Garasi.id menyediakan fitur jual mobil bekas yang aman dan terpercaya
Garasi.id menyediakan fitur jual mobil bekas yang aman dan terpercaya

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

30 Sep 2019 | 09:51 WIB
BAGIKAN

Indonesia merupakan salah satu negara yang memegang peranan besar dalam menguasai pasar otomotif di Asia Tenggara. Bisa kita lihat dengan beraneka ragam merk mobil yang berkeliaran di setiap hari khususnya di Ibukota, seperti BMW, Daihatsu, Honda, KIA, Mazda, Mitsubishi, Mercedes-Benz, Nissan, Suzuki, Toyota, Wuling dan yang lainnya. Dengan hadirnya berbagai merk mobil tersebut pasti Sahabat mulai tergerak untuk membeli mobil bekas ketimbang dengan mobil baru yang dirasa cukup mahal.

Beli Mobil Harus 4 Sehat 5 Sempurna !

Apa yang Sahabat pikirkan ketika mendengar kata mobil bekas, tentunya di pikiran kita langsung terbesit akan sebuah mobil dengan kualitas yang sudah usang, tidak layak pakai, dan cukup berumur, tetapi sebenarnya tidak semua mobil bekas seperti itu loh !

Faktanya banyak sekali para pengguna mobil bekas yang selalu merawat mobilnya dengan baik namun terpaksa menjual kendaraannya tersebut karena masalah finansial, ingin mengganti mobil, atau hal yang lainnya. Nah, bagi para Sahabat yang akan memilih untuk membeli mobil bekas ini tips membeli mobil bekas yang ampuh dan jitu.

Menanyakan sejarah mobil

Ketika Sahabat memutuskan untuk membeli sebuah kendaraan dengan merk tertentu, alangkah baiknya untuk menanyakan tentang sejarah dari mobil bekas tersebut. Banyak sekali pertanyaan yang bisa kita tanyakan kepada penjual seperti apakah mobil bekas tersebut pernah terlibat kecelakaan/tabrakan hebat, pernah terendam banjir, atau hal yang lainnya.

Lalu jangan lupa untuk melihat secara keseluruhan kondisi bagian interior dan exterior mobil bekas apakah ada yang rusak atau tidak. Hal yang tidak boleh dilupakan juga untuk mengecek kondisi mesin dengan cara membuka kap mesin dan melihat apakah di bagian mesin dan di kolong mesin ada bekas tetesan oli atau tidak, jika ada, Sahabat lebih baik bertanya apakah mesin mobil bekas tersebut mengalami kebocoran atau tidak.

Beli Mobil Harus 4 Sehat 5 Sempurna !

Melihat buku service rutin mobil

Mobil bekas yang sehat sudah pasti mobil yang memiliki catatan perawatan yang jelas, rutin dimana sudah tentu performanya pasti sangat optimal. Untuk mengetahui mobil itu sehat atau tidak, Sahabat hanya perlu memeriksa catatan servis mobil dari pemilik mobil. Tentunya di dalam buku catatan servis terdapat catatan kapan mobil itu terakhir di servis, komponen apa saja yang pernah diganti hingga kapan mobil tersebut harus kembali di servis.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Dengan data-data tersebut Sahabat akan lebih mudah dalam menilai performa mobil bekas tersebut. Demi keamanan dan kenyamanan, sudah tentu Sahabat lebih baik memilih mobil bekas yang rutin melakukan servis. Dengan begitu, mobil tersebut disimpulkan masih dalam kondisi baik dan siap untuk digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Melakukan pengujian sendiri alias test drive

Tahapan ini merupakan tahapan yang benar-benar Sahabat harus lakukan, bukan hanya sekedar berkendara namun Sahabat diwajibkan harus lebih peka terutama ketika mendengar bunyi-bunyi aneh di dalam kabin, lalu ketika melewati polisi tidur atau lubang apakah kaki-kaki mobil tersebut masih nyaman dan tidak mengeluarkan bunyi.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Lalu jangan lupa untuk mengecek pengereman apakah pedal rem terasa berat atau ketika Sahabat menginjak pedal rem mobil justru tidak berhenti, tanyakan sesegera mungkin kepada pemilik mobil bekas kenapa hal tersebut terjadi. Jangan lupa juga Sahabat untuk melakukan pengecekan seluruh ban yang ada di mobil bekas tersebut, karena ban yang sudah tidak layak pakai alias 'gundul' dapat menyebabkan kecelakaan yang fatal.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Ketelitian dalam menilai ketika melakukan test drive merupakan kunci utama dalam membeli mobil bekas, jangan terburu-buru menilai mobil tersebut baik atau buruk karena kondisi mesin yang sebenarnya baru bisa dilihat setelah dikendarai beberapa lama. Jangan lupa untuk menanyakan dengan sopan agar sang pemilik mobil menjawab dengan senang hati, lebih baik bertanya daripada menyesal kemudian.

Memilih mobil bekas dengan bijak

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Kerap kali ditemukan kasus dimana pengguna mobil bekas menyesal ketika membeli mobil bekas. Seperti yang Garasi.id jelaskan diatas, tidak semua mobil bekas itu jelek loh Sahabat, lebih baik kamu menahan diri dulu sejenak dan melakukan perbandingan dengan yang lain. Jika tergesa-gesa dan tidak dapat menahan diri, Sahabat akan melupakan hal-hal di atas yang tentunya berujung penyesalan loh. So be a smart buyer.

Garasi.id

Kekhawatiran masyarakat mengenai mobil bekas memang tidak bisa begitu saja dihilangkan dari benak manusia. Mereka beranggapan mobil bekas adalah mobil yang sudah tidak layak lagi digunakan. Tetapi nyatanya masyarakat lebih memilih membeli mobil bekas ketimbang membeli mobil baru yang bisa dibuktikan dengan berkembangnya industri e-commerce jual beli mobil bekas di Indonesia seperti halnya hadirnya Garasi.id.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Rasa kepercayaan masyarakat terhadap e-commerce seperti Garasi.id mulai tumbuh sendirinya sehingga mereka tidak ragu untuk memiliki mobil bekas. Mereka yang pada akhirnya memilih membeli mobil bekas merasa barang yang mereka beli sesuai dengan ekspektasi mereka. Sehingga impian untuk memiliki mobil bukanlah sekedar impian. Rasa kepercayaan itu tidak semata-mata tumbuh begitu saja, mulai dari pelayanan, barang yang dijual hingga kelengkapan menjadi kunci utamanya.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Ketika mereka ingin membeli mobil, kebiasaan untuk melihat kondisi mobil secara langsung merupakan sifat yang tidak mungkin diubah. Untuk itu, munculah berbagai improvement yang bisa membuat masyarakat percaya bahwa tanpa melihat secara langsung mobil bekas yang akan mereka beli, mobil tersebut merupakan mobil bekas dengan kriteria yang mereka inginkan.

Mobil Pilihan Garasi.id

Mobil Pilihan Garasi.id adalah mobil bekas berkualitas yang memiliki kondisi sangat baik dan prima yang sudah melalui proses seleksi dan lulus proses inspeksi dengan berbagai keuntungan tambahan dari Garasi.id. Keuntungan membeli mobil-mobil pilihan tersebut adalah mobilnya sudah lulus inspeksi, memiliki kilometer yang rendah, usia mobil muda (maksimal 5 tahun) dan bergaransi.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Tidak hanya menguntungkan dalam hal kondisi mobil, keuntungan lain yang bisa kamu dapatkan adalah bila Sahabat membeli Mobil Pilihan kamu berhak mendapatkan garansi komponen selama 1 tahun. Komponen-komponen tersebut meliputi komponen di bagian pengereman, mesin, pengendalian, AC, komponen kelistrikan dan masih banyak lagi lho.

Selain itu, mobil yang masuk kedalam kategori Mobil Pilihan Garasi.id adalah mobil-mobil yang sudah lulus inspeksi. Apa sih itu layanan inspeksi mobil? Apakah hanya mobil yang dijual saja? Atau mobil yang akan dijual dapat membeli layanan inspeksi mobil?

Layanan Inspeksi Mobil

Layaknya detektif, layanan inspeksi mobil menawarkan pengecekan mobil yang akan dijual atau akan dibeli apakah mobil tersebut memiliki reputasi yang baik dan sesuai dengan keinginan pembeli. Hasil dari inspeksi tersebut menjadi rapot baik atau buruknya penilaian terhadap suatu mobil.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Pada layanan Inspeksi mobil ini, Sahabat Garasi semakin dimanjakan dengan kemudahan untuk mendapatkan mobil bekas dengan rasa mobil baru. Inspeksi Mobil ini berisikan tentang layanan pengecekan mobil bekas yang dilakukan oleh montir ahli, sehingga saat Sahabat Garasi ingin membeli mobil dari Garasi.id tetapi masih bingung karena takut tidak mendapatkan mobil dengan kondisi baik, layanan Inspeksi Mobil di Garasi.id inilah yang akan menjawabnya.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Bekerja sama dengan salah satu bengkel ternama yaitu Nawilis, Automaster (Bandung), dan GBT Laras Imbang (Surabaya)Inspeksi Mobil memberikan layanan berupa pengecekan 170 poin yang terbagi menjadi :

  • Sejarah Kendaraan
  • Surat-Surat Kendaraan
  • Test Jalan
  • Exterior Kendaraan
  • Interior Kendaraan
  • Computer Diagnostic Kendaraan
  • Underhood

Untuk mendapatkan layanan inspeksi mobil Sahabat Garasi cukup melakukan :

Sahabat Garasi melihat iklan Inspeksi Mobil di Garasi.id, lalu menyertakan data berupa, Identitas pribadi, mobil yang akan diinspeksi, data penjual, dan jadwal yang diinginkan. Bila Sahabat Garasi sudah memenuhi persyaratan tersebut, pihak Garasi.id segera memproses dan memverifikasi persyaratan kamu dalam waktu 1x24 jam kerja (Senin - Jumat 08.00 - 17.00). Kalo sudah mendapat laporan terverifikasi dari Garasi.id, kamu bisa melakukan pembayaran ke Garasi.id.

Mobil Bekas Layaknya Mobil Baru? Begini Cara Mendapatkannya

Setelah melakukan pembayaran, layanan Inspeksi Mobil bisa langsung dilakukan oleh montir handal dari Nawilis, Automaster atau GBT Laras Imbang sesuai dengan kota kamu mendaftarkan layanan inspeksi mobil. Hasil dari inpeksi akan di kirimkan oleh Garasi.id kepada kamu melalui email dalam waktu 1x24jam.

Namun yang perlu Sahabat Garasi ketahui, layanan Inspeksi Mobil ini berlaku dari mobil tahun 2005 ke atas. Dengan 3 tipe mobil yang di golongkan menjadi

Standard Car:

Honda Jazz, Toyota Yaris, Avanza, Daihatsu Xenia dan sejenisnya

Premium Car:

Medium to Large Size Sedan dan SUV Honda Civic, Honda Accord, Honda CRV, Mazda CX-5, dan sejenisnya

Luxury Car:

Premium SUV to European and Japanese Luxury Car Alphard, BMW, Lexus, Range Rover, Mercedes benz, dan sejenisnya.

Foto:Garasi.id

Ditulis oleh GEDE RAMANANDA
Terakhir diupdate: 30 Sep 2019 | 09:51 WIB
BAGIKAN