Kunci Kendaraan Hilang
Cara Mengatasi Kunci Kendaraan Hilang

Jangan Panik, Begini Cara Tepat Bila Kunci Kendaraan Hilang

01 Apr 2019 | 16:00 WIB
BAGIKAN

Sahabat semua pasti pernah merasakan kehilangan kunci, entah kunci rumah, motor atau pun kunci mobil. Kehilangan benda penting seperti kunci memang sebuah hal yang menyebalkan, apalagi hilangannya disaat yang kurang tepat, misal saat mau menghadiri acara penting, tak jarang sebagian besar dari kita pun tentu pasti langsung panik saat harus menghadapi situasi seperti itu.

Banyak sekali penyebab kita bisa menghilangkan kunci, bisa lupa di mana tempat menyimpannya, jatuh tercecer, atau bisa jadi terbawa orang lain. Sebenarnya hal ini bisa dihindari kalau kita bisa mengantisipasinya terlebih dahulu, seperti berikut di antaranya.

Jangan Panik, Begini Cara Tepat Bila Kunci Kendaraan Hilang

1. Gunakan Kunci Cadangan

Orang cerdas pasti menuruti peribahasa terkenal yaitu sedia payung sebelum hujan. Seperti halnya ketika menyimpan kunci kendaraan (mobil), ada baiknya kamu selalu menyediakan kunci cadangan. Tujuannya tentu agar bisa membantumu disaat kamu tak sengaja menghilangkan atau lupa menaruh kunci utama yang sering kamu gunakan. Pastikan juga untuk menyimpan kunci cadangan di tempat yang aman dan hanya kamu sajalah yang mengetahuinya.

2. Manfaatkan Garansi

Apabila kedua kunci, yakni kunci utama dan kunci cadangan hilang, ada baiknya kamu segera menghubungi dealer untuk mendapatkan garansi. Garansi ini sangat penting untuk mempermudahmu saat menggunakan kendaraanmu, apalagi bila dihadapkan dengan situasi kunci kendaraan hilang. Jadi, sebelum membeli mobil bekas atau baru, pastikan dealer juga memberikan klaim garansi untuk kunci kendaraanmu, ya.

3. Membuat Duplikat Kunci

Jika kamu tidak memiliki kunci cadangan dan dealer kendaraanmu tidak menanggung garansi untuk kunci, maka cara lain yang sangat mudah bisa kamu lakukan adalah tentu dengan membuat kunci duplikat di tukang kunci. Karena meski kunci utama hilang, namun tukang kunci yang terlatih pasti bisa membuat duplikat kunci hanya dengan bermodalkan alat khusus seperti jarum yang ditancapkan di lubang kunci kendaraanmu.

4. Asuransi Mobil

Cara terakhir yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengklaim asuransi untuk mobilmu. Berhubung kehilangan kunci kendaraan termasuk dalam perlindungan mobil, maka kamu bisa terbebas dari segala biaya penggantian yang tergolong cukup mahal. Apalagi jika mobil milikmu adalah mobil jenis baru yang tidak sembarang tukang kunci atau dealer bisa membuatkan kunci cadangan seperti kunci kendaraanmu.

5. Hubungi ahli kunci

Langkah terakhir yang bisa dilakukan selain keempat langkah sebelumnya adalah dengan menghubungi ahli kunci. Hal ini bisa Sahabat lakukan ketika Sahabat sedang berada di luar rumah tanpa membawa kunci cadangan.

Sahabat bisa langsung menghubungi dealer karena biasanya mereka menyediakan jasa layanan ahli kunci ini atau bisa langsung jasa ahli kunci kendaraan yang biasanya membuka lapak di pinggir jalan.

Itulah dia 5 cara terbaik yang bisa Sahabat lakukan bila kunci kendaraanmu hilang. Semoga bermanfaat!

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh GARASI.ID
Terakhir diupdate: 01 Apr 2019 | 16:00 WIB
BAGIKAN