Jaga Mika dari waran kekuningan
Toko Garasi.id

Ini Cara Tepat Jaga Mika Lampu Tetap Bening

08 Feb 2019 | 14:16 WIB
Sebagai salah satu komponen terpenting, lampu depan atau head lamp tidak hanya berfungsi menerangi jalan di malam hari tetapi juga memberikan informasi mengenai posisi mobil Sahabat ke pengendara lain. Oleh karena itu, agar dapat tetap berfungsi dengan optimal dibutuhkan perawatan yang tepat. Seperti halnya komponen mesin mobil, komponen lampu juga sangat penting.

Mengetahui cara merawat mika lampu dan melakukan perawatan secara rutin dan berkala akan memberikan ketahanan dan keawetan mika lampu, baik dari sisi kebeningan kaca hingga kehalusan permukaan mika lampu. Hal ini tentu akan berdampak pada pencahayaan lampu mobil Sahabat.

Mika lampu pada mobil yang sudah berusia lima tahun keatas kerap terlihat berwarna buram dan tidak bening. Menguningnya mika lampu ini lebih disebabkan karena kurangnya perawatan dan membiarkan mika lampu terpapar sinar matahari terlalu lama dalam jangka waktu lama. Untuk membuat mika lampu awet dan tidak cepat menguning dibutuhkan beberapa perawatan yang benar secara rutin dan berkala.

Ini Cara Tepat Jaga Mika Lampu Tetap Bening

Baca juga: Hilangkan Penyok Ringan Pada Mobil Dengan Cara Ini

Berikut tips cara merawat mika lampu kendaraan agar tetap awet dan terjaga kebeningannya :

1. Parkir di tempat yang teduh

Sinar UV yang berasal dari matahari dapat memberikan dampak mika lampu menjadi menguning lebih cepat akibat panas yang berasal dari sinar UV. Sebaiknya hindari parkir ditempat panas atau gunakan pelindung lampu ketika mobil Sahabat terpaksa harus parkir ditempat panas.

2. Memilih lampu yang dayanya sesuai

Supaya performa lampu mobil selalu maksimal maka mulailah dengan memilih lampu yang sesuai kapasitas mobil. Pastikan daya yang diserap lampu mampu disuplai dengan baik oleh mobil Sahabat, sehingga tahan lama dan tidak mudah meredup.

3. Gunakan cairan anti sinar UV atau Wax

Cairan anti sinar UV ini bisa Sahabat dapatkan di toko sparepart mobil terdekat,karena banyak di jual umum di pasaran. Cairan ini dapat di gunakan sebagai pelindung mika lampu mobil agar awet bening.

4. Gunakan Bohlam Lampu sesuai spesifikasi

Di setiap lampu mobil tertulis spesifikasi lampu standart Pabrik, apabila Sahabat mengganti dengan lampu yang watt nya lebih besar dapat mengakibatkan mika lampu menjadi cepat menguning atau buram karena panas yang di timbulkan melebihi dari kapasitas yang di buat untuk mika lampu tersebut. Maka gunakanlah bohlam lampu yang sesuai standard mobil tersebut. Apabila ingin mengganti bohlam, gunakanlah lampu yang Watt nya lebih kecil tetapi memiliki hasil cahaya yang lebih terang.

5. Cucilah mika lampu setelah kena hujan

Air hujan dan kotoran dapat membuat mika lampu mobil Sahabat mengalami goresan yang dapat membuat kotoran tersebut masuk ke dalam mika lampu sehingga mika lampu menjadi buram. Sebaiknya segera cuci lampu menggunakan air bersih ketika mobil Sahabat baru saja terguyur hujan Jangan lupa gunakan lap yang lembut saat mengeringkan permukaan mika lampu mobil Sahabat untuk mencegah terjadinya goresan pada mika mobil Sahabat.

6. Gunakan cairan khusus

Setelah Sahabat mengikuti beberapa Tips diatas, namun mika lampu sudah terlanjur buram dan menguning, dapat menggunakan cairan/obat khusus untuk bahan mika ataupun plastik dan di bantu menggunakan amplas halus.

Begitulah beberapa cara yang bisa dilakukan Sahabat Garasi untuk merawat mika mobil agar terhindar dari warna yang kekuningan. Selain melakukan perawatan sendiri, Sahabat juga bisa melakukan perawatan melalui Toko Garasi.id. Di Toko Garasi.id Sahabat bisa membeli kebutuhan mobil yang diperlukan seperti halnya aksesoris, perawatan mesin, ban, dll. Untuk info lebih jelas Sahabat bisa langsung cek ke Toko Garasi.id. Semoga dengan informasi ini, wawasan Sahabat Garasi untuk merawat mobil bisa semakin bertambah.
Foto : Garasi.id

Ditulis oleh RIZKY YUNIHARTO
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 04:00 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsmikamobilmikamobillampulampumobilmerawatmenjagabeningjernihmencuciwattsesuaitokogarasiidgarasiidotomotif
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081522550888
Logo Garasi.id
Copyright © 2024 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family