Power Window
Kaca Mobil Tidak Berfungsi

Kaca Mobil Tiba-Tiba Tidak Berfungsi? Coba Kenali Penyebabnya

13 Mar 2019 | 17:00 WIB
BAGIKAN

Kaca mobil macet dan susah ketika akan dibuka terkadang menjadi salah satu masalah yang sedikit menjengkelkan. Ini akan terasa sangat menjengkelkan ketika sedang hujan dan kaca mobil macet, tentu akan membuat mobil bagian dalam juga akan terkena air hujan. Terlebih ketika Sahabat akan membayar tol, tentu lebih merepotkan.

Rusaknya power window bisa menjadi salah satu penyebab kaca mobil macet susah dibuka. Power window adalah salah satu perangkat elektronik yang berfungsi untuk menaik-turunkan kaca mobil. Dengan fitur power window memudahkan Sahabat ketika akan membuka kaca atau akan menutup kembali kaca mobil.

Kaca Mobil Tiba-Tiba Tidak Berfungsi? Coba Kenali Penyebabnya

Baca juga: 8 Fitur Keselamatan 'Wajib' Yang Harus Ada di Setiap Mobil

Rusaknya kaca mobil merupakan salah satu hal yang sangat menjengkelkan, apalagi disaat kita akan membayar tol tentu hal ini sangat merepotkan kita selain itu juga pada saat musim hujan tiba, ini akan membuat bagian dalam mobil menjadi basah dan kitapun sebagai pengendara sangat tidak nyaman.

Pada kesempatan kali ini melansir dari laman showroommobil.co.id dan mekanikmitsubishi.com akan mencoba untuk membahas mengenai penyebab kaca mobil macet. Untuk mengetahui beberapa penyebab kaca mobil sulit dibuka atau macet, mari kita simak ulasan artikel dibawah ini:

1. Power Window Rusak

Penyebab kaca mobil macet yang pertama ialah karena bagian power window rusak. Power window merupakan salah satu bagian perangkat alat elektronik yang mempunyai fungsi untuk menaik turunkan kaca mobil secara otomatis. Rusaknya kaca mobil biasanya disebabkan karena bagian power window tidak menjalankan fungsinya dengan baik yang mengakibatkan kaca mobil menjadi macet.

Penyebab utama rusak power window yakni fuse atau sikring ada yang korsleting, fuse atau sikring merupakan alat elektronik yang memfungsikan sikring jika terjadi korsleting listrik yang sangat fatal, jika sikring korslet maka dipastikan power window akan rusak dan tidak akan berfungsi lagi, inilah penyebab utama kaca mobil macet.

2. Korsleting Power Window

Penyebab kaca mobil macet yang kedua yakni adanya korsleting pada power window yang disebabkan saklar terbakar, selai itu bisa juga dikarenakan plastik pada saklar aus hal ini juga menjadi penyebab tidak maksimalnya fungsi dari power window, hal inilah yang menjadi kaca mobil sulit dibuka atau pun macet. sistem kelistrikan pada mobil jika sudah rusak, Sahabat wajib teliti dalam melakukan pengecekannya.

3. Kerusakan Pada Dinamo Power Window

Penyebab kaca mobil macet yang ketiga ialah karena terjadi kerusakan pada dinamo power window. Fungsi penting dari dinamo power window ini yaitu untuk menjalankan regulator naik turunnya pada kaca mobil, dinamo power window terletak di bagian pintu mobil atau dibalik door trim mobil, jika terjadi kerusakan pada kumparan tenaga motor power window karena korsleting, itu dipastikan akan merusak power window dan menyebabkan kinerja power window tidak maksimal.

4. Lepasnya Dudukan Kaca Pada Regulator Kaca

Penyebab kaca mobil macet terakhir yang membuat kaca mobil sulit dibuka atau macet yaitu lepasnya dudukan kaca pada regulator kaca, regulator kaca mempunyai fungsi sebagai penggerak kaca dengan bantuan dari motor power window untuk menaik turunkan kaca mobil. Masalah atau kerusakan yang sering timbul dibagian ini disebabkan oleh gerigi yang telah aus selain itu penyebab lain dikarenakan dudukan kaca terlepas dari regulator kaca.

5. Kurangnya Perawatan

Banyaknya debu yang menempel pada kaca Sahabat saat kaca mobil dinaik turunkan setiap hari, tanda Sahabat sadari debu tersebut akan bersarang pada bagian power window dan lama – kelamaan akan menyebabkan kaca tersebut menjadi macet. Untuk itu sudah sewajarnya Sahabat sering membersihkan mobil dengan cara mencuci mobil tersebut secara rutin. Selain itu debu – debu yang menumpuk bisa menyebabkan kaca film mobil menjadi baret – baret Sahabat.

Nah Sahabat, Itulah 5 penyebab rusaknya kaca mobil, namun tidak semua dikarenakan power window rusak, selain itu juga banyak penyebab lain yang menjadi faktor rusaknya kaca mobil.

Demikian artikel tentang penyebab kaca mobil macet yang bisa dibagikan kepada Sahabat Garasi semua. Semoga artikel yang dibagikan kali ini bermanfaat.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 13 Mar 2019 | 17:00 WIB
BAGIKAN