Modifikasi Mobil
Modifikasi Tidak Bisa Asal

Jangan Asal Modif, Ini Bagian ‘Sakral’ Mobil Yang Tidak Bisa Diubah

07 Apr 2019 | 23:00 WIB
BAGIKAN

Memodifikasi mobil kesayangan tentu hal yang biasa, tapi memodifikasi mobil juga sebenarnya tidak boleh sembarangan. Ada beberapa aturan yang harus dipatuhi oleh setiap pemilik mobil jika ingin tetap memodifikasi mobil namun juga tetap merasa aman dan nyaman saat berkendara.

Aturan – aturan itu bisa saja soal aksesoris modifikasi yang berhubungan dengan safety riding. Aksesoris seperti ini tentu banyak kita temui di pasaran. Namun ada kalanya aksesoris tersebut bisa membahayakan si pengendara bila tetap dipasang pada mobil yang dimodifikasi. Oleh sebab itu, beberapa aksesoris yang berhubungan dengan safety ridding seperti berikut ini sebaiknya jangan sampai diganti.

Jangan Asal Modif, Ini Bagian ‘Sakral’ Mobil Yang Tidak Bisa Diubah

Apa saja sih komponen mobil yang nggak boleh dimodifikasi tersebut? melansir dari laman mobilipo.com, simak berikut ulasan lengkapnya.

Setir Kemudi

Setir bisa dibilang merupakan komponen utama sebuah mobil. Tanpa adanya setir, tentu membuat mobil jadi tidak dapat dikendalikan. Oleh sebab itu ada baiknya Sahabat tidak memodifikasi setir seperti pemasangan kenob yang seolah – olah mempermudah membelokkan setir dengan hanya menggunakan satu tangan tanpa menyadari bahaya yang mungkin timbul akibat pemasangan kenob tersebut. Selain itu, tenaga yang dihasilkan juga tentunya tidak sebaik jika Sahabat menyetir dengan menggunakan kedua tangan.

Kaca Film

Selain meredam panas sinar matahari, kaca film juga sebenarnya bermanfaat sebagai pelindung dari tindakan kejahatan. Bahkan pada kaca film terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi anti peluru. Namun memasang kaca film pada mobil juga ada aturannya.

Jika pemasangan kaca film terlalu over misalnya lebih dari 80%, hal itu juga dapat mengganggu pemandangan saat berkendara, lho. Apalagi jika Sahabat berkendara saat malam hari atau pada musim hujan. Jadi sebaiknya, sebelum Sahabat memodifikasi kaca film mobilmu, pastikan terlebih dahulu seberapa persen jarak pandang yang mampu Sahabat jangkau.

Pedal

Aksesoris berikutnya yang sebaiknya jangan dimodifikasi adalah pedal gas/kopling/rem mobil. Apabila terlalu over dalam memodifikasi pedal gas mobil, hal tersebut justru bisa saja menyebabkan hal – hal yang tidak diinginkan, lho. Apalagi kalau pedal gas, kopling, rem dilapisi plat berbahan metal yang sangat licin saat diinjak. Hal seperti itu justru bisa membahayakan Sahabat.

Klakson

Terakhir adalah klakson. Klakson yang biasa digunakan untuk berkomunikasi dengan pengguna kendaraan lainnya, dan juga digunakan untuk memberi peringatan kepada pengguna jalan agar lebih berhati – hati. Namun dewasa ini trend modifikasi klakson terbilang cukup laris di pasaran.

Padahal memodifikasi klakson juga ada aturannya, apalagi ada yang memasang sirine plus toa agar terlihat seperti mobil polisi. Hal ini memang menguntungkan, tapi dampaknya bisa merugikan pengguna jalan yang lain, ujung – ujungnya juga dapat ditilang polisi.

Itu tadi beberapa komponen dalam mobil yang sebaiknya nggak perlu Sahabat modifikasi. Karena selain beberapa akibatnya bisa merugikan pengendara lain, dampak terburuknya juga bisa mengancam keselamatanmu sendiri, lho. Jadi, boleh saja kok memodifikasi mobilmu agar jadi lebih keren, tapi juga tetap utamakan keselamatan dalam berkemudi ya Sahabat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 07 Apr 2019 | 23:00 WIB
BAGIKAN