapat menggunakan teko atau ceret air sebagai wadah air panas tersebut. Gunakan kain untuk memberikan tekanan ke bagian mobil yang mengalami penyok hingga kembali ke bentuk yang sebelumnya. Yang perlu Sahabat perhatikan adalah jangan terlalu keras untuk memberikan tekanan ke bagian mobil tersebut, yang ada malah akan terlalu terlewat sehingga membuat bentuk mobil Sahabat berubah atau bahkan bodi dapat pecah.

Ulangi langkah-langkah diatas hingga beberapa kali sampai mendapatkan hasil yang maksimal. Cara memperbaiki bodi mobil yang penyok dengan menggunakan air panas ini memang sudah cukup dikenal oleh kalangan umum, bahkan sudah banyak yang membuktikan cara ini. Hal ini pun dapat Sahabat lakukan walau bagian bumper mobil Sahabat memiliki sensor parkir belakang.

Namun ingat ya Sahabat Garasi, cara ini hanya dapat dilakukan untuk jenis bumper yang berbahan plastik ataupun serat karbon sehingga pada saat Sahabat menyiramnya dengan menggunakan air panas dapat memudahkan Sahabat untuk menarik ke luar bagian mobil yang penyok tadi. Hal ini sangat sesuai dengan hukum fisika yang Sahabat Garasi pelajari ketika di bangku sekolah dulu. Semoga tips ini bisa bermanfaat untuk semua Sahabat Garasi. Selamat mencoba!

Foto : Garasi.id
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 13:18 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

bemperhairdryerpenyokairpanastipsbelimobilbekasmobilbekasmurahjualmobilmurahjualbelimobilonlinejualbelionlinemobilonline