Suspensi Terasa Empuk Menunjang Kenyamanan Ketika Berkendara
Suspensi Terasa Empuk Menunjang Kenyamanan Ketika Berkendara

Kenali Gejala-gejala Suspensi Mobil Kamu Bermasalah

12 Jan 2022 | 10:14 WIB

Selain bodi, sasis, mesin dan girboks, suspensi mobil juga memiliki peranan penting dalam kenyamanan dan keamanan saat berkendara. Suspensi atau kaki-kaki yang masih fit tentu akan menjadi kebutuhan bagi setiap pengemudi atau pemilik mobil.

Untuk itu, suspensi menjadi salah satu komponen yang harus dirawat secara berkala. Namun layaknya komponen mekanikal lainnya, kaki-kaki mobil Sahabat Garasi pun memiliki masa pakai dan akan menurun kinerjanya seiring masa pakai. Suspensi yang bermasalah akan mengganggu kenyamanan dan keamanan dalam berkendara.


Periksa Kondisi Komponen Suspensi Mobil Sahabat Garasi

Periksa Kondisi Komponen Suspensi Mobil


Baca Juga: Begini Dampaknya Jika Mobil Kebanjiran!


Penting bagi Sahabat Garasi untuk mengetahui tanda-tanda suspensi yang bermasalah. Sehingga, perlu mengecek komponen suspensi tersebut. Nah, Sahabat Garasi harus paham tentang suspensi bermasalah ini. Ini ulasannya:

  • Muncul Suara

Ketika sedang berkendara, Sahabat Garasi mendengar suara aneh, mungkin patut dicurigai bahwa suspensi mobil mulai bermasalah. Suara aneh yang dimaksud memang beragam, mulai dari suara berdecit, suara seperti gesekan hingga suara seperti hantaman yang disertai getaran. Segera lakukan pengecekan di bengkel kepercayaan.


  • Setir Aneh

Aneh yang dimaksud adalah pergerakan setir yang terasa tidak biasa atau tidak normal. Setir bisa saja terasa menarik ke arah tertentu, putaran terasa berat ketika dibelokkan ke salah satu arah, bergetar hingga posisi setir yang tidak pas. Jika hal ini terjadi, kemungkinannya adalah mulai terjadi masalah pada kaki-kaki, roda hingga sistem kemudi mobil Sahabat Garasi.


  • Oli Rembes

Cek kolong mobil Kamu dan ada rembesan oli pada pegas atau shockbreaker. Jika iya, maka komponen tersebut perlu mendapatkan penggantian segera. Saat terjadi rembesan, kemungkinan seal pada shockbreaker sudah lemah dan perlu diganti. Jika tetap dipaksakan, maka membuat kinerja shockbreaker menjadi tak maksimal atau bahkan tidak bekerja sama sekali.


Baca Juga: Ini Langkah Tepat Pilih Oli Mesin Untuk Mobil Kamu


  • Mobil Bising

Gejala ini terjadi apabila komponen seperti per dan shockbreaker sudah mulai menurun kondisinya. Perhatikan jika mobil melintasi polisi tidur atau jalan berlubang, jika redaman mobil terasa berkurang, atau bahkan tidak terasa sama sekali, maka Sahabat Garasi disarankan untuk lakukan pengecekan dan penggantian komponen jika diperlukan.


  • Mobil Miring Sebelah

Hal ini terjadi apabila kinerja per sudah mulai berkurang. Penyebabnya memang bermacam-macam. Sebut saja usia pemakaian hingga kebiasaan menanggung bobot berlebih hanya di satu sisi. Segera lakukan pengecekan dan penggantian lantaran akan mengganggu kenyamanan dan handling mobil Sabat Garasi.


  • Ban Aus

Jika ban terlihat botak atau aus tidak merata, menandakan ada yang tidak beres dengan suspensi atau setelan keselarasan roda atau biasa disebut wheel alignment. Cara paling mudah adalah dengan melakukan spooring dan balancing. Saat melakukan spooring, akan diketahui penyebab masalah terletak pada kaki-kaki atau pada wheel alignment roda.


Tips Agar Suspensi Mobil Jadi Nyaman

Nah, agar mencegah terjadinya kerusakan-kerusakan pada bagian suspensi mobil, Sahabat Garasi harus mengikuti tips dan trik berikut ini:

1. Jangan Bawa Beban Berlebihan

Ketika nanti Sahabat Garasi akan bepergian pastikan untuk tidak membawa beban yang berlebihan. Biasanya, setiap pabrikan mobil sudah merekomendasikan seberat berat batang yang mampu ditampung oleh sebuah kendaraan. Jadi, pastikan mengenali terlebih dahulu mobil yang Sahabat Garasi kendarai beserta beban yang disarankan untuk mobil.


2. Cek Tekanan Angin Ban

Salah satu hal yang masih dianggap sepele, namun justru jika dibiarkan bisa berbahaya. Pastikan tekanan angin pada mobil juga sesuai dengan rekomendasi dari pabrikan. Hal ini dikarenakan, ban mobil memiliki fungsi untuk meredam getaran sebelum dilanjutkan pada bagian suspensi.


3. Berkendara Cepat Di Jalan Berlubang

Ini juga salah satu hal yang kerap disepelekan. Jika jalanan rusak, pastikan untuk mengurangi kecepatan mobil. Jika tidak mengurangi kecepatan, maka getaran yang dihasilkan oleh mobil akan merusak suspensi.


Bahkan lebih buruknya lagi, ban mobil pun bisa lebih rusak. Oleh sebab itu, pastikan untuk mengurangi kecepatan jika Sahabat Garasi sedang mengendarai mobil di tengah jalanan yang rusak, seperti di beberapa jalanan yang ada di Indonesia.


4. Parkir Di Tempat Rata

Parkir pun bukan di sembarang tempat. Oleh karena itu, pilihlah di tempat yang punya landasan rata. Jika tidak salah satu suspensi mobil akan menahan beban yang besar dibandingkan suspensi lainnya. Jika ini terus dibiarkan, nantinya akan membuat suspensi menjadi lebih cepat rusak. Jadi, pastikan untuk selalu parkir di tempat yang rata.


Untuk Sahabat Garasi yang ingin melakukan perawatan mobil, bisa langsung cek di www.Garasi.id, untuk memenuhi kebutuhan perawatan mobil kesayanganmu seperti perawatan mobil, servis mobil, cuci mobil, spooring mobil, balancing mobil, ganti oli, sampai dengan servis rutin bulanan.


Ditulis oleh ALDY SURYA
Terakhir diupdate: 19 Feb 2022 | 11:53 WIB
Bagikan

Kata kunci pencarian

tipsotomotifjasaservisperawatanmobilgarasiid
Kontak email [email protected]
Nomor WA 081318588068
Logo Garasi.id
Copyright © 2022 PT. Digital Otomotif Indonesia.
All Rights Reserved
Member Of 
Blibli
 Family