Mobil Manual
Pelat Kopling Manual

Mobil Manual Sahabat Ganti Pelat Kopling? Siap-siap Rogoh Kocek Dalam

13 Sep 2018 | 12:00 WIB

Pemakaian kopling pada mobil dengan transmisi manual bisa bertahan hingga tahunan. Meski demikian, saat pelat kopling sudah aus atau tipis, hal itu mudah diketahui oleh pengemudi, karena terasa keras saat diinjak.

Diler Technical Support PT Toyota Astra Motor, Didi Ahadi mengatakan, jika pedal kopling sudah terasa susah diinjak maka jalan satu-satunya adalah mengganti pelat kopling. Pergantian dilakukan dengan cara membongkar rumah transmisi.

Mobil Manual Sahabat Ganti Pelat Kopling? Siap-siap Rogoh Kocek Dalam

"Biasanya kalau sudah aus, disarankan ganti satu set, mulai dari pelat kopling, cover-nya, release bearing, pilot bearing, dan komponen terkait," kata Didi yang dilansir dari laman VIVA, Rabu (12/9).

Terpisah, pemilik bengkel mobil Fendryss Motor, Rusdi Sopandi mengatakan, waktu yang dibutuhkan untuk menservis komponen tersebut cukup lama.

"Ganti satu set biasanya. Untuk waktu, antara 3-5 jam pengerjaan, tergantung jenis mobil dan ketersediaan komponennya juga," tutur Rusdi.

Baca Juga : Kenali Tanda 'Minta Jajan' Kopling Baru Buat Mobil Manual Sahabat

Soal biaya, kata Rusdi, pemilik harus siap merogoh kocek dalam. Sebab, ongkos pengerjaannya saja bisa mencapai ratusan ribu rupiah.

"Biaya untuk Avanza misalnya, Rp1,3  juta, sedangkan Kijang Innova Rp1,4 juta. Itu baru harga komponen saja ya. Untuk jasa, biasanya saya pasang tarif mulai Rp300 ribu," kata dia.

Foto : Garasi.id

Ditulis oleh ANJAR
Terakhir diupdate: 07 Mei 2020 | 14:42 WIB
Bagikan

Kata Kunci Pencarian

mobilbarubekasjualbelitransmisimatikmanualahlitipsperawatangarasiidotomotifpelatkoplingkocekuang