Garasi.id
Modifikasi Mobil

Mau Modif Mobil? Jangan Lupa Dampaknya..

25 Okt 2018 | 17:00 WIB

Untuk Sahabat yang baru saja membeli mobil bekas, atau hanya ingin sekadar mengubah tampilan mobil kesayangan. Alangkah baiknya Sahabat melakukan sentuhan modifikasi untuk dapat mempercantik tampilan mobil Sahabat. Namun, sebelum memulai terlalu jauh, setidaknya Sahabat perlu mengetahui bahwa modifikasi terbagi dalam dua jenis yakni ringan dan ekstrim.

Mau Modif Mobil? Jangan Lupa Dampaknya..

Karena masih banyak para pecinta otomotif yang kerap memodifikasi kendaraan kesayangan, tanpa memperhatikan aspek keamanan dan juga kenyamanan kendaraan. Hal tersebut berdampak kepada tingkat kenyamanan yang justru berkurang setelah mobil di modifikasi.

Hendro Saptono, Kepala Bengkel Haikal Motor menjelaskan, sebelum memodifikasi itu sebaiknya pemilik mobil harus mengetahui dampak kedepannya, apakah mempengaruhi kenyamanan berkendara atau tidak.

"Modifikasi itu pastinya memiliki dampak kepada kendaraan, karena belum tentu sama dengan standar pabrikan. Contohnya itu seperti perubahan pelek, dengan ukuran yang lebih besar, bannya pun menggunakan lebih tipis, itu berpengaruh kepada kenyamanan saat berkendara," ujarnya saat berbincang dengan Garasi, Rabu (24/10/2018).

Baca Juga : Tren Modifikasi Interior Mobil Kini Lebih Pantas

Dengan begitu, tambah Hendro, untuk menambah kesan 'ceper' tentunya pemilik mobil harus merubah suspensinya, karena jika menggunakan suspensi bawaan pabrik pasti mentok.

Hendro pun mengaku, saat ini gaya modifikasi yang sering diaplikasikan pemilik mobil adalah membuat mobil semakin rendah atau terlihat ceper. Gaya yang satu ini memang masih menjadi trend hingga saat ini. Salah satu cara mudah membuat mobil menjadi lebih ceper adalah dengan mengganti suspensi standard dengan suspensi aftermarket.

"Untuk menghasilkan style terbaik sesuai keinginan, harus mengorbankan kenyamanan. Itu yang harus pemilik kendaraan ketahui dulu," katanya.

Karena selain mengganti suspensi, pemilik kendaraan pun harus mengganti pelek yang Ia gunakan. Umumnya pelek  yang digunakan akan diperbesar ukurannya. Seperti contoh, pelek bawaan pabrik menggunakan 14 inchi, lalu diubah menjadi 16 inchi ke atas.

Jadi buat Sahabat yang ingin memodifikasi tampilan mobil, sebaiknya harus berfikir panjang terlebih dahulu, ya![DeF]

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 08 Mei 2020 | 23:51 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelimodifikasibodykittrenotomotiftipsmaterialsuvmpvcitycarsedanjakartadepokbekasitanggerangpelekotomotifgarasiid