Sistem penggerak roda mobil
Sistem penggerak roda mobil

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

15 Okt 2019 | 14:58 WIB
BAGIKAN

Teknologi industri otomotif sangatlah berkembang pesat, salah satunya bisa dilihat dari perkembangan sistem penggerak roda mobil. Sebagai penyalur tenaga dari mesin ke roda, rangkaian perangkat ini menjadi penting untuk menentukan performa sebuah mobil. 

Konfigurasi sistem penggerak roda mobil sangat menentukan pengendalian, kestabilan, efisiensi, hingga kemampuan jelajah kendaraan. Pada aplikasinya, sistem penggerak roda mobil mengikuti jenis bodi yang digunakan pada sebuah mobil.

Sistem penggerak roda mobil

Di dunia otomotif internasional terdapat empat jenis sistem penggerak roda; sistem penggerak roda depan (FWD), sistem penggerak roda belakang (RWD), sistem penggerak empat roda (4WD), dan sistem penggerak semua roda (AWD). 

Biar Sahabat semakin paham, mari kita ulas secara mendalam bagaimana cara kerja, perbedaan, kelebihan dan kekurangan dari masing-masing sistem penggerak roda mobil tersebut.

Sistem penggerak roda depan (FWD)


sistem penggerak roda

Sistem penggerak roda mobil yang pada umumnya digunakan pada mobil-mobil di Indonesia adalah sistem penggerak roda depan. Artinya, tenaga yang dihasilkan oleh mesin dihantarkan sistem transmisi ke roda depan.

Tenaga yang diterima oleh roda depan akan membuat roda depan berputar sehingga mobil pun bergerak maju. Tipe mobil yang menggunakan sistem penggerak ini contohnya adalah Honda Jazz, Toyota Yaris, Mazda, MINI Cooper, dan masih banyak mobil lainnya.

Sistem penggerak roda belakang (RWD)


sistem penggerak roda belakang

Kebalikan dari sistem penggerak roda depan, sistem penggerak roda belakang menggunakan gardan sebagai penghubung tenaganya. Tenaga yang dihasilkan oleh mesin akan dihantarkan melalui gardan ke roda belakang.

Sistem penggerak roda mobil ini banyak dipilih karena desainnya yang sederhana. Sebut saja Toyota Innova, Toyota Avanza dan masih banyak mobil lainnya.

Sistem penggerak empat roda (4WD)


sistem penggerak roda depan

Selain sistem penggerak roda mobil diatas, ada juga sistem penggerak empat roda (4WD). Sistem penggerak roda ini memiliki komponen drive train yang memungkinkan pengemudi bisa memilih penyaluran tenaga hanya ke dua roda atau langsung ke empat rodanya sekaligus. Beberapa model seperti Pajero Sport, Fortuner, atau Jeep Wrangler sudan menyematkan sistem ini.

Sistem penggerak seluruh roda (AWD)

Sistem penggerak roda mobil ini bisa dikatakan memiliki cara bekerja yang sama dengan sistem penggerak roda 4WD. Hanya saja, pengemudi tidak bisa memilih hanya menyalurkan tenaga kedua roda atau keempat roda karena sistemnya permanen untuk empat roda. Beberapa model yang mengaplikasikan sistem ini diantaranya Lancer Evolution, Nissan GTR, Audi atau Subaru Impreza menggunakan sistem ini.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Bagaimana Sahabat? Sudah paham kan sistem penggerak roda mobil apa saja yang ada di dunia otomotif ini. Di Indonesia sendiri, sistem penggerak roda yang paling banyak diaplikasikan di mobil adalah penggerak roda belakang dan penggerak roda depan. Sangat jarang ditemukan mobil dengan sistem penggerak semua roda atau empat roda karena pajaknya akan mahal.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Di antara sistem penggerak roda mobil, baik itu sistem penggerak roda depan atau sistem penggerak roda belakang, manakah yang lebih unggul? Jika kita berbicara keuntungan dan keunggulan, sudah pasti masing-masing jenis memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri.

Tapi agar Sahabat lebih memahami apa bedanya, yuk kita beda apa saja kelebihan dan kekurangan sistem penggerak roda depan dan belakang.

Sistem penggerak roda mobil depan

Kelebihan

Biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda depan lebih murah, jika dibandingkan dengan biaya produksi pembuatan mobil penggerak roda belakang (tentunya di kategori mobil yang sama).

Kenapa lebih murah? Hal ini sebabkan oleh spare part pada sistem penggerak roda mobil, lebih sedikit. Selain itu, pemasangan drivetrain pada mobil yang menggunakan penggerak roda depan, lebih mudah.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Drivetrain sendiri adalah sebuah rangkaian komponen yang berfungsi untuk memindahkan tenaga mobil ke roda, sehingga mobil dapat bergerak. Dengan biaya produksi yang lebih sedikit, mobil dengan sistem penggerak roda mobil depan harga jual barunya lebih murah.

Dengan komponen yang jauh lebih sedikit, sistem penggerak roda mobil depan memiliki bobot yang lebih ringan. Dengan mobil yang lebih ringan akan secara signifikan mengurangi konsumsi bahan bakar lho Sahabat. Oleh sebab itu, mobil penggerak roda depan (FWD) lebih banyak diaplikasikan di mobil city car dan low MPV keluarga.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Berbicara mengenai traksi, mobil dengan sistem penggerak roda mobil depan memiliki traksi yang lebih bagus di jalanan licin. Karena roda depan yang menarik roda belakang bukan roda belakang yang mendorong roda depan. Selain itu berat mesin mobil yang berada di depan, membantu traksi roda depan saat hujan.

Kekurangan

Sistem penggerak roda mobil depan secara otomatis membuat bobot dibebankan di bagian depan. Hal ini membuat pengendalian mobil di kecepatan tinggi saat mobil berisi penuh penumpang, lebih susah dikendalikan. Dibandingkan dengan mobil dengan sistem penggerak roda belakang.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Karena sistem kemudi dan sistem penggerak tenaga ada di roda depan, jika Sahabat berakselerasi dengan cepat, maka mobil akan cenderung untuk bergerak kekiri atau kekanan dan ini adalah kelemahan mobil sistem penggerak roda depan.

Oleh karena itu, sangat jarang mobil balap menggunakan sistem penggerak roda depan. Walaupun ada beberapa mobil balap yang menggunakan sistem penggerak roda mobil di depan, biasanya akan disematkan komponen kontrol traksi.

Sistem penggerak roda mobil di depan, lebih rawan mengalami kerusakan pada area penggerak roda bagian depan, jika terjadi benturan di jalanan yang rusak. Karena kemudi dan tenaga pendorong ada di roda yang sama. Sedangkan penggerak roda belakang lebih tahan terhadap benturan di jalanan yang rusak.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Jika dilihat dari keuntungan dan kekurangan mobil sistem penggerak roda depan diatas. Pemilihan sistem penggerak roda pada mobil, tergantung dari tipe kamu mengemudi, kondisi jalan yang sering dilewati dan berdasarkan fungsi mobil yang akan Sahabat miliki..

Jika kamu tidak sering melewati jalanan rusak, hanya digunakan untuk dalam kota, tidak suka berakselerasi cepat, ingin bahan bakar lebih irit, serta penumpang sangat jarang penuh sampai ke kursi baris ketiga. Maka mobil dengan sistem penggerak roda mobil di depan akan sangat cocok untuk Sahabat

Sistem penggerak roda mobil belakang

Kelebihan

Untuk sistem penggerak roda mobil di belakang sendiri, terdapat 2 kelebihan utama yakni;

Dari segi desain, sistem penggerak roda mobil belakang sangatlah sederhana. Terutama desain pada as roda, kokoh dan kuat sangat cocok untuk digunakan di jalanan yang rusak. Untuk biaya perawatan atau perbaikan juga tidak akan sebesar dari mobil penggerak roda depan.

Sebagai contoh, jika kamu tanpa sengaja melewati jalanan berlubang atau polisi tidur dengan kecepatan tinggi, dengan sistem penggerak roda mobil di belakang mobil akan memiliki durabilitas kerusakan yang lebih lama.

Andai kata terjadi kerusakan pada as roda, biaya perbaikan jauh lebih murah dibandingkan dengan mobil penggerak roda depan.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Berbeda dengan sistem penggerak roda mobil di depan yang sangat rawan akan kerusakan as roda jika melibas jalanan rusak dengan kecepatan lumayan tinggi. Selain itu, ongkos perbaikan as roda juga lebih mahal di mobil penggerak roda depan.

Keunggulan lainnya dari sistem penggerak roda mobil di belakang adalah kesimbangan mobil yang lebih bagus. Terutama keseimbangan mobil saat berakselerasi dan pada saat mobil dikemudikan di kecepatan tinggi. Penyebabnya adalah berat kendaraan yang seimbang dari depan sampai ke belakang berkat as panjang dari depan ke belakang.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Oleh karena itu, sebagian besar mobil balap memakai sistem penggerak roda belakang. Selain itu, mobil dengan sistem penggerak roda mobil di belakang, ketika mengangkat beban berat lebih mudah dikendalikan ketimbang mobil dengan sistem penggerak roda mobil di depan.

Kelemahan

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Sistem penggerak roda mobil di belakang, kurang mendapatkan traksi di saat kondisi jalan licin karena hujan atau berpasir. Hal ini disebabkan karena daya dorong mobil berada di roda belakang. Jadi mobil akan susah dikendalikan saat kecepatan tinggi di jalanan yang licin.

Di mobil mewah dan mobil balap, pada mobil penggerak roda belakang. Saat ini telah dilengkapi dengan sistem kontrol traksi roda atau lebih dikenal dengan nama traction control system. Tujuannya untuk membantu pengendalian mobil saat dikemudikan di jalanan licin pada kecepatan tinggi.

Sebaliknya pada sistem penggerak roda mobil di depan, traksi ban mobil di jalanan licin lebih bagus walaupun tanpa kontrol traksi roda. Hal ini disebabkan karena daya dorong mobil berada di roda depan. Selain itu, berat mobil lebih banyak berada di depan membantu ban mendapatkan traksi yang lebih baik lagi.

Ini Dia ! 4 Perbedaan Jenis Sistem Penggerak Roda Mobil

Karena penambahan as panjang pada mobil untuk menggerakkan roda belakang, maka berat mobil akan bertambah. Hal ini mengakibatkan lebih borosnya konsumsi bahan bakar. Selain itu biaya produksi dari perakitan mobil dengan sistem penggerak roda belakang lebih mahal, berakibat akan nilai jual baru dari mobil.

Bagaimana Sahabat, sudah mengerti kan apa sih pengertian dan perbedaan sistem penggerak roda mobil di depan (FWD) dan sistem penggerak roda mobil di belakang (RWD).

Pilih Mana, FWD atau RWD Untuk Tungganganmu?

Salah satu topik yang kerap diperdebatkan para pengendara mobil ialah posisi roda penggerak. Ada yang beranggapan bahwa mobil dengan penggerak FWD lebih baik.


Walaupun perbedaan dari kedua jenis tersebut tidak berbeda jauh, keduanya memiliki daya tahan yang berbeda. Jika kamu lagi mencari mobil dengan sistem penggerak roda mobil di depan atau di belakang, di garasi.id tersedia banyak pilihan mobilnya lho. 

Foto: Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 16 Okt 2019 | 13:38 WIB
BAGIKAN