e-Toll Pass
OBU di Gerbang Tol

Lebih Jauh Mengenal OBU di Gerbang Tol

24 Apr 2019 | 18:00 WIB
BAGIKAN

Pihak Jasa Marga pada Oktober 2017 lalu sudah mulai memberlakukan 100 persen penggunaan Gerbang Tol Otomatis (GTO). Terkait hal tersebut, Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dengan PT Jasa Marga (Persero) Tbk, memperkenalkan layanan e-Toll Pass sebagai layanan On Board Unit (OBU) kepada para pengguna jalan bebas hambatan.

E-toll pass ini menggunakan teknologi sistem sensor dalam melakukan pembayaran. Kelebihan e-toll pass dibanding e-money adalah kita tidak perlu lagi membuka kaca mobil untuk setiap melakukan transaksi di gerbang tol. Kalau sudah menggunakannya, maka kita dapat berkendara terus tanpa perlu berhenti saat ingin memasuki gerbang tol.

Lebih Jauh Mengenal OBU di Gerbang Tol

Walaupun begitu, penetrasi dari OBU yang dilakukan di Indonesia masih kurang begitu efektif. Hal ini dapat dilihat dari sedikitnya gerbang tol yang bisa melayani para penggunanya.

Apa itu e-Toll Pass?

Sebagian besar pengendara mobil pasti belum tahun tentang  e-Toll Pass, walaupun keberadaan e-Toll Pass sudah ada sejak lama. Melansir dari laman informasiotomotif.com, E-Toll Pass adalah alat khusus untuk pengguna jalan tol agar dapat membayar tol tanpa perlu berhenti dan membuka kaca mobil. Perangkat transmitter OBU (On Board Unit) ini dipasang pada kaca depan mobil (tengah, kiri atau kanan) sehingga memudahkan pengendara untuk melintasi Gerbang Tol Otomatis (GTO) bertanda e-tollpass dengan kecepatan 10 km/jam.

Baca juga: Salah Kaprah Fungsi Bahu Jalan Tol, Simak Ini Biar Nggak Kena Tilang

Setelah terdengar bunyi ‘bip’ di perangkat On Board Unit, palang pintu gardu tol akan terbuka secara otomatis dan Sahabat dapat terus melaju. Sangat praktis dan hemat waktu. e-Toll Pass juga dapat digunakan untuk melihat saldo pada e-Toll Card Sahabat (bisa menggunakan kartu Indomaret card, Gazcard, ataupun e-money mandiri)

Cara memasang e-toll pass di mobil

Berikut ini, ada beberapa langkah yang harus dilakukan dalam memasang e-toll pas di mobil. sesuai yang direkomendasikan oleh pihak Jasamarga dan Bank Mandiri:

  1. Langkah pertama adalah memasangkan dudukan pada e-toll pass
  2. Kedua, coba rentangkan dudukan alat tersebut ke tempat yang tepat di daerah yang menempel dengan kaca depan mobil kesayangan
  3. Lalu, tempelkan dudukan di tengah kaca depan yang sudah bersih
  4. Atur sedemikian rupa posisi dan sudutnya sampai tanda ‘strip’ yang ada menjadi sejajar horizontal
  5. Terakhir, tekankan dudukan sampai mengunci badan e-toll pass dengan kuat. Pastikan bahwa dudukan benar-benar terkunci dan tidak longgar.
  6. Bersihkan kaca depan dengan lap kering.
  7. Cabut stiker pelindung lem pada dudukan e-toll Pass.
  8. Tekan dudukan e-Toll Pass perlahan ke arah kaca depan. Pastikan lem pada dudukan telah melekat erat pada seluruh permukaan kaca.
  9. Kemudian masukkan mandiri e-money dengan benar ke tempat e-Toll Pass.
  10. Pastikan tanda strip pada e-Toll Pass sejajar horizontal. Sekarang e-Toll Pass Sahabat siap untuk digunakan.

Nah Sahabat, begitulah penjelasan, cara pakai dan cara pasang dari e-Toll Pass di kendaraan kesayangan. Semoga dengan informasi yang diberikan Sahabat Garasi menjadi bertambah lagi wawasannya. 

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 24 Apr 2019 | 18:00 WIB
BAGIKAN