Headrest Mobil
Fungsi Headrest

Ini Fungsi Sandaran Kepala Pada Kursi Mobil

29 Jul 2018 | 16:00 WIB
BAGIKAN

Sandaran kepala atau headrest di jok mobil ternyata tidak cuma berfungsi membuat nyaman saat berkendara. Lebih dari itu, alat ini ternyata juga punya peran penting dalam aspek keselamatan berkendara. 

Dealer Skill Development Manager Honda Prospect Motor (HPM) Onsert Ophirio menyebut headrest dapat meniminalisir cedera pada leher pengendara saat terjadi tabrakan dari belakang. Karena itu, Onsert menghimbau bahwa tak disarankan bagi pemilik mobil untuk melepas headrest. 

Ini Fungsi Sandaran Kepala Pada Kursi Mobil

"Saya pernah menemukan ada pemilik mobil yang melepas headrest. Padahal sadaran kepala bisa mencegah cedera pada leher kalau terjadi tabrakan dari belakang," kata Onsert yang dilansir dari laman Kompas.com belum lama ini.

Baca Juga : Posisi Duduk Menentukan Keselamatan Saat Kecelakaan

Untuk posisi kepala di head rest saat berkendara, Onsert menyarankan pengemudi untuk mensejajarkan telingan dengan titik tengah head rest. Jadi tidak perlu menyetel headrest terlalu tinggi.

"Sandaran harus tegak dan posisi mengemudi sedekat mungkin ke sandaran. Jadi harus nempel," ujar Onsert. 

Mengutip dari laman Nissan Indonesia, disebutkan bahwa headrest dapat membuat kepala tersandarkan dengan baik. Sehingga leher tidak patah dan menyebabkan cedera parah saat mobil ditabrak dari belakang. 

Jadi sangat disarankan untuk mengatur sandaran kepala di mobil senyaman mungkin. Tujuannya agar dorongan berbahaya yang disebabkan oleh tabrakan dari belakang dapat dicegah. 

"Dengan begitu, risiko patah leher dapat berkurang dengan baik," tulis Nissan.

Nah Sahabat, mulai sekarang jangan sepelekan lagi headrest dimobilmu ya.

Foto : Garasi.id


Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 29 Jul 2018 | 16:00 WIB
BAGIKAN