OTOMOTIF
Otomotif Wanita

Mengenal Sederet Pionir Wanita di Dunia Otomotif

11 Mar 2019 | 17:00 WIB
Perempuan itu sangat identik dengan dunia kecantikan, masak-memasak, jahit-menjahit, mengurus anak, mengurus rumah, dan tentu saja belanja. Semua itu erat kaitannya dengan sosok feminim yang melekat pada perempuan, walaupun banyak juga perempuan yang tidak sepenuhnya feminim. Tapi paling tidak, hal-hal yang berhubungan dengan perempuan tidak terlepas dari semua itu. Hanya saja ternyata dunia otomotif bagi perempuan juga cukup mengasyikkan untuk ditelusuri.

Siapa saja dari para perempuan yang menyukai dunia otomotif? Dunia otomotif memang masih didominasi oleh laki-laki, tapi bukan berarti hanya sedikit wanita yang berkerja dalam industri otomotif. Faktanya, menurut data 2013 lalu di Amerika Serikat sekitar 25,4% pekerjaan dalam pabrik kendaraan bermotor dan perlengkapannya diisi oleh wanita. Sebagai teknisi hingga pebalap, wanita-wanita itu setidaknya telah menginspirasi kaum mereka untuk mengikuti passion mereka dan terlibat dalam industri yang didominasi pria ini. Berikut 5 pionir wanita dalam industri otomotif yang bisa menjadi inspirasi bagi wanita lain mengikuti jejaknya.
Mengenal Sederet Pionir Wanita di Dunia Otomotif

1. Simona de Silvestro

Simona de Silvestro merupakan satu dari dua wanita yang telah berkecimpung dalam balap IndyCar 2010, selain Danica Patrick. Pebalap Swiss ini telah mencatatkan pencapaian yang tinggi pada 2008 ketika ia memenangi musim pembuka Atlantic Championships.

2. D Danica Patrick 

sangat dikenal sebagai pebalap wanita. Dia sungguh mencatatkan prestasi tinggi di balap IndyCar 2008 bersama Simona de Silvestro, dan berada dalam 10 besar setidaknya dalam lebih dari dua tahun. Pada 2013 ia menjadi pebalap wanita pertama yang memenangi posisi start terdepan (pole position) dalam Daytona 500. Wanita sebelumnya yang pernah mencapai posisi itu adalah Janet Guthrie pada 1977.

3. Trista Schieffer

Schieffer telah memimpin insiyur dalam pengembangan baterai untuk kendaraan listrik atau battery electric vehicles (BEVs) di General Motor. Mobil berbahan bakar bensin masih wajar, tapi industri otomotif dapat mengambil keuntungan dari pengembangan teknologi-teknologi yang memungkinkan untuk mengurangi emisi seperti halnya mobil listrik. Shieffer, bersama Rebecca Roth dan Jessica Moreno, adalah tiga engineer wanita di GM yang memprakarsai cara-cara menuju industri otomotif yang lebih bersih dan pintar.

4. Alicia Boler Davis

Alicia merupakan Executive Vice Precident General Motors. Sebelumnya dia juga pernah didaulat sebagai 100 Leading Women in the North American Automotive Industry versi Automotive News. Pada 2014 dia juga mendapat penghargaan sebagai Technologist of the year award versi Women in Colour Magazine.

5. Elena Ford

Mungkin sudah seabad lebih sejak Henry Ford merubah wajah dunia otomotif dan sudah sejauh itulah keturunan-keturunannya menjalankan perusahaan berskala internasional itu. Namun tentunya nama-nama yang hadir sepanjang sejarah itu adalah laki-laki. Bagaimana dengan yang perempuan? Elena Ford adalah pendobrak kenyataan tersebut dengan menjadi salah seorang perempuan yang cukup berpengaruh di Ford Motor Company. 

Malahan dia adalah satu-satunya yang sanggup mencapai posisi tertinggi seperti sekarang ini.Elena memulainya dari menjabat sebagai Direktur Global Marketing Operations hingga sampai di posisi Global Dealer and Consumer Experience, dimana tugasnya adalah mestandarkan pengalaman dan hubungan terhadap konsumen di seluruh dunia.

Nah Sahabat, itulah beberapa nama wanita yang menggeluti dunia otomotif dunia yang biasanya di gemari oleh kaum pria. 
Foto : Garasi.id
Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 11 Mei 2020 | 07:57 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

otomotifwanitainspirasiduniapembalappengusahainfofaktagarasiid