Mobil listrik memiliki emisi yang rendah
Kecanggihan teknologi di bidang otomotif bisa dibuktikan dengan adanya mobil listrik

Jangan Samakan Mobil Autopilot dan Autonomous, Ini Bedanya

11 Agt 2019 | 22:00 WIB
BAGIKAN

Berbicara konsep mobil dengan teknologi tinggi tentunya kita mengacu pada produsen mobil listrik Tesla. Sudah tidak perlu dipertanyakan lagi keunggulan dari mobil listrik dengan teknologi paling canggih saat ini, salah satunya adalah teknologi Autopilot. Namun demikian, banyak di antara kita yang masih mengira bahwa mobil dengan teknologi autopilot sama dengan mobil tanpa awak alias autonomous. Padahal berbeda lho, jika kamu belum mengetahui perbedaaan antara teknologi autopilot dan autonomous, berikut beberapa perbedaanya yang berhasil Garasi.id rangkum.

Teknologi Kendaraan

Salah satu perbedaan yang mendasar adalah pada konsep kendaraan masing-masing. Mobil autopilot mengusung konsep self-driving. Konsep mobil autopilot yang diusung Tesla Model X pada dasarnya mirip dengan konsep autopilot pada pesawat terbang. Sedangkan mobil autonomous mengusung konsep driver-less alias benar-benar tanpa awak.

Jangan Samakan Mobil Autopilot dan Autonomous, Ini Bedanya

Sistem Kemudi

Perbedaan konsep yang telah diusung kedua jenis kendaraan tadi, juga ternyata mempengaruhi kemudinya. Tidak seperti mobil Autonomous yang memiliki konsep kemudi driver-less, untuk jenis mobil autopilot masih mengusung konsep self-driving. Artinya keberadaan pengemudi masih diperlukan untuk menghidupkan dan mematikan kendaraan.

Jangan Samakan Mobil Autopilot dan Autonomous, Ini Bedanya

Pada konsep mobil autopilot, pengemudi diperlukan selain untuk menghidupkan dan mematikan mesin juga diperlukan andai terjadi kondisi darurat seperti sensor yang tiba-tiba mati. Nah untuk mobil autonomous, seperti benar-benar tidak membutuhkan lagi adanya pengemudi. Mobil jenis autonomous dikendalikan dari jarak jauh untuk mengendalikan semua sistem di mobil tersebut.

Sensor Mobil

Untuk mobil dengan teknologi autopilot, mobil tersebut menggunakan jenis sensor kamera berspesifikasi tinggi yang berfungsi untuk menggantikan mata pengemudi dalam melihat jalan dan objek di sekitarnya. Sensor tersebut akan bereaksi untuk melakukan pengereman, menambah kecepatan atau menghindari sebuah objek selama berkendara.

Jangan Samakan Mobil Autopilot dan Autonomous, Ini Bedanya

Berbeda dengan teknologi autonomous dimana jenis sensor yang digunakannya adalah LIDAR (light-sense radar). Sensor tersebut bekerja dengan menembakkan dan menangkap kembali pantulan sinar laser terhadap objek sekitarnya.

Tingkat Keamanan dan Risikonya

Pada mobil yang mengusung teknologi autonomous, tingkat keamanannya hingga saat ini masih dalam pengembangan. Hal itu dikarenakan beberapa waktu lalu ketika melakukan pengujian ada beberapa permasalahan seperti manuver yang tidak sesuai kebutuhan dan permasalahan pada software. 

Sedangkan untuk mobil yang menggunakan teknologi autopilot, teknologi tersebut diklaim sudah memenuhi standar dan siap untuk digunakan oleh masyarakat dunia tergolong rendah.


Nah Sahabat, itulah beberapa perbedaan dari mobil berteknologi autopilot dan berteknologi autonomous, jangan disamakan ya!

Foto: Internet

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 11 Agt 2019 | 22:00 WIB
BAGIKAN